Tambah Penghasilan Anda dengan Memulai Usaha Kecil-kecilan

Tambah Penghasilan Anda dengan Memulai Usaha Kecil-kecilan

Posted on 76 views


Seseorang sedang berdagang
Foto oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels

Jiwa entrepreneur atau jiwa pengusaha sangat perlu ditumbuhkan dalam diri anak muda. Karena anak mudalah yang akan menjadi ujung tombak dalam memakmurkan negara. 

Semakin banyak pemuda Indonesia yang memiliki jiwa pengusaha, maka akan semakin banyak pula lapangan kerja yang tersedia. Tentu saja hal itu beriringan dengan semakin banyak pula harapan kesejahteraan penduduk Indonesia.

Ketika ingin mencoba untuk belajar berwirausaha ada baiknya dimulai dari usaha yang bermodal kecil. Dengan memulai usaha kecil-kecilan, maka kemungkinan risiko yang ditanggung menjadi semakin kecil.

Menjalankan usaha kecil-kecilan yang menjanjikan dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan atau mungkin sebagai rencana keuangan jangka panjang.

Tips Memulai Usaha Kecil-kecilan

Banyak pengusaha besar yang memulai usahanya dari hal-hal kecil. Namun, untuk membuka sebuah usaha tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan. 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan persiapkan sebelum memulai usaha agar usaha berjalan lancar dan bisa menjadi lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Seorang pedagang sedang melihat pelanggan
Foto oleh Clem Onojeghuo dari Pexels

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai usaha kecil-kecilan.

1. Minat dan Niat

Pilihlah usaha yang Anda minati. Dengan menekuni sesuatu yang diminati, maka akan lebih berpengaruh dan Anda akan lebih menikmati usaha yang Anda jalani. 

Kemudian dibutuhkan juga niat yang bagus dalam memulai usaha. Jauhkan niat hanya ingin memiliki banyak keuntungan. Setiap menjalankan sebuah usaha sudah pasti akan ada masa pasang surutnya, seperti untung dan rugi.

Maka mulai usaha Anda dengan bersungguh-sungguh dan persiapan yang matang juga. Sehingga Anda tidak akan cepat putus asa ketika mengalami kerugian dan dapat mempertahankan usaha Anda dengan baik.

2. Tentukan Jenis Usaha

Menentukan jenis usaha apa yang akan Anda lakukan sangatlah penting. Anda dapat melakukan analisa dari minat dan ketertarikan Anda.

Pemilihan jenis usaha yang tepat dapat berpengaruh pada kelangsungan usaha Anda dalam jangka panjang. Lakukan strategi usaha yang unik, kreatif, sesuai anggaran, dan juga sesuai dengan minat serta kebutuhan masyarakat.

3. Pengelolaan Keuangan

Meskipun baru memulai usaha kecil-kecilan, namun melakukan pengelolaan keuangan yang baik sangatlah penting. 

Akan ada proses perputaran uang setiap harinya. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda bisa tahu berapa jumlah modal yang dikeluarkan setiap harinya, berapa produk yang terjual, hingga berapa keuntungan yang didapatkan.

4. Jangan Berhutang

Modal yang besar tidak dapat menjamin akan mendapat keuntungan yang besar juga, sehingga disarankan untuk tidak berhutang. Baiknya usaha kecil-kecilan yang baru dijalankan menggunakan modal sendiri.

Dalam memulai usaha kecil-kecilan haruslah sabar dalam menekuni usahanya agar modal dan keuntungan dapat dipelajari secara bertahap. Kalaupun ada kerugian, dapat ditangani sendiri tanpa harus berurusan dengan bank.

5. Rajin Melakukan Promosi

Promosi merupakan unsur terpenting dalam memulai usaha. Maka rajin-rajinlah melakukan promosi agar informasi mengenai usaha Anda dapat diketahui oleh masyarakat.

Banyak cara untuk melakukan promosi, salah satunya yang terbaik adalah dengan memanfaatkan media sosial. Melalui media sosial, Anda dapat mengenalkan usaha Anda tidak hanya pada orang-orang sekitar Anda, namun pada semua pengguna media sosial di penjuru dunia.

Baca juga: Jenis Media dan Teknik Promosi Paling Efektif

6. Jangan terburu-buru memiliki karyawan

Untuk usaha kecil-kecilan, akan membutuhkan banyak modal untuk mengembangkan usaha Anda. Maka disarankan untuk tidak merekrut karyawan terlebih dahulu, yang mana tentu membutuhkan biaya lagi untuk menggajinya. Anda dapat menjalaninya sendiri atau dapat Anda mengerjakannya bersama keluarga itu lebih baik.

7. Menjaga Kualitas

Kualitas mencakup banyak hal seperti kualitas harga, kualitas produk, hingga kualitas layanan. Meski baru memulai usaha kecil, kualitas dapat mempengaruhi banyak atau sedikitnya pelanggan yang akan menyukai usaha tersebut.

Semakin baik kualitas yang diberikan, maka akan membangun kepercayaan pelanggan untuk terus membeli atau menggunakan jasa usaha Anda.

8. Fokus

Sebaiknya Anda fokus pada satu usaha yang ditekuni terlebih dahulu. Jika kita berfokus pada satu hal dengan mencurahkan segala perhatian dan pikiran pada hal tersebut, maka hasil yang akan didapatkan lebih memuaskan.

9. Jujur

Sikap jujur yang dimiliki seorang pengusaha tentu akan membangun kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang dijalani. Menanamkan sikap jujur juga dapat memberikan pengaruh terhadap kelangsungan usaha. 

Usaha yang terdapat kecurangan di dalamnya demi mendapatkan keuntungan besar dapat dipastikan tidak akan bertahan lama.

Maka hindari berbohong pada pelanggan mengenai kualitas dan harga, karena akan berdampak tidak akan ada lagi pelanggan yang mau bertahan membeli atau menggunakan jasa usaha kita.

Alasan Anda Harus Segera Memulai Usaha Kecil-kecilan

Ayo mewujudkan mimpi
Foto oleh Bich Tran dari Pexels
  • Peluang pasar masih terbuka luas, semua bisa dijadikan bahan bisnis untuk usaha sampingan jika Anda orang yang kreatif. Pertimbangkan juga besar kompetisi yang akan dihadapi agar usaha sesuai dengan perencanaan. Anda juga bisa melakukan survei kecil-kecilan mengenai opini dari orang-orang terdekat terhadap ide usaha Anda.
  • Perlu uang tambahan, dengan memiliki usaha kecil-kecilan, dapat menambah penghasilan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup ketika gaji pas-pasan namun memiliki banyak waktu luang.
  • Persiapan pensiun, usaha kecil-kecilan dapat Anda jadikan penyambung hidup atau sekedar mengisi aktivitas masa tua. Dengan mempunyai usaha kecil-kecilan, dapat membantu Anda untuk memiliki rencana pensiun yang lebih mudah.
  • Aktualisasi diri, ketika merasakan adanya kebuntuan dalam menjalankan pekerjaan di kantor, atau pekerjaan kantor yang tidak sesuai dengan passion Anda, maka memiliki usaha kecil-kecilan bisa jadi mengajarkan Anda banyak hal. Terkadang pelajaran ini datang dari kegagalan, namun tidak perlu takut untuk gagal karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Contoh Usaha Kecil-kecilan

Terdapat berbagai macam usaha kecil-kecilan dengan keuntungan yang besar yang dapat Anda jadikan pilihan.

Foto dagangan di pasar
Foto oleh Muhammadtaha Ibrahim Ma’aji dari Pexels

Beberapa usaha bisa dijalankan sebagai usaha kecil-kecilan paruh waktu sehingga cocok bagi Anda yang berstatus mahasiswa, pegawai kantoran, hingga ibu rumah tangga. Berikut contoh-contohnya:

Usaha Es Buah

Membuka usaha es buah dapat dilakukan di rumah sehingga cocok untuk para ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha kecil-kecilan. Usaha ini tidak memerlukan keahlian khusus, yang penting dapat mengolah es buah yang enak dengan variasi buahnya dan susu atau topping lainnya.

Usaha Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia yang disukai semua kalangan. Usaha gorengan dapat menjadi usaha kecil-kecilan yang menguntungkan karena modal usaha yang relatif kecil. Anda dapat memulai usaha ini di rumah.

Usaha Katering Rumahan

Usaha satu ini juga cocok untuk para ibu rumah tangga, terlebih biasanya ibu rumah tangga sudah memiliki bakat memasaknya di dapur.

Usaha ini cukup menjanjikan karena banyak yang membutuhkan. Anda dapat memulai usaha ini dimulai dari tetangga atau kerabat Anda yang memiliki acara seperti arisan, khitanan, pernikahan dan lain-lain. 

Usaha katering juga dapat menjadi penyedia makanan untuk para pekerja instansi di desa, kantor, serta kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti rapat, training, gathering, dan lain-lain.

Kunci keberhasilan usaha ini adalah memberi nilai tambah dari menu yang disajikan. Sediakan menu katering yang tidak hanya makanan berat, sediakan juga makanan-makanan ringan seperti kue-kue basah.

Seorang sedang belanja
Foto oleh bruce mars dari Pexels

Usaha Jasa Titip Beli

Usaha ini dikenal juga dengan istilah personal shopper yang banyak dijumpai di media sosial karena usaha ini berbasis online. Sistem pemasarannya dilakukan di media sosial dengan cara mengunggah foto produk yang akan dipasarkan untuk menarik perhatian calon pembeli.

Dalam menjalankan usaha ini, Anda hanya perlu membelikan barang-barang yang dipesan oleh pelanggan, kemudian dikirimkan lagi ke pelanggan dengan tambahan ongkos kirim dan ongkos jasa.

Usaha ini cocok bagi Anda yang memang suka jalan-jalan ke mall, window shopping, dan berburu diskon. Modal yang dibutuhkan relatif kecil dengan omzet yang besar bahkan hingga jutaan rupiah. 

Usaha Jualan Pulsa

Usaha jualan pulsa dapat dijadikan pilihan untuk memulai usaha kecil-kecilan yang menguntungkan. Mengingat di era yang serba digital sekarang, hampir semua orang memiliki handphone untuk melakukan komunikasi.

Untuk memulai usaha ini Anda tidak memerlukan modal yang besar, dengan uang Rp250.000 Anda bisa melakukan deposit pulsa yang kemudian bisa Anda jual.

Namun, jualan pulsa sangat rentan bangkrut karena biasanya banyak yang bayarnya belakangan atau utang. Jadi, Anda harus pintar mengelola usaha ini dengan baik.

Seseorang sedang di depan laptop
Gambar: Pexels

Penulis Freelance

Usaha jasa ini sangat cocok untuk mahasiswa. Anda hanya membutuhkan laptop dan wifi serta ide untuk menulis. 

Sekarang banyak web maupun blog yang membutuhkan jasa seorang penulis untuk mengisi konten-kontennya. Anda juga bisa mengiklankan diri Anda sebagai penulis freelance di beberapa situs gratis pencari kerja.

Dropshipper

Usaha dropship dapat Anda lakukan tanpa modal. Persediaan barang hingga pengiriman barang semua akan dilakukan oleh reseller.

Yang diperlukan dalam menjalani usaha ini adalah ketekunan dalam promosi dan menentukan partner reseller yang jujur dan berkomitmen.

Penutup

Itulah informasi mengenai usaha kecil kecilan. Untung dan rugi sudah pasti akan ditemui dalam melakukan sebuah usaha. Kuncinya adalah rencanakan ide usaha Anda dengan baik dan lakukanlah pemasaran yang kreatif. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *