Persyaratan Sistem Informasi Manajemen

Persyaratan Sistem Informasi Manajemen (+Karakteristiknya)

Posted on 71 views


Persyaratan Sistem Informasi Manajemen

Persyaratan Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen atau kependekan dari SIM merupakan suatu kumpulan prosedur, software,hardware, brainware dan aturan dari organisasi secara integral agar terjadi pengelolahan data dengan informasi yang bermanfaat. Sehingga bisa memecahkan suatu masalah serta pengambilan keputusan. Sistem informasi manajemen bisa dikatakan sebagai sistem informasi yang terbaik, apabila memenuhi syarat-syarat seperti yang ada dibawah ini.

1). Sistem harus terbentuk dengan baik agar bisa menyelesaikan sebuah tujuan.

2). Elemen sistem wajib memiliki rencana-rencana yang akan ditetapkan.

3). Memiliki hubungan yang baik diantara suatu elemen sistem.

4). Sistem informasi harus memiliki beberapa sifat, seperti yang ada dibawah ini,

  • Pemprosesan sebuah informasi yang lebih efektif
  • Manajemen informasi harus lebih efektif
  • Keluwesan
  • Kepuasan Pemakaian

5). Unsur dasar menjadi sebuah proses yang lebih penting, jika dibandingkan dengan elemen sistem.

6). Sistem informasi mempunyai kemampuan yang seperti dibawah ini,

  • Memiliki kecepatan saat mengakses
  • Menyediakan komunikasi yang akurat dan kolaborasi
  • Menyimpan informasi dengan jumlah yang besar
  • Memiliki harga yang relatif murah

7). SIM memiliki beberapa komponen seperti yang ada dibawah ini,

  • Blok masukan – dimana ini termasuk metode-metode yang dapat digunakan untuk menangkap sebuah data dalam bentuk dokumen dasar.
  • Blok model – sebuah kombinasi dari logika, prosedur dan juga model matematika untuk memanipulasi sebuah data input serta data yang disimpan berbasis data.
  • Blok luaran – salah satu sistem yang baik dan bermanfaat pada dokumentasi yang lebih berguna di semua tingkatan.
  • Blok teknologi – digunakan pada saat menerima masukan, menyimpan serta menjalankan model, mengakses data, mengirimkan keluaran dan juga membantu pengendalian dari sistem dengan cara keseluruhan.

Karakteristik Sistem Informasi Manajemen

Untuk karakteristik dari sistem informasi manajemen sudah menjadi sebuah ciri khas, bahkan ini wajib dimiliki oleh sistem informasi manajemen. Simpelnya, SIM atau Sistem Informasi Manajemen mengolah data, mengumpulkan data dan menginformasikan sebuah hasilnya. Karakteristik sistem informasi manajemen anda bisa melihatnya pada pembahasan yang ada dibawah ini.

1. Elemen Sistem

Persyaratan Sistem Informasi Manajemen

Elemen sistem merupakan subsistem atau bagaian-bagian dari suatu sistem yang besar. Setiap elemen pasti memiliki fungsi, tugas serta tujuan yang sendiri-sendiri.

Akan tetapi masing-masing dari elemen SIM akan saling berinteraksi dan terhubung serta bekerja sama dari antara satu dengan yang lainnya sehingga bisa mencapai sebuah tujuan. Apabila pada satu elemen terdapat tidak melakukan kerjasama yang secara maksimal, dengan begitu jalan dari keseluruhan SIM bisa terganggu dengan hasil output yang kurang maksimal.

2. Batasan Sistem

Batasan Sistem

Batasan sistem atau dikenal sebagai Boundary merupakan salah satu batasan dari ruang lingkup dengan membatasi Sistem Informasi Manajemen pada sistem yang lainnya.

Dengan adanya batasan-batasan di Sistem Informasi Manajemen, maka suatu sistem informasi yang sudah ada tidak bisa bertumpang tindih dengan beberapa sistem yang lainnya. Ini karena setiap sistem yang ada akan melakukan fungsi dan tugasnya sendiri. Hal yang biasa dibatasi oleh batasan sistem adalah biaya, personel, peraturan, peralatan dan lain sebagainya.

3. Lingkungan Luar

Lingkungan Luar

Lingkungan luar adalah suatu hal yang berada pada luar batas dari Sistem Informasi Manajemen, dimana ini akan berpengaruh pada operasional dari Sistem Informasi Manajemen. Hal yang berpengaruh tersebut bisa berdampak negatif dan positif.

Lingkungan luar dengan kerugian akan terkendali dan ditahan dengan cara apapun sehingga tidak dapat mengganggu sebuah kegiatan sistem. Sedangkan lingkungan luar dengan menguntungkan sebisa mungkin akan memanfaatkan dengan baik pada sistem.

Misalnya kondisi listrik yang sedang mati. Listrik tidak hanya bagian dari suatu komponen Sistem Informasi Manajemen. Namun dengan tak adanya sebuah listrik, maka ini akan membuat sistem informasi tidak dapat dijalankan.

4. Penghubung

Penghubung

Penghubung sistem merupakan salah satu media yang menghubungkan satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Data keluaran pada satu subsistem bisa dijadikan sebagai masukan data pada saat pindah ke sebuah subsistem yang lainnya.

Tentu saja proses ini dibutuhkan penghubung, seperti jaringan koneksi. Jika suatu sistem tidak memiliki penghubungnya. Maka pada saat komponen subsistem sudah menyelesaikan tugasnya dan kemudian sebuah output dihasilkan tak bisa untuk dipindahkan pada proses yang selanjutnya di subsistem yang lain.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Ini dikarenakan tidak ada suatu penghubung. Secara keseluruhan hal ini menandakan kalau sistem tersebut tidak bisa menghasilkan sesuatu.

5. Input Sistem

Input Sistem

Input sistem adalah sebuah data yang akan dimasukkan pada sistem sehingga bisa diolah oleh suatu sistem tersebut. Karakteristik dalam hal ini yang paling terdasar harus terdapat pada setiap sistem dimana sebuah sistem kerja akan menginformasikan sesuatu yang awal dari masukan. Apa yang akan dilakukan oleh sistem, apabila tidak memiliki data untuk diolah? Tidak ada data yang akan diolah, maka tidak ada sesuatu yang akan dihasilkan.

6. Output Sistem

Output Sistem

Output sistem adalah sebuah data masukan yang sudah selesai diolah hingga menjadi sebuah informasi. Output merupakan informasi yang seperti laporan, formulir, grafik atau seperti perbaikan. Output salah satu hasil dari proses pengolahan pada data sistem.

Bahkan masing-masing dari subsistem dalam suatu sistem bisa menghasilkan output. Output yang berasal dari sebuah subsistem lain bisa menjadi input buat subsistem yang lain dan kemudian akan diolah kembali hingga menjadi sebuah hasil akhir yang berupa informasi.

7. Pengolah Sistem

Pengolah sistem menjadi sebuah proses data yang akan masuk pada sistem dengan diolah sebisa mungkin hingga menghasilkan data output dan menjadi satu informasi yang bermanfaat.

Pengolahan ini bisa seperti pengklasifiksian data, pencairan, pengurutan dan penggabungan data. Jika sebuah sistem tak bisa untuk mengolah data, dengan begitu data yang mentah tidak bisa diubah atau akan tetap seperti itu. Maka ini bertanda kalau tidak ada informasi yang berguna dan berharga.

Itulah persyaratan sistem informasi manajemen dan karakteristiknya yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *