Tutorial Cara Membeli Token Listrik di Bukalapak (Untuk Pemula)

Tutorial Cara Membeli Token Listrik di Bukalapak (Untuk Pemula)

Posted on 163 views


Listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Dengan listrik, malam hari menjadi terang, gamer bisa bersenang-senang, ponsel bisa dicas, minuman bisa didinginkan di kulkas, dan sebagainya. Listrik memungkinkan anda menikmati semua hal tersebut. Tapi ada kalanya listrik justru menimbulkan masalah seperti yang pernah dialami oleh artis Nikita Mirzani.

Nikita Mirzani menggunakan listrik pascabayar dan rutin membayar antara 4 – 5 juta setiap bulan. Sampai suatu hari mendadak tagihan listriknya naik berkali-kali lipat menjadi 26 juta rupiah. Kasus tagihan listrik seperti yang dialami Nikita Mirzani tersebut sudah sering terjadi pada banyak orang. Anda tak perlu heran karena memang itulah kekurangan dari menggunakan listrik pascabayar. Keuntungannya, pelanggan bisa membayar tagihan listrik belakangan. Tapi karena banyaknya kasus tagihan listrik yang tiba-tiba membengkak, sebaiknya anda berpikir ulang sebelum memilih listrik pascabayar.

Untuk mengatasi masalah tagihan tersebut, listrik prabayar hadir sebagai solusi sejak tahun 2012. PLN menyebut layanan listrik prabayar sebagai listrik pintar. Kata kuncinya adalah “prabayar” yang menunjukkan bahwa anda harus melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk menggunakan listrik. Caranya yaitu dengan membeli token listrik.

Cara Membeli Token Listrik di Bukalapak

Konsep token listrik sama seperti isi ulang pulsa pada HP. Meteran listrik dapat diumpakan seperti sebuah HP, sedangkan token listrik diumpamakan seperti pulsa HP. Tanpa pulsa atau token listrik tersebut, listrik tidak akan bisa menyala.

Token listrik dapat dibeli di berbagai tempat, misalnya ATM bank dan minimarket. Pembelian juga dapat dilakukan melalui beberapa aplikasi Android dan sejumlah situs belanja online. Untuk kali ini, kami akan memberikan panduan mengenai cara membeli token listrik di Bukalapak, sebuah situs belanja online terkemuka di Indonesia.

1. Buka aplikasi Bukalapak kemudian ketikkan token pada kolom pencarian. Pilih Listrik Prabayar.

cara membeli token listrik di bukalapak 1

2. Masukkan nomor pelanggan / meteran listrik anda setelah itu pilih nominal token listrik yang diinginkan.

cara membeli token listrik di bukalapak 2

3. Cek dulu apakah nomor pelanggan / meteran sesuai dengan nama lengkap pemilik rumah, jika sudah oke silakan pilih Bayar.

cara membeli token listrik di bukalapak 3

4. Pilih Metode Pembayaran yang anda inginkan. Saya biasanya kalau belanja online sering pakai Virtual Account BNI (bisa jadi berbeda dengan anda ya).

cara membeli token listrik di bukalapak 4

5. Akan muncul jumlah tagihan yang harus anda bayarkan ke nomor rekening virtual (virtual account). Silakan lakukan transfer sesuai jumlah tagihan, verifikasi pembayaran akan dilakukan secara otomatis.

cara membeli token listrik di bukalapak 5

6. Jika sudah melakukan transfer, pilih Lihat Tagihan Pembayaran.

cara membeli token listrik di bukalapak 6

7. Jika status tagihan berubah menjadi Dibayar, itu berarti pembayaran sudah selesai dilakukan. Beberapa detik kemudian akan muncul popup yang berisi nomor digit token listrik yang harus anda masukkan ke meteran listrik.

cara membeli token listrik di bukalapak 7

Sekian tutorial cara membeli token listrik di Bukalapak. Penggunaan token listrik sekarang ini sudah menjamur di masyarakat karena dianggap lebih nyaman daripada listrik pascabayar. Dengan token listrik yang dibeli dari Bukalapak, pelanggan bisa lebih mengontrol pemakaian listrik untuk menghemat biaya. Keuntungan lainnya, pelanggan tidak akan pernah terkena denda karena tidak ada yang namanya tagihan dalam sistem prabayar.

Keuntungan dari menggunakan token listrik yang mungkin paling diminati oleh pelanggan adalah tidak adanya kasus tagihan listrik yang tiba-tiba mengalami kenaikan yang kadang tidak masuk akal, seperti Nikita Mirzani yang tagihan listriknya dari 4 jutaan mendadak naik sebesar 26 juta.

Sistem prabayar dengan token listrik memang serba menguntungkan, tapi bukan berarti sistem tersebut tidak ada kekurangannya. Ketika kuota atau pulsa listrik tinggal sedikit, meteran listrik akan berbunyi cukup nyaring sehingga agak mengganggu. Pengisian ulang token listrik juga bisa berisiko gagal seperti halnya mengisi ulang pulsa di HP yang kadang-kadang gagal. Akan tetapi, kebanyakan orang sepertinya lebih memilih gagal isi token listrik beberapa kali daripada mendadak mendapat tagihan listrik yang jumlahnya tidak wajar.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *