Rahasia Kerja Sampingan yang Menghasilkan

Rahasia Kerja Sampingan yang Menghasilkan

Posted on 73 views


Meskipun sudah mendapat gaji bulanan di kantor, sering kali kita coba nyari kerja sampingan buat menambah penghasilan. Bisa jadi karena ada kebutuhan tambahan yang tidak terpenuhi dari gaji utama, atau karena keperluan dadakan yang membutuhkan pos anggaran baru.

Enggak bisa disepelekan, karena kebutuhan ini biasanya datang dadakan. Mungkin enggak akan jadi masalah kalau kita sudah punya tabungan, tapi akan menjadi masalah kalau kita enggak punya tabungan.

Ketika kita hendak mencari kerja sampingan, biasanya akan bertanya-tanya mengenai pekerjaan apa yang paling tepat untuk dijalani. Yang kira-kira bisa dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama di kantor.

Masih belum banyak yang tahu mengenai hal ini. Sehingga kadang kita asal menerima saja ketika ada orang yang menawarkan pekerjaan sampingan. Meskipun kadang gaji yang ditawarkan tidak begitu layak.

Nah, sebenarnya ada beberapa rahasia kerja sampingan yang perlu kita ketahui. Agar apa yang kita kerjakan nantinya enggak mengganggu pekerjaan utama dan tetap mendapatkan tambahan penghasilan yang layak. Berikut hal-hal yang perlu kita ketahui ketika hendak kerja sampingan.

Cobalah Kerja Sampingan Secara Online

Kenapa online? Karena saat ini pengguna internet terus tumbuh semakin besar. Bahkan Indonesia juga masuk dalam jajaran pengguna internet paling banyak di dunia.

Kita tentu harus melihat ini sebagai peluang. Dengan berkembangnya internet yang semakin pesat, artinya bakal ada potensi pertumbuhan customer yang juga pesat.

Cara online ini bisa dibilang merupakan cara paling mudah untuk dijalankan. Ibaratnya kita tinggal modal paket data dan gadget. Meskipun dalam prakteknya memang butuh ilmu-ilmu marketing agar lebih maksimal hasilnya.

Ada beberapa contoh kerja sampingan yang bisa kita lakukan secara online, antara lain:

Penulis Artikel Freelance

Peluang menjadi penulis artikel freelance sangat besar di media online. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya media online yang tumbuh dengan berbagai niche. Bukan hanya media dari perusahaan besar, melainkan media yang tumbuh dari personal blog juga banyak.

kerja sampingan
Sumber gambar: pixabay.com

Para bloger yang telah memiliki blog dengan traffic tinggi dan mendapat revenue, akhirnya memilih kerja sama dengan penulis artikel freelance untuk memenuhi kebutuhan konten di blognya.

Tentu saja hal ini membuka peluang baru untuk pekerja kantoran yang sedang mencari peluang kerja sampingan.

Jasa Desain Grafis

Seperti halnya dengan kebutuhan penulis artikel freelance, seseorang yang memiliki skill desain grafis juga sedang banyak dicari. Selain untuk desain produk digital untuk website, mereka juga dibutuhkan untuk desain produk untuk konten media sosial.

Jika kita punya keahlian dalam bidang itu, kenapa enggak coba cari kerja sampingan secara online? Kita bisa kok mendapatkan klien dengan cara promosi di media sosial.

Atau kalau mau keren lagi ya bikin website sebagai portofolio. Ini akan lebih mudah ketika klien menanyakan hasil kerja yang pernah kita kerjakan.

Influencer

Kerja sampingan sebagai influencer ini cocok banget untuk pengguna media sosial yang memiliki banyak follower. Baik follower Instagram, Facebook, maupun Twitter. Bisanya sih minimal memiliki follower lebih dari 10K.

Sebenarnya ada juga influencer yang followernya kurang dari 10K, tapi umumnya yang followernya lebih dari 10K feenya lebih layak dibanding yang foolowernya sedikit.

System kerjanya juga cenderung lebih ringan. Kita cukup memposting konten yang diminta klien di media sosial kita kemudian mendapatkan fee sesuai kontraknya.

Rata-rata kita bisa mendapatkan fee 250 ribu – jutaan untuk sekali posting di Instagram. Biasanya besaran fee tergantung jumlah follower yang kita miliki.

Kerja Sampingan di Rumah Bisa Jadi Alternatif Pilihan

Kalau kita punya produk atau jasa yang bisa kita kerjakan di rumah, bisa jadi akan menjadi sumber tambahan penghasilan yang lumayan. Selepas jam kantor, kita bisa mencoba mengerjakan sesuatu yang menghasilkan di rumah.

Biasanya jenis-jenis pekerjaan seperti membuat produk home made, masakan, atau jasa servis sangat potensial untuk hal ini. Kita hanya cukup menyediakan alat produksi atau perlengkapan penunjang untuk jasa yang kita tawarkan.

Baca juga: Ayo Buat Bisnis Plan Anda Sekarang, Ini Dia Cara-caranya

Akan lebih keren lagi kalau promosinya juga kita lakukan secara online. Jadi, mengerjakan pesanannya di rumah, promosinya via media online. Ini bakal menjadi formula yang top banget untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kerja Sampingan Sabtu Minggu untuk Pegawai Kantoran

Ada beberapa pegawai kantoran yang hanya punya waktu luang setiap hari sabtu dan minggu. Jika kita termasuk dalam kategori ini, mungkin bisa kita maksimalkan mencari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di setiap hari sabtu dan minggu.

Biasanya hari sabtu dan minggu ini kan me time-nya para pekerja kantoran bersama keluarga. Mereka akan pergi ke tempat-tempat rekreasi untuk membersamai keluarga. Selain untuk melepas lelah, mereka bisa sekalian menyenangkan keluarga.

Jika kita jeli, hal itu bisa jadi peluang untuk mendapatkan kerja sampingan. Kita bisa mengamati kebutuhan apa saja yang diperlukan mereka. Kemudian menjadikannya sebagai peluang untuk menghasilkan keuntungan.

Kita bisa coba bekerja menjadi tour guide, menjadi bagian dari tim outbond organizer, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan meminta penyesuaian agenda untuk hari sabtu dan minggu saja.

Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Permasalahan mahasiswa sering kali terjadi saat akhir bulan. Uang jajan menipis, tranferan jatah bulanan masih belum dikirim. Kadang harus ekstra hati-hati membelanjakan uang agar cukup buat hidup sisa akhir bulan.

Nah, solusi terbaik buat kita yang sering mengalami hal ini adalah dengan kerja sampingan. Mencari tambahan uang jatah bulanan dengan cara bekerja sambil kuliah. Bukan berarti bekerja di saat jam kuliah lho ya. Melainkan bekerja selepas jam kuliah.

Jenis pekerjaan yang sering dipilih para mahasiswa ini biasanya yang enggak jauh-jauh dari kegiatan mahasiswa. Misalnya saja seperti penjaga warnet, rental pengetikan, dan lain sebagainya. Namun, di era online seperti sekarang ini paradigm itu mulai berubah.

Para mahasiswa sudah banyak yang sukses menjadi pebisnis online. Banyak juga yang mendapat tambahan penghasilan dari aktivitas yang berhubungan dengan hobi mereka.

kerja sampingan
Sumber gambar: pixabay.com

Sebagian besar sudah memanfaatkan internet untuk mendapatkan uang sebagai tambahan jatah bulanan. Jadi, mahasiswa zaman sekarang sepertinya sudah banyak yang enggak bergantung terhadap jatah kiriman dari orangtua. Mereka sudah mandiri mencari uang jajan dari aktivitas online.

Kerja Sampingan Online Tanpa Modal

Pertanyaan yang paling sering muncul adalah terkait perlu enggaknya modal untuk memulai kerja sampingan. Sebagian orang biasanya memilih pekerjaan sampingan yang modalnya kecil, atau bahakan tanpa modal. Sehingga risiko kerugiannya kecil.

Baca juga: Ayo Tambah Penghasilan Anda dengan Memulai Usaha Kecil-kecilan

Memang yang paling logis untuk hal ini adalah bekerja dengan cara berjualan online yang produknya milik orang lain. Alias tidak membuat atau menyediakan produk sendiri.

Seperti apa contohnya?

Menjadi Dropshiper

Dropshiper ini kita hanya menjualkan produk milik orang lain. Bisa saja hanya dengan mengiklankan produk orang lain melalui akun media sosial kita. Biasanya ketika transaksi berhasil, proses pengiriman barang akan dilakukan oleh pemilik produk.

Kita akan mendapatkan fee dari transaksi tersebut yang besarnya ditentukan berdasarkan kesepakan dari pemilik produk. Kerjaan kita cuma melakukan promosi produk, hingga memastikan customer membeli produk tersebut.

Bisa dibilang kita tidak modal apa-apa. Mungkin hanya modal tenaga untuk melakukan promosi produk tersebut.

Menjadi Affiliate Marketer

Produk Affiliate ini sempat booming di kalangan internet marketer. Menjadi salah satu produk favorit untuk mendapatkan penghasilan dari bidang online. Hampir mirip seperti dropshiper, kita tidak harus memiliki produk yang kita jual. Hanya saja tugas kita hanya sebatas promosi produk saja.

Biasanya kita akan mengarahkan konsumen untuk mengunjungi website produk utama. Disanalah proses transaksi terjadi.

Setiap transaksi akan tercatat dari mana klien itu berasal. Data ini terekam dari kode referral yang ada pada link url yang kita sebarkan. Nah, dari data referral ini penghasilan kita sebagai affiliate marketer bisa dihitung.

Menjadi Freelancer

Saat ini menurut saya, menjadi freelancer sepertinya pilihan tepat bagi pekerja kantoran yang pengin kerja sampingan. Selain waktunya fleksibel, kita juga bisa menentukan jenis pekerjaan apa saja yang pengin digarap.

Misalnya saja saya, selain pekerja kantoran juga menjalani kerja sampingan sebagai freelancer. Saya penulis freelance, web desainer, graphic desainer, editing video, semua itu saya kerjakan sebagai freelancer.

Memang fokusnya pada penulisan konten, tapi enggak menutup kemungkinan juga menerima kerja sama di bidang lain. Terutama yang memang saya kuasai jenis pekerjaannya.

Itulah beberapa rahasia kerja sampingan yang terbukti menghasilkan. Silakan pertimbangkan untuk memilih mana yang paling pas dengan kondisi kita saat ini.

Pada prinsipnya, jangan pekerjaan sampingan yang kita pilih akan mengganggu pekerjaan utama kita. Usahakan keduanya tetap berjalan sesuai dengan profesionalisme kita sebagai seorang pekerja. [SNs]

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *