Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Posted on 66 views


Pengertian Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix merupakan salah satu dari beberapa jenis printer yang masih digunakan hingga sekarang. Meskipun semakin lama para penggunaan printer jenis ini sudah mulai berkurang dan mungkin beberapa tahun yang akan datang malah printer dot matrix hanya akan menjadi sebuah kenang-kenangan dan bukti sejarah perkembangan printer.

Dot matrix printer adalah printer yang menggunakan alat cetak berupa pita. Dikarenakan masih menggunakan pita, maka hasil cetakan atau outputnya masih terkesan kasar dan masih kurang bagus dibandingkan dengan jenis printer lainnya. Akan tetapi, tidak mengherankan mengingat printer dot matrix merupakan jenis printer generasi pertama sebelum adanya jenis-jenis printer lainnya yang sekarang sudah banyak  penggunanya.

Ketika Anda menggunakan printer dot matrix, maka hasil cetakan bisa langsung digabung dengan karbon. Alasannya karena proses percetakannya masih tetap menggunakan sistem ketukan. Sumber warna yang dihasilkan melalui printer ini juga berasal dari warna. Oleh karena itulah hasil warna yang ditampilkan juga kurang begitu bagus serta tidak bervariasi. Di printer ini hanya ada warna hitam, merah, dan juga biru.

Jarang sekali ada printer dot matrix yang digunakan untuk mencetak 3 warna tersebut dalam waktu secara sekaligus. Kecepatan kinerja dari printer ini dihitung dari berapa banyak karakter yang dapat dicetak setiap detiknnya dengan menggunakan satuan cps atau character per second. Umumnya, printer dot matrix memiliki kecepatan kurang lebih 500 cps per detik.

Meskipun dewasa ini sudah hadir berbagai macam pinter dengan berbagai kelebihannya. Namun sekarang pun printer dot matrix masih tetap diproduksi. Ada alasan dibalik hal tersebut dimana printer dot matrix bisa digunakan untuk mencetak dokumen tembusan yang tidak Anda temukan di jenis printer yang lainnya. Printer ini juga biasanya dimanfaatkan untuk mencetak bon, kwitansi, dokumen keuangan, dan lain sebagainya.

Fungsi Printer Dot Matrix

Pengertian Printer Dot Matrix dan Fungsinya

Lalu apa sih fungsi dari dot matrix? Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa keberadaan printer dot matrix memang sudah mulai kurang dibutuhkan. Hal ini tidak lepas dari hadirnya berbagai macam printer dengan kecanggihannya. Akan tetapi, bukan berarti printer ini tidak digunakan.

Alasan mengapa printer dot matrix masih tetap digunakan adalah karena ada beberapa fungsinya yang memang masih diperlukan. Bahkan ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh printer dot matrix yang tidak dimiliki oleh printer yang lainnya. Lalu apa saja fungsinya? Berikut ini kami telah memiliki beberapa fungsi dari dot matrix.

  • Printer dot matrix bisa digunakan untuk mencetak data rangkap.
  • Dot matrix biasanya digunakan untuk mencetak data yang berkaitan dengan bukti transaksi perusahaan.
  • Printer juga bisa digunakan untuk mencetak transaksi pada kwitansi pembayaran.
  • Fungsi lain dari printer dot matrix adalah untuk bisa berbagi laporan yang nanti harus dicetak rangkap.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Pengertian Printer Dot Matrix dan Kelebihannya

Setiap printer pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Apalagi dengan printer dot matrix yang merupakan printer pertama sebelum ada beberapa printer lainnya. Di bawah ini kami sudah memiliki informasi seputar kelebihan dan kekurangan printer dot matrix.

1. Kelebihan printer dot matrix

Kelebihan pertama dari printer dot matrix adalah berkaitan dengan harganya. Harga printer ini jauh lebih murah dibandingkan printer lainnya yang menggunakan cairan atau serbuk tinta. Bahkan harga pitanya sendiri jauh lebih murah jika Anda bandingkan dengan toner atau tinta bagi printer laser jet atau jet.

Kelebihan kedua adalah printer dot matrix memiliki beberapa jenis. Setidaknya ada dua jenis printer pita. Jenis yang pertama adalah jenis colour atau jenis warna dan jenis yang kedua merupakan jenis non-colour atau jenis tidak berwarna.  Sekedar informasi bahwa untuk printer jenis colour menggunakan ribbon atau pita yang mempunyai 4 jenis warna, yakni hitam, kuning, merah, dan juga biru.

Kelebihan yang ketiga inilah membuat printer dot matrix masih tetap digunakan hingga sekarang ini. Mereka yang menggunakan printer pita kebanyakan memerlukannya untuk mencetak rangkap. Jadi, pengguna tidak harus mencetak satu persatu karena dengan menggunakan dot matrix maka langsung mencetak secara rangkap.

  • Bisa mencetak ukuran kertas berukuran besar

Kelebihan yang terakhir adalah printer dot matrix bisa digunakan untuk mencetak menggunakan kertas berukuran besar. Proses mencetaknya memang membutuhkan waktu, namun tetap saja printer ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan printer yang lainnya.

2. Kekurangan Printer Dot Matrix

Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh printer dot matrix:

  • Printer dot matrix memiliki hasil output atau hasil cetakan yang kurang bagus dari segi resolusinya.
  • Printer dot matrix akan mengeluarkan suara yang bising dan cenderung mengganggu, terlebih lagi jika yang harus dicetak cukup banyak.
  • Jika digunakan untuk mencetak gambar, maka kualitasnya masih kurang baik. Mengapa? Karena gambar yang dicetak merupakan hasil dari titik-titik yang berhubungan.
  • Memiliki gerakan yang lambat.
  • Warna yang dihasilkan masih kurang variatif.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait pengertian printer dot matrix beserta fungsi, kelebihan, dan juga kekurangan printer dot matrix. Kesimpulannya adalah printer pita merupakan printer yang menggunakan pita untuk mencetak. Ada dua jenis printer dot matrix, yakni printer yang sudah dilengkapi dengan colour dan yang tidak alias non colour.

Printer ini memang dari segi teknologi masih ketinggalan zaman. Akan tetapi, ada beberapa fungi printer pita yang tidak bisa dijalankan atau tidak bisa menghasilkan dengan kualitas yang sama. Maka dari itu sampai sekarang printer ini masih tetap digunakan.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *