Pengertian, Fungsi, Alasan, & Contohnya

Pengertian, Fungsi, Alasan, & Contohnya

Posted on 116 views


Gambar kalkulator dan laporan keuangan
Gambar: Pexels

Keuangan merupakan salah satu pondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan. Apapun jenis perusahaannya, manajemen keuangan sangatlah dibutuhkan bahkan menjadi suatu hal yang penting.

Untuk mencapai tujuan perusahaan, diperlukan adanya manajemen keuangan untuk mendapatkan dana sebagai modal untuk bekerja dan mengalokasikan dana tersebut secara efektif serta mengelola aset-aset yang dimiliki perusahaan secara teratur. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan dari manajemen keuangan.

Pengertian Manajemen Keuangan

Apa itu manajemen keuangan? Manajemen keuangan merupakan segala kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan cara mendapatkan, menggunakan, hingga mengelola keuangan perusahaan.

Tujuan dari kegiatan manajemen keuangan adalah untuk mengelola dana maupun aset-aset yang dimiliki perusahaan untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan utama, yaitu profit.

Pengertian manajemen keuangan menurut para ahli

Berikut adalah pengertian manajemen keuangan berdasarkan penjelasan dari para ahli yang telah dirangkum dari seputarilmu.com :

  1. Bambang Riyanto :  Manajemen keuangan merupakan suatu keseluruhan kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan suatu usaha untuk mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan serta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.
  2. Agus Sartono : Manajemen keuangan sebagai manajemen dana baik yang berkaitan dengan suatu pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun suatu usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau untuk pembelanjaan secara efisien. (2001:6) 
  3. Sutrisno : Pengertian manajemen keuangan yaitu semua kegiatan perusahaan dengan usaha-usaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk memakai dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien. (2003:3)
  4. J.L. Massie : Manajemen keuangan merupakan aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan memakai dana yang diperlukan untuk suatu operasi yang efektif dan efisien.
  5. J.F. Bradley : Manajemen keuangan yaitu bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan model secara bijaksana & seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.
  6. Sonny S : Manajemen keuangan merupakan kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana untuk mendapatkan dana, memakai dana, dan untuk mengelola aset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.
  7. Grestenberg : Manajemen keuangan yaitu bagaimana suatu bisnis diselenggarakan untuk memperoleh dana, cara mereka memperoleh dana , cara bagaimana penggunaan mereka dan bagaimana bisnis di didistribusikan.
  8. James Van Horne : Manajemen keuangan merupakan segala kegiatan yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan serta untuk pengelolaan aktiva dengan tujuan semua aktivitas.
  9. Weston and Copeland : Manajemen keuangan bisa dirumuskan oleh suatu fungsi dan tanggung jawab para manajer keuangan. Fungsi pokok manajemen keuangan yaitu menyangkut keputusan tentang penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden pada suatu perusahaan.
Gambar seseorang sedang mengerjakan laporan
Photo by Pavel Kunitsky from Pexels

Fungsi manajemen keuangan

Dalam sebuah perusahaan, manajemen keuangan memiliki peran yang sangat penting. Berikut adalah lima fungsi utama dari manajemen keuangan:

  1. Perencanaan keuangan (planning), hal ini meliputi perencanaan arus kas dan rugi lama yang penting dilakukan agar diketahui apa saja yang harus dipersiapkan agar perusahaan terhindar dari kerugian.
  2. Perencanaan anggaran (budgeting), yaitu semua kegiatan perusahaan yang menggunakan anggaran dana perusahaan harus direncanakan dengan baik agar kegiatan-kegiatan yang tidak menguntungkan anggarannya dapat dipotong atau dipangkas.
  3. Pengendalian (controlling), perlu dilakukan evaluasi keuangan pada setiap kegiatan yang sudah dijalankan, sehingga dapat menjadi acuan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya.
  4. Pemeriksaan (auditing), perlu dilakukan audit internal terkait keuangan agar sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.
  5. Pelaporan (reporting), yang berguna untuk menganalisis rasio laporan laba dan rugi perusahaan.

Manajemen keuangan perusahaan

Manajemen keuangan yang teratur dan baik dapat mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan. Semakin baik manajemen keuangannya, maka bisa dikatakan baik pula perkembangan perusahaannya.

Grafik manajemen keuangan
Photo by PhotoMIX Ltd. from Pexels

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya manajemen keuangan bagi perusahaan :

  1. Perusahaan dapat mengetahui aset mana yang akan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan saat melakukan pembelian aset dengan adanya manajemen keuangan yang maksimal.
  2. Dengan memiliki pengelolaan arus kas yang baik maka perusahaan akan selalu memiliki kas yang cukup untuk membayar sewa, asuransi, gaji karyawan, dan lain sebagainya.
  3. Manajemen keuangan berpengaruh pada perusahaan untuk menjaga biaya agar tetap rendah. Jika biaya tidak dipantau dan dikelola dengan baik maka perusahaan akan sering meningkatkan harga penjualan pada konsumen demi membayar kenaikan harga yang terus terjadi, sehingga dapat mengakibatkan konsumen pindah ke perusahaan lain yang jauh lebih murah dan perusahaan dapat mengalami kegagalan bisnis.
  4. Manajemen keuangan dapat membantu perusahaan dalam perencanaan pajak dengan membuat estimasi perpajakan. Dengan begitu perusahaan dapat menyediakan dana lebih untuk membayar pajak secara tepat waktu dan menghindari adanya pembayaran denda jika terlambat membayar pajak.

Buku Manajemen Keuangan

Jika Anda mencari buku manajemen keuangan untuk mendapatkan pengetahuan tentang manajemen keuangan dengan berbagai kondisi ekonomi, berikut adalah daftar buku untuk pemahaman yang lebih baik tentang manajemen keuangan:

Financial Management: Theory and Practice

Sampul buku financial management
Gambar: testbankcorp.com

Eugene F. Brigham adalah seorang profesor riset pascasarjana dan telah mengajar subjek ini sejak tahun 1971. Buku ini telah diterbitkan pada tahun 2013 dan ditulis secara 

menantang oleh seorang ahli dengan konten yang luar biasa. Buku ini berisi contoh-contoh langsung yang bagus, perhitungan dan jawaban bagi siswa untuk mengikuti ujian mandiri.

Buku terbaik tentang manajemen keuangan ini adalah contoh yang sempurna karena ia menyeimbangkan antara teori dan pengetahuan praktis tentang keuangan. Penulis memastikan bahwa ia memberikan pemahaman yang jelas tentang konsep-konsep penting yang perlu dikembangkan dipahami untuk diimplementasikan di bidang keuangan. 

The Basics of Public Budgeting and Financial Management: A Handbook for Academics and Practitioners

Sampul buku tentang manajemen keuangan
Gambar: amazon.com

Buku manajemen keuangan ini telah digunakan oleh pemerintah untuk penganggaran pemerintah dan sangat menjelaskan aspek-aspek proses penganggaran dan prosedur pemerintah negara bagian, negara dan kota. Penulis juga sangat menjelaskan proses pembuatan anggaran dalam format langkah demi langkah. Jika Anda seorang pemula dalam penganggaran ini adalah buku yang sempurna untuk Anda. 

Charles E. Menifield memberikan latihan untuk menjelaskan teori anggaran bersama dengan memberikan pembaca pengalaman praktis. Pembaca diberi kesempatan untuk mempelajari berbagai konsep dan keterampilan teknis yang penting untuk memahami subjek bersama dengan latihan praktis yang disediakan dalam setiap bab yang perlu diterapkan untuk mempelajari konsep-konsep ini. 

Buku ini mencakup konsep keuangan, pendapatan publik, konsep keuangan, penilaian risiko, manajemen keuangan, analisis manfaat biaya dan banyak lagi. 

The Economist Guide to Financial Management (2nd Ed)

Sampul buku tentang manajemen keuangan
Gambar: Google

Untuk membuat keputusan logis, Anda harus memiliki pemahaman tentang subjek terlepas dari industri atau perusahaan tertentu. Buku ini membantu Anda dengan pemahaman manajemen keuangan yang lengkap yang akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang diperlukan dengan tepat. 

Informasi yang disediakan dalam buku ini sepenuhnya lengkap dan tidak menyembunyikan atau menutupi konsep. Anda dapat menggunakan buku ini jika Anda cukup terbiasa dengan keuangan dan industri ini dan hanya perlu revisi. 

John Tennent adalah seorang ahli karena ia telah terlibat dalam pelatihan dan memberikan konsultasi kepada perusahaan sejak 20 tahun terakhir dan juga merupakan penulis dari 4 buku keuangan lainnya. 

Setiap bab dari buku ini mencakup setiap tugas yang harus diselesaikan oleh seorang manajer misalnya mengumpulkan anggaran, membaca varian laporan, menyusun proposal untuk berinvestasi dalam peralatan baru dan bersama dengan mengeksplorasi para pelaku yang tepat yang dapat digunakan dalam setiap tugas. 

Contoh manajemen keuangan

Ada beberapa jenis laporan yang penting bagi perusahaan berdasarkan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia. Berikut empat laporan keuangan beserta contohnya:

Laporan Neraca

Neraca atau disebut dengan istilah balance sheet yang berfungsi untuk menunjukkan kondisi, informasi, dan posisi keuangan bisnis pada tanggal yang ditentukan. Tiga unsur yang terdapat dalam neraca adalah aset, liabilitas, dan ekuitas.

Contoh Laporan Neraca
Sumber: sleekr.co

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau disebut sebagai income statement atau profit and loss statement yang berfungsi untuk mengetahui apakah bisnis berada dalam posisi laba atau rugi.

Contoh Laporan Laba Rugi
Sumber: sleekr.co

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau disebut juga dengan laporan cash flow yang digunakan perusahaan untuk menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada periode tertentu. Fungsi dari laporan arus kas adalah sebagai indikator jumlah arus kas di masa mendatang berdasarkan data arus kas terkini.

Contoh Laporan Arus Kas
Sumber: sleekr.co

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal menyediakan informasi tentang jumlah modal yang dimiliki bisnis selama periode tertentu yang mana Anda bisa mendapatkan data mengenai seberapa perubahan modal yang telah terjadi dan lengkap dengan penyebab perubahannya.

Contoh Laporan Perubahan Modal
Sumber: sleekr.co

Penutup

Itu dia pembahasan dari manajemen keuangan dalam sebuah bisnis perusahaan. Kelola dan terapkan  manajemen keuangan perusahaan Anda dengan baik sehingga perusahaan Anda dapat berkembang secara maksimal dan memperoleh keuntungan yang besar. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Penulis: Farid Nur Iman

Punya blog pribadi faridnuriman.wordpress.com untuk berbagi kisah hidupnya.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *