Seputar phpMyAdmin Vs MySQL Beserta Perbedaannya [LENGKAP]

Seputar phpMyAdmin Vs MySQL Beserta Perbedaannya [LENGKAP]

Posted on 62 views


Database merupakan salah satu sistem yang dibentuk untuk mengorganisasi, menarik dan menyimpan sebuah data yang lebih mudah. Dari beragam database yang ada hingga saat ini, yakni MySQL, Server SQL dan Oracle.

Tapi pada kesempatan kali ini, kami tidak akan membahas tentang hal-hal yang sudah disebut. Melainkan kami akan membahas mengenai phpMyAdmin Vs MySQL.

Dalam dunia IT mungkin sudah tidak asing lagi dengan kedua nama tersebut, yakni phpMyAdmin dan juga MySQL. Namun bagi anda yang belum mengetahui tentang phpMyAdmin dan MySQL, alangkah baiknya anda membaca ulasan yang ada dibawah ini.

Apa Itu phpMyAdmin?

Apa Itu phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah sebuah alat yang dapat menangani administrasi dari MySQL dengan melalui web. phpMyAdmin bisa dijuluki sebagai alat pembantu diberbagai operasi pada MySQL. phpMyAdmin mendukung MySQL dalam berbagai operasi, seperti mengolah basis data, indeks, user, permissions dan lain sebagainya. phpMyAdmin ini sangat mudah digunakan oleh banyak orang yang ada didunia, karena mereka telah menyediakan berbagai bahasa yang dapat digunakan oleh pengguna.

Pada umumnya phpMyAdmin merupakan sebuah software yang gratis dalam scripting pemrograman PHP dengan tujuan untuk memudahkan para pengguna pada saat mengolah database MySQL. Pada saat anda tidak menggunakan phpMyAdmin, maka anda harus memerlukan terminal untuk database anda. Namun ketika anda menggunakan phpMyAdmin, maka anda akan merasa lebih mudah untuk mengolah database MySQL. Ini dikarenakan pada phpMyAdmin terdapat user interface yang gratis.

Pada saat ini phpMyAdmin sudah menyediakan 72 bahasa untuk para pengguna. phpMyAdmin sudah memiliki pengalaman yang banyak dalam 15 tahun dan berbagai penghargaan yang didapatinya. phpMyAdmin mendapat dukungan dari setiap server di berbagai web. Selain itu anda juga dapat mengoperasikannya walaupun kondisi sedang offline. Dikarenakan anda akan menerima bantuan dari software simulasi seperti XAMPP serta menulisakn sebuah url, seperti localhost/phpMyAdmin. Dengan begitu anda akan mendapatkan pengolahan database pada saat menggunakan aplikasi web phpMyAdmin.

Apa Itu MySQL?

Apa Itu MySQL

MySQL atau SQL (Structured Query Language) adalah salah tools yang menyediakan bahasa khusus. Nah pada saat inilah orang-orang yang mengetahui dunia IT akan mengagumi suatu tools yang satu ini.

Pada umumnya istilah dari SQL bisa kita artikan sebagai salah satu bahasa yang bisa digunakan pada saat mengakses data didalam database. Jika kita melihat dari MySQL dimana ini menjadi sebuah software untuk mengolah SQL dengan menggunakan bahasa yang khusus. Pada umumnya database yang diolah dalam bentuk MySQL kelihatan tak jauh berbeda dengan Microsoft Acces atau sebuah tabel yang memiliki informasi tertentu.

MySQL termasuk salah satu software open source dengan lisensi GPL (General Public License). Dengan lisensi GPL ini akan ditujukan pada sebuah perangkat lunak yang tertentu dimana ini untuk kebutuhan dari proyek GNU. Ini merupakan salah satu hal dari mengapa banyak orang yang menggunakan MySQL.

Selain bisa digunakan dengan mudah, MySQLmampu mengolah sebuah data yang lebih efektif. Ini dikarenakan pada MySQL terdapat bahasa tertentu atau script yang secara otomatisnya akan menjadi sebuah perintah pada sistem. MySQL juga memberikan kemudahan dalam pemakaian bagi setiap penggunanya yang ingin mengolah data dengan informasi secara text based (String) dan bisa terakses dengan cara pribadi ataupun umum di suatu web.

Hampir semua server web mengagumi dengan fasilitas yang ada pada MySQL, sehingga para developer menginginkan suatu pengolahan database pada websitenya sendiri. Bentuk antarmuka dari MySQL biasanya sering disebut dengan nama phpMyAdmin. Bahkan ini merupakan sebuah faktor yang terkait dengan Bahasa PHP serta MySQL, apalagi pada pengolahan web. Sudah banyak yang mencari MySQL ini, disebabkan memiliki kemampuan yang multi-platform. Dengan begitu ini digunakan pada komputer yang hampir semua OS. Bahkan kinerjanya dianggap tinggi, apalagi pada proses query yang terdapat pada batasan database dengan jumlah yang tertentu.

Perbedaan phpMyAdmin Vs MySQL

Perbedaan phpMyAdmin Vs MySQL

Dari berbagai informasi yang kami dapatkan, dimana phpMyAdmin dan MySQL memiliki perbedaan yang sangatlah berbeda. Jadi seperti apa perbedaan antara kedua jenis tersebut? Pada umumya perbedaan antara phpMyAdmin dan juga MySQL bisa dilahat pada pembahasan yang sudah kami uraikan untuk para pembaca artikel ini. Berikut ulasannya.

  • phpMyAdmin merupakan aplikasi web dengan bahasa PHP. Ini dapat digunakan pada pengolahan database di MySQL.
  • MySQL adalah suatu sistem manajemen dengan basis data dan juga server yang berbasis data.

Perbedaan diatas ini merupakan salah satu perbedaan yang bisa kita ambil dari pengertian kedua jenis tersebut. Namun jika anda belum mengetahui betul tentang kedua jenis ini, maka anda bisa melihat pembahasan yang ada dibawah ini.

MySQL adalah sebuah database yang berbasis open source tingkat kepopuleran yang sangat tinggi. MySQL menjadi sebuah pilihan yang terbaik untuk basis data pada web. Dimana ini dapat digunakan pada Twitter, Facebook, Youtube. Bahkan ini telah menjadi pilihan yang terbaik sebagai distribusi dari OEM dan ISV.

phpMyAdmin adalah salah satu alat pembantu yang gratis pada MySQL serta MariaDB. phpMyAdmin sebuah aplikasi web dalam tulisan PHP, dimana ini juga merupakan sebuah alat administrasi dari MySQL yang terpopuler, apalagi pada hosting web.

Jadi, dengan cara yang simple dapat diartikan sebagai basis data untuk yang satu dan satu lainnya menjadi sebuah alat untuk membantu data pada basis data tersebut.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *