7 Rahasia Tips Menggunakan Command Prompt di Windows 10

Posted on 121 views

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa Kamu lakukan dengan menggunakan Command Prompt di Windows 10. Namun tidak sedikit pula orang yang belum mengetahui tips cara menggunakan Command Prompt di Windows 10. Jika Kamu adalah salah satu orang yang belum mengetahuinya, artikel ini mungkin akan membantu Kamu dengan memberikan informasi lengkap seperti berikut.

cara menggunakan command prompt windows
cara menggunakan command prompt windows

Tips Cara Menggunakan Command Prompt di Windows 10 untuk permudah eksekusi perintah.

Eksekusi Perintah Apapun Dengan Administrasi Level

Salah satu tips cara menggunakan Command Prompt di Windows 10 yang bisa Kamu lakukan adalah dengan menggunakan mode standar dan mode Administrator. Kalau Kamu memakai mode standard dalam menjalankan Command Prompt, resikonya adalah tidak semua perintah dapat Kamu eksekusi. Namun, jika Kamu menggunakan mode Administrator, Kamu dapat mengeksekusi perintah apapun. Secara sistem bawaan, saat Kamu membuka Command Prompt, Kamu akan dengan sendirinya menggunakan mode standard.

Tapi jika Kamu ingin membuka Command Prompt dengan mode Administrator, Kamu harus terlebih dahulu membuat shortcut khusus yang diletakan pada desktop Kamu. Tutorialnya adalah buka start, dan ketik “cmd”, setelah itu klik kanan pada hasil pencarian dan klik open file location.

Selanjutnya, klik kanan pada Command Prompt dilanjutkan send to, lalu klik desktop (creat shortcut). Klik kanan pada shortcut yang tadi Kamu buat dan klik properties. Maka nanti akan muncul jendela properties dengan banyak opsi. Setelah itu, klik shortcut dan klik advance. Jangan lupa beri tanda centang pada Run as administrator. Nanti, setiap kali Kamu double klik shortcut yang Kamu buat tersebut, maka Command Prompt akan terbuka dengan mode Administrator.

Melakukan Copy & Paste

paste teks command prompt
paste teks command prompt

Pada update terbaru Windows 10, Kamu dapat melakukan copy & paste teks dengan mudah saat menggunakan Command Prompt. Secara, sebelum di update, Kamu tidak bisa melakukan hal itu. Buktikan sendiri cara ini dengan menekan tombol CTRL+C di keyboard Kamu apapun teksnya dan paste dengan melakukan klik kanan pada Command Prompt.

mengakses properties jendela command prompt
mengakses properties jendela command prompt

Jika tidak bisa, Kamu dapat melakukan opsi lain yaitu dengan mengklik kanan pada title bar dan klik properties. Lalu, beri tanda centang pada “enable Ctrl key shortcut” dan klik OK. Jika sudah, maka Kamu dapat melakukan copy & paste seperti saat Kamu melakukannya pada Microsoft Word.

menghidupkan perintah tombol ctrl command prompt
menghidupkan perintah tombol ctrl command prompt

Tombol Tab Untuk Membantu Eksekusi Perintah

Jika Kamu baru belajar menggunakan Command Prompt, tentunya tidak mungkin Kamu bisa langsung dengan mudah mengingat seluruh perintah yang Kamu eksekusi. Tapi untungnya, Kamu bisa menekan tombol Tab pada keyboard supaya Command Prompt dapat memprediksi perintah apa yang sebenarnya ingin Kamu eksekusi.

Misalnya Kamu mengetik “ip” kemudian Kamu tekan tombol Tab untuk mengakses daftar perintah yang ada setelah “ip”. Dan untungnya lagi, Kamu bisa memanfaatkan tombol Tab untuk mengakses perintah selanjutnya. Tapi jangan selalu memanfaatkan tombol Tab ya. Kamu tentu perlu menghafal perintah yang dieksekusi untuk menambah wawasan Kamu.

Tombol Panah Untuk Membantu Eksekusi Perintah

Kalau Kamu sudah melakukan atau mengeksekusi perintah berulang kali saat menggunakan Command Prompt, Kamu bisa mengakses lagi perintah sebelumnya dengan menekan tombol panah pada keyboard. Tombol panah atas pada keyboard berfungsi untuk mengakses perintah sebelumnya.

mengakses perintah sebelumnya command prompt per perintah
mengakses perintah sebelumnya command prompt per perintah

Sedangkan, tombol panah bawah berfungsi untuk mengakses perintah yang lebih baru. Lalu, jika Kamu menekan tombol panah kanan, maka itu sama halnya dengan Kamu mengakses perintah terakhir.

Opsi lainnya, Kamu bisa menggunakan tombol f7 untuk menampilkan seluruh perintah yang pernah Kamu eksekusi pada saat menggunakan Command Prompt.

Tombol Enter Untuk Mengeksekusi Beberapa Perintah Sekaligus

command prompt auto complete
command prompt auto complete

Tips Cara Menggunakan Command Prompt di Windows 10 yang paling memudahkan adalah cara ini. Jika Kamu lelah karena mengetik perintah yang Kamu ingin eksekusi, sebenarnya ada cara pintas untuk mempercepat pengetikan perintah seperti menuliskan beberapa perintah sekaligus dan Kamu hanya perlu menekan tombol enter satu kali.

Gunakan pemisah “&&” di antara perintah untuk melakukannya. Misalnya Kamu ingin mengeksekusi perintah iponfig dan dir, maka cukup Kamu ketik “iponfig && dir” dan tekan enter.

Dan bagusnya, cara ini tidak hanya terbatas untuk dua perintah saja, karena Kamu bisa menggunakan 3 perintah sekaligus, bahkan lebih. Sangat membantu sekali bukan?

Ini ada sedikit rahasia, yaitu bagaimana sih cara membuka situs dewasa lewat android. Mungkin yang belum tahu caranya bisa klik link tersebut dan akan mengarahkan Kamu bagaimana cara membuka situs dewasa.

Tombol Ctrl+C Untuk Menghentikan Perintah

menghentikan proses eksekusi perintah command prompt
menghentikan proses eksekusi perintah command prompt

Pastinya tidaklah semua perintah yang Kamu ingin eksekusi akan cepat selesai dengan cepat. Kamu perlu menunggu beberapa saat bahkan bisa jadi cukup lama. Dan selama itu, Kamu tidak bisa melakukan apa-apa dengan Command Prompt kecuali menghentikannya.

Jika Kamu belum tahu caranya, tekanlah tombol Ctrl+C, maka perintah apapun yang Kamu eksekusi akan berhenti seketika. Jadi ketika layar jendela Command Prompt yang Kamu pakai bleng atau stuck ketika Kamu mengeksekusi perintah, tidak perlu bingung dan panik lagi ya. Cukup tekan Ctrl+C saja.

Masukan Alamat Tujuan Eksekusi Perintah dengan Drag & Drop

Jika Kamu menjalankan perintah untuk memasukan alamat tujuan eksekusinya dengan cepat dan tanpa repot, Kamu bisa melakukan drag & drop dari file eksplorer ke jendela Command Prompt. Mudah sekali bukan?

Nah seperti itulah Tips Cara Menggunakan Command Prompt di Windows 10 yang bisa Kamu manfaatkan ketika mengoperasikan Command Prompt. Alangkah baiknya jika Kamu share informasi ini kepada teman-teman Kamu yang lain, karena siapa tau mereka juga butuh informasi ini untuk mempermudah pengoperasian Command Prompt. Oke, semoga informasi ini bermanfaat.

Rate/Vote ?
[Total: 1 Average: 5]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *