Tujuan Blog, Fungsi Blog Dan Jenis Blog Dalam Dunia Blogger

Posted on 56 views

Tujuan blog – Ketika berbicara tentang blog, maka hal yang pertama harus Kita ketahui adalah tujuan blog tersebut. Apa tujuan Kita membuat sebuah blog, apa ingin mencari pundi pundi kekayaan dari membuat sebuah blog, atau malah tujuan blog itu hanya karena Kita tipe orang yang senang berbagi.

Tujuan Blog, Fungsi Blog, Jenis Blog
Tujuan Blog, Fungsi Blog, Jenis Blog

Maka disini akan Aku jelaskan beberapa dari tujuan blog serta fungsi blog dan jenis jenis blog yang harus Kamu ketahui, sangat tidak heran rasanya saat ini Kita telah hidup diperadaban digital yang hampir semua kegiatan bisa dilakukan melalui internet dan peralatan elektronik.

Tujuan Blog, Fungsi dan Jenis Blog

Ada beberapa tujuan yang membuat seseorang ingin memiliki sebuah blog, jika Kamu memiliki tujuan untuk mencari pundi pundi uang maka itu bukanlah sebuah kesalahan, dan jika Kamu juga membuat sebuah blog hanya untuk berbagi itu juga bukan kesalahan. Semua niatnya sama, yang penting Kamu melakukannya dengan baik dan benar.

Tujuan Blog Dari Segi Pandangan Seorang Blogger

Jujur saja Aku membuat blog ini memiliki tujuan tertentu, Aku ingin berbagi sedikit ilmu yang Aku punya dengan melalui tulisan dan tutorial yang Aku rangkum didalam sebuah artikel. Tidak melepas kemungkinan tujuan blog Aku juga menghasilkan uang dari tulisan yang Aku buat.

Jadi tujuan aku membuat blog ada 2, yang pertama adalah berbagi ilmu seputar teknologi dan informasi yang Aku ketahui dan yang terakhir adalah menghasilkan uang dengan membuat sebuah blog. Mengapa harus menghasilkan uang ? Karena ketika Aku menulis di blog, maka Aku menghabiskan beberapa paket internet, duit untuk biaya hosting dan domain.

Itulah mengapa rasanya jika Aku membuat sebuah blog namun tidak menghasilkan maka akan terasa seperti  membuang waktu dan tenaga saja.

Jika Kamu memiliki tujuan blog hanya sekedar berbagi, Kamu tidak boleh menyalahkan tujuan orang lain yang membuat blog untuk menghasilkan uang. Mengapa ? Mungkin Kamu berpikir “alah untuk apa blog menghasilkan duit, kan kalau duit bisa didapat dengan kerja”. Jika Kamu berpikir demikian maka itulah letak kesalahan yang Kamu buat.

Tidak semua orang didunia ini memiliki rezeki yang berasal dari sebuah pekerjaan, bisa jadi orang yang membuat blog itu adalah salah satu korban dunia dimana Dia tidak memiliki sebuah pekerjaan tetap, sehingga Dia memilih untuk menghasilkan uang secara online.

Dengan demikian walaupun tujuan blog Kamu adalah hanya sekedar berbagi informasi, atau bahkan menghasilkan uang. Itu adalah hal yang sama, tidak ada perbedaan diantaranya karena Kamu tidak bisa mengerti kondisi masing masing orang lain.

Beberapa Fungsi Blog Wajib Kamu Ketahui

Selain sebagai media berbagi, blog juga memiliki fungsi lain, seperti sebagai alat kampanye, atau alat promosi, dan alat berjualan. Jika Kamu membangun sebuah personal blog, Kamu bisa membuat sebuah blog sesuai dengan selera yang Kamu inginkan.

Misalnya, Kamu membuat blog untuk meningkatkan penjualan secara online, melalui blog Kamu bisa mengarahkan para pembeli produk untuk melakukan transaksi melalui personal blog Kamu yang sudah disetting khusus untuk berjualan produk.

Kamu juga bisa membuat fungsi blog sebagai alat kampanye, ada banyak blog blog yang dijadikan sebagai alat kampanye, apa lagi di musim kampanye, akan muncul banyak blog blog yang jelas dan tidak jelas asal usulnya. Jika Kamu membuat sebuah blog untuk kampanye, maka kemungkinan Kamu bisa menghasilkan uang jika salah satu calon ingin beriklan di blog milik Kamu.

Ada 1 hal lagi fungsi blog, yaitu digunakan sebagai alat curhat, seperti sebuah blog yang berasal dari gitasavitri, dimana Dia menulis blog bukan untuk menghasilkan uang, atau berbagi ilmu yang Dia miliki. Tapi lebih gimana kondisi perasaan saat itu sehingga Dia mencurahkannya melalui tulisan sebuah blog.

Jenis Jenis Blog Dalam Dunia Blogger

Blog hanya memiliki 2 jenis saja, pertama adalah personal blog dan kedua adalah company blog. Apa perbedaan diantara keduanya ? Personal blog adalah blog yang dimiliki atau dikelolah oleh seorang atau perorangan. Seperti magenet.info merupakan personal blog yang dikelolah oleh Aku sendiri.

Sedangkan company blog adalah sebuah blog yang dikelolah oleh beberapa orang, dan biasanya di dalam company blog tersebut memiliki sebuah Vice President dimana Dia memiliki atau memegang semua kekuasaan di blog tersebut. Contoh company blog adalah jalantikus, hipwee dan lainnya.

Dalam company blog, masing masing orang memiliki bagiannya sendiri, ada yang khusus memperbaiki server jika rusak, ada yang khusus membalas sebuah chat, dan beberapa hal lainnya. Agar blog tersebut bisa berjalan dengan baik maka diperlukan beberapa orang untuk mengelolahnya.


Demikian sedikit pemikiran Aku tentang tujuan blog, fungsi blog dan jenis blog, semoga tulisan ini dapat menjadi rujukan Kamu dalam berpikir tentang sebuah blog dan dapat memanfaatkan blog dengan baik dan benar.

Jangan lupa untuk berkomentar tentang tulisan ini, karena komentar Kamu sangat dibutuhkan sebagai pondasi dari situs Kami ini. Mohon untuk berkomentar, karena komentar itu gratis tidak perlu bayar, sehingga situs ini akan terus update artikel yang bermanfaat.

Vote Artikel, Apakah Bermanfaat ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *