10 Tips Memilih Jurusan Kuliah Untuk Masa Depan

Posted on 83 views

Tips memilih jurusan kuliah – Kebanyakan siswa SMA memiliki pemikiran ingin segera kuliah agar mendapat gelar mahasiswa. Namun di akhir masa SMA mereka pasti mengalami kesulitan dalam memilih jurusan disebabkan banyaknya jurusan di perkuliahan. Apabila salah menentukan jurusan, biasanya di perjalanan mereka akan mengalami kesulitan dan merasa bahwa jurusan yang diambil salah. Lalu, bagaimana solusi yang paling tepat untuk memilih jurusan kuliah?

tips memilih jurusan kuliah yang tepat
tips memilih jurusan kuliah yang tepat

Apa Yang Harus Di Perhatikan Dalam Memilih Jurusan Kuliah

1. Menyesuaikan dengan keinginan

Dalam memilih jurusan kuliah yang perlu kamu perhatikan adalah keinginan. Kamu harus memiliki minat dan keinginan untuk masuk ke jurusan tersebut agar tidak menyesalinya. Misalnya kamu tertarik dengan cabang ilmu sains atau IPA, maka kamu bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan ilmu sains.

2. Motivasi diri

Motivasi diri sangat diperlukan dalam dunia perkuliahan, karena beratnya pendidikan yang akan kamu emban. Akan ada masa dimana kamu merasa rendah diri dan tidak akan mampu menyelesaikan perkuliahan. Pada saat itu yang paling kamu butuhkan adalah motivasi diri, bahwa kamu bisa masuk ke jurusan tersebut karena kamu mampu. Bila kamu berhasil memotivasi diri, pasti kamu akan berhasil menyelesaikan kuliah.

3. Melihat potensi

Jangan terpaku pada hal yang tidak mampu kamu gapai. Setiap orang pasti memiliki potensi diri, namun tidak semua melihat hal tersebut. Cobalah untuk memahami diri sendiri agar tidak memilih jurusan yang salah. Contohnya saja kamu ingin menjadi dokter tapi kamu tidak baik dalam pelajaran biologi, namun baik dalam matematika. Maka lihatlah potensi diri dan pilih jurusan yang berhubungan dengan matematika.

4. Menyesuaikan kepribadian

Kepribadianmu dapat menentukan masa depan karir yang kamu ambil. Misalnya kamu ingin menjadi jurnalis, maka kamu harus mampu mencari informasi dan pintar berkomunikasi. Orang yang pendiam dan pemalu tidak akan cocok dengan karir tersebut. Oleh karena itu, memilih jurusan juga perlu menyesuaikan dengan kepribadianmu.

5. Jangan mengikuti orang lain

Biasanya siswa SMA yang belum bisa menentukan jurusan, memilih mengikuti teman karena merasa bingung. Namun, hal ini sangat tidak disarankan karena selamanya kamu hanya akan mengikuti saja dan tidak ada niat untuk kuliah. Meskipun membingungkan, cobalah untuk berkonsultasi dengan orang dewasa atau lihatlah hobi dan nilai akademikmu.

6. Menggali informasi lebih detail

Bila kamu sudah memilih universitas yang diingkan, lebih baik mencari informasi jurusan kuliah di tempat tersebut. Pastikan jurusan yang kamu inginkan ada di universitas tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa nilai akademik dan kegiatan non-akademikmu memenuhi kriteria universitas tersebut. Jika ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan, maka kamu bisa mencari universitas lain yang lebih baik.

7. Prospek karir

Lihatlah prospek karir jurusan tersebut kedepannya, buatlah perkiraan bahwa jurusan tersebut tetap dibutuhkan setelah kamu lulus dari perkuliahan. Misalnya kamu memilih jurusan akuntansi, maka dapat dipastikan bahwa karir tersebut akan tetap dibutuhkan di perkantoran atau bank. Sehingga setelah lulus kuliah kamu tidak perlu khawatir, karena banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkanmu.

8. Latar belakang lulusan

Untuk memastikan bahwa jurusan yang kamu pilih tidak salah, maka tak ada salahnya mencari tahu latar belakang lulusan jurusan itu. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu dapat melihat pengaruh lulusan dengan karir yang mereka ambil.

9. Akreditasi

Lihatlah akreditasi perguruan tinggi yang sudah kamu pilih, terutama pada perguruan tinggi swasta. Akreditasi dapat memperkuat bahwa jurusan yang kamu pilih mempunyai kredibilitas yang terpercaya. Biasanya akreditasi dapat mempengaruhi lamaran kerja atau pendidikan lanjutan.

10. Biaya kuliah

Untuk mengambil jurusan, kamu juga harus melihat kemampuan orangtua secara finansial untuk mendukungan perkuliahanmu. Biaya kuliah sampai kamu selesai tidaklah sedikit, maka dari itu coba pertimbangkan jurusan yang kamu pilih atau crilah beasiswa.

Itulah beberapa tips memilih jurusan kuliah, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Cobalah terapkan semua tips di atas agar kamu tidak pernah merasa bahwa jurusan yang kamu pilih salah.

 

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *