15 Virus Komputer Paling Berbahaya Untuk Keselamatan PC Kamu

Posted on 488 views

Virus komputer paling berbahaya – Virus komputer merupakan salah satu ancaman bagi kesehatan sebuah laptop atau pc, pasalnya virus komputer ini sama seperti penyakit yang berada pada tubuh manusia. Bukan hanya mengancam kesehatan dari laptop atau pc akan tetapi virus komputer juga bisa menyebabkan data data rahasia di sadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

virus komputer paling berbahaya
virus komputer paling berbahaya

Pasalnya virus komputer yang berbahaya ini memang sengaja diciptakan oleh manusia melalui program program tertentu, mungkin bahasa gaulnya virus war, jadi ada beberapa kelompok yang senang menyerang kelompok lain dengan mengirimkan virus dan juga melakukan pertahanan dengan virus komputer yang diciptakan.

15 Virus Komputer Paling Berbahaya

Ada yang mengatakan bahwa virus komputer terdahulu itu lebih berbahaya dari virus komputer yang sekarang, pasalnya virus komputer terdahulu menyerang server jaringan inti. Malah kebanyakan virus sekarang itu hanya menyerang laptop atau pc secara personal. Jadi inilah yang membedakan antara virus komputer dulu dan sekarang.

1. Virus Komputer Bernama Morris Worm

virus komputer morris worm
virus komputer morris worm

Morris Worm merupakan virus yang menginfeksi perangkat komputer lebih dari 6.000 unit didaerah Amerika Serikat, Morris melakukan penyerangan dan melumpuhkan sumber daya jaringan disana serta mengakibatkan kerusakan sistem dan kerugian hingga puluhan juta dollar amerika.

2. Virus Komputer Inisial S (Stuxtnet)

Stuxtnet membuat sejarah kelam pada tahun 2010 silam dimana sebuah sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) diserang oleh virus berbahaya yang bernama Stuxtnet. Virus ini menyebabkan kerusakan mesin dibeberapa fasilitas.

Stuxtnet ini baru diketahui pada tahun 2010 namun sebagian orang berpendapat bahwa virus komputer ini telah menyerang dan menginfeksi sejak tahun 2009 di Iran. Keganasan dari virus ini menyebabkan gangguan jaringan internet diseluruh dunia.

3. Jerusalem Virus Friday 13th

Jerusalem merupakan jenis virus komputer yang terdeteksi pertama kali pada tahun 1987 dimana pada waktu itu virus ini menyerang MS-DOS dan menginfeksi file run yang sedang berjalan. Akibat dari penyerangan ini semua file program yang terdapat pada hard drive terhapus.

Virus ini memiliki julukan Virus Friday 13th karena virus ini menginfeksi hard drive dan menghapus file didalamnya pada hari jumat tanggal 13.

4. Melissa Virus Jenis Email

virus komputer melissa
virus komputer melissa

Melissa adalah jenis virus komputer berbahaya yang dikirimkan melalui sebuah email kepada seluruh pengguna email yang ada di dunia. Virus ini berkembang dan menyebar didaerah file word dan excel, pasalnya Melissa telah menginfeksi sekitar 20% komputer diseluruh dunia.

Dan salah satu ciri khas virus Melissa ini adalah dapat menyebarkan email bervirus secara otomatis kepada seluruh pengguna email dan menyebabkan overload server internet.

5. Virus Komputer Negeri China The Code Red

virus komputer code red
virus komputer code red

Virus komputer paling berbahaya pernah diciptakan oleh negeri tirai bambu, Code Red diketahui sejak tahun 15 juli 2001 silam karena berhasil menyerang Microsoft IIS Web Server. Code Red merusak halaman sebuah web lalu meninggalkan teks yang memberitahu dari mana mereka berasal “Hacked by Chinese!”.

Virus ini telah menyebabkan kerugian mencapai USD 2 Milyar yang menginfeksi hampir seluruh komputer di dunia, karena hal inilah akhirnya pemerintah dan para lembaga melakukan back-up data untuk sementara waktu. Bahkan hebatnya lagi Code Red merusak sebuah halaman web dan tidak meninggalkan jejak apapun.

6. Extreme Virus MyDoom

MyDoom adalah sebuah virus yang paling kejam pada tahun 2004 silam, dengan menginfeksi lebih dari satu juta komputer, virus MyDoom tersebar melalui email dengan sebuah pesan yang menarik atau memantul ketika para pengguna membuka email tersebut.

Virus ini mencuri alamat email dan secara otomatis akan memforward email tersebut kepada pengguna email lainnya. Pengguna email yang terkena juga akan memforward email secara otomatis ke pengguna email lain. Dengan alur seperti inilah virus ini berhasil menyebar makin luas dan menginfeksi perangkat komputer.

7. SQL Slammer

SQL Slammer berkembang pada sebuah perangkat komputer dan menyebabkan penolakan layanan di beberapa hosting internet. Karena hal tersebut menyebabkan beberapa trafik internet menurun secara drastis, SQL Slammer mulai menyebar 25 januari 2013 dan bisa berkembang dengan cepat hanya dalam waktu 10 menit.

Salah satu korban dari virus SQL Slammer adalah sebuah Bank of America ATM, virus ganas ini biasanya menyerang Microsoft SQL Server.

8. Virus Komputer Love Letter Surat Cinta ?

Memang namanya sangat menarik yaitu Love Letter yang berarti surat cinta, namun pasalnya Love Letter bukanlah sebuah surat cinta melainkan sebuah virus ganas yang menyebar pada tahun 2000. Virus ganas ini menyebar melalui sebuah email yang bertuliskan subjek “I Love You” dan diikuti dengan isi teks dan lampiran.

Apabila korban membuka isi lampiran tersebut maka secara otomatis menyebarkan email dan mengirimkan ke alamat email lainnya. Virus Love Letter ini juga menghapus file yang berekstensi .jpg dan .jpeg.

9. Poison Ivy The Remote Virus

Virus ini memiliki ciri khas yaitu korban yang terkena virus ini maka komputer atau laptop yang dia miliki akan bisa digerakkan oleh orang lain, lebih mirip sebuah remote yang bisa mengontrol sebuah benda dari jarak jauh. Poison Ivy adalah remote akses trojan yang mengendalikan komputer yang terinfeksi.

Para korban yang terkena virus ini menyebabkan para hacker bisa mengontrol, memanipulasi konten dan file, bahkan bisa mengakses webcame dan speaker untuk merekam aktivitas si korban.

10. Agent.btz Virus

Agent.btz melakukan penyebaran virus melalui thumb drive, kemudian akan menginstal sebuah malware dan mencuri beberpa data penting. Virus ini juga dikenal karena menyerang Microsoft Windows, dari penyerangan tersebut Agent.btz menyebabkan kerugian besar pada pemiliki komputer, karena data yang penting akan hilang seketika virus ini menyerang.

11. Virus Chernobyl (CIH) 1998

Virus Chernobyl atau CIH dikenal juga dengan sebutan Win9x, pertama kali virus ini ditemukan pada juni 1998 di taiwan. Virus ini menyerang dengan cara mengutak atik BIOS perangkat komputer sehingga korban yang terkena tidak dapat melakukan booting.

12. Blackshades Virus

Blackshades merupakan virus komputer yang memungkinkan para korban terkena kendali jarak jauh untuk dapat mengakses komputer para korban. Saat komputer terkena virus ini, maka informasi data pribadi akan dapat dicuri, serta virus komputer ini bisa mengakses webcam sebuah komputer untuk mengetahui aktivitas korban.

13. Conficker Configurations Attack Virus

Pada oktober 2008 lalu, Conficker muncul pertama kali menyerang OS Microsoft Windows, virus ini melakukan penyebaran sangat cepat hingga menginfeksi 2,5 juta komputer pada 15 januari 2009 dan mencapai 9 juta pada 16 januari 2009.

Conficker lebih banyak menyerang sebuah perangkat Windows XP dan tujuan dibuatnya virus ini untuk mengacaukan keamanan dan configuration setting.

14. Nimda Virus Komputer Ganas

Pada pertengahan september 2001 lalu, muncul sebuah virus bernama Nimda yang menyebar melalui internet, mulai dari web, email, file sharing. Dengan memanfaatkan celah keamanan pada server dari Web Microsoft IIS (Internet Information Service), virus ini bisa melumpuhkan ribuan perangkat komputer diseluruh dunia.

15. The Brutal Ransomware

virus komputer ransomware
virus komputer ransomware

Ransomware siapa yang tidak kenal dengan virus yang sempat viral sekitar tahun 2014-2015 hingga sekarang virus Ransomware juga masih tersedia secara rahasia. Virus ini menyerang dan mengunci semua file yang tersedia dikomputer korban, untuk dapat membuka file tersebut sikorban harus mengirim duit atau transfer ke rekening paypal yang sudah diberikan.

Cara mengatasi virus ini bisa melakukan instal ulang komputer akan tetapi semua data akan hilang jika dilakukan, virus ini juga bisa dihapus dengan mengirimkan uang ke nomor rekening pelaku dan virus akan dilepas oleh pelaku tersebut.


Itulah beberapa virus komputer paling berbahaya, virus virus komputer ini bisa menyerang siapapun jadi Kamu perlu juga waspada jika membuka situs atau lampiran yang misterius.

Rate/Vote ?
[Total: 1 Average: 5]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *