Pengertian, Aturan, Komponen & Jenisnya

Pengertian, Aturan, Komponen & Jenisnya

Posted on 66 views


Pengertian Sistem Informasi Bisnis

Pengertian Sistem Informasi Bisnis Adalah

Sebelum membahas sistem informasi bisnis yang merupakan topik utama pada artikel kali ini kita akan membahas satu – persatu terlebih dahulu mengenai sistem informasi dan apa yang dimaksud dengan bisnis.

Sistem informasi adalah suatu kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan nya untuk mendukung operasi serta manajemen. Sedangkan bisnis adalah suatu usaha untuk menjual barang atau jasa yang dilakukan seseorang, perseorangan atau bahkan organisasi kepada konsumen dan ditujukan agar memperoleh keuntungan/laba.

Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi bisnis merupakan kumpulan teknologi informasi yang memiliki kesatuan antara satu dengan yang lainnya dan ditujukan untuk kepentingan jual produk atau jasa (bisnis). Keberadaan sistem informasi bisnis ini tentunya sangat vital dan tidak akan terlepas dari aktifitas para pebisnis. Masih banyak hal – hal yang menarik untuk dibahas mengenail sistem informasi bisnis ini dan dapat anda simak ulasan nya dibawah ini.

Aturan Dasar Sistem Informasi Bisnis

Terdapat 3 aturan dasar sistem informasi bisnis yang tentunya harus dipatuhi oleh para pelaku bisnis untuk mendukung keberhasilan. Tiga aturan tersebut adalah seperti berikut :

1. Dukungan terhadap proses dan operasi bisnis

Dukungan terhadap proses dan operasi bisnis merupakan suatu aturan yang harus diterapkan pada jalannya bisnis suatu perusahaan karena akan sangat mempengaruhi kinerja serta baik atau buruknya kualitas perusahaan tersebut

2. Dukungan terhadap pengambilan keputusan oleh pegawai dan manajer

Selanjutnya tidak kalah penting yakni dukungan terhadap pengambilan keputusan oleh pegawai dan manajer. Pengambilan keputusan dari dua aspek tersebut sangat mempengaruhi kualitas perusahaan meskipun menjabat sebagai pegawai sekalipun.

3. Dukungan strategi untuk keunggulan bersaing

Dan yang terakhir adalah dukungan strategi untuk keunggulan bersaing yang merupakan salah satu hal vital karena sangat mempengaruhi jalannya bisnis suatu perusahaan. Tidak bisa dipungkiri ketika membangun bisnis maka salah satu resiko yang harus dihadapi adalah persaingan oleh karena itu perlunya aturan dasar tersebut.

Komponen Sistem Informasi Bisnis

Ada 4 komponen utama yang dibutuhkan dalam menjalankan sistem informasi bisnis, yakni meliputi teknologi, aplikasi, pengembangan dan manajemen. Contoh peranan teknologi dalam sistem informasi bisnis adalah dalam penggunaan jaringan komputer untuk mendukung pemrosesan informasi baik secara hardware maupun software.

Dalam bentuk aplikasi ialah seperti yang sering kita lihat sehari – hari dalam bentuk e-commerce. Penggunaan e-commerce atau aplikasi penjualan berbasis internet memang tidak akan pernah lepas dari kegiatas bisnis di era modern saat ini.

Selain itu ada juga salah satu komponen penting sistem informasi bisnis yakni pengembangan. Maksudnya disini adalah mengembangkan penggunaan teknologi informasi dalam bisnis untuk menunjang kemajuan perusahaan. Dan komponen yang terakhir adalah manajemen. Penerapan nya meliputi pengelolaan teknologi untuk menunjang penekanan pada kualitasi, nilai bisnis yang strategis serta dalam hal keamanan sistem yang digunakan.

Sumber Daya Sistem Informasi Bisnis

Pengertian Sistem Informasi Bisnis dan Komponennya

Sumber daya pendukung dalam sistem informasi bisnis namun secara garis besar ada 5 yakni meliputi sumber daya manusia, hardware, software, data dan jaringan. Untuk ulasan masing – masing secara lengkap dapat disimak dibawah ini :

1. Sumber daya manusia

Sumber daya manusia terdiri dari dua bagian yaitu User (pemakai) dan Pakar (pengembang). User adalah sumber daya manusia yang berada di posisi sebagai pemakai dari sistem informasi , contohnya seperti pelanggan, manager, operator, akuntan dan lain – lain. Sedangkan untuk Pakar merupakan sumber daya manusia yang bertugas dalam pengembangan sistem informasi, contohnya adalah seorang sistem analis, pembuat software dan lain – lain.

2. Sumber daya hardware

Sumber daya hardware terdiri dari perangkat keras atau peralatan yang memiliki fisik dan digunakan dalam pemrosesan sistem informasi bisnis yang dijalankan.

3. Sumber daya software

Sumber daya software terdiri atas 3 bagian yakni software sistem, software aplikasi dan prosedur. Software sistem bisa diibaratkan seperti operasi sistem yang ada dalam komputer sedangkan software aplikasi adalah suatu program yang memproses langsung setiap tugas dari pemakai komputer, contohnya seperti aplikasi penjualan. Prosedur adalah bentuk pengoperasian perintah – perintah terhadap pihak pengguna sistem informasi, contohnya seperti prosedur entri data.

4. Sumber daya data

Sumber daya data membahas mengenai data yang ada dalam suatu proses bisnis seperti deskripsi produk, catatan pelanggan, file kepegawaian, dan database persediaan serta masih banyak lagi tergantung jenis usahanya.

5. Sumber daya jaringan

Sumber daya jaringan ini cenderung lebih mengarah kearah komunikasi seperti media komunikasi, pemroses komunikasi serta software untuk akses dan pengendali jaringan dalam suatu sistem informasi.

Jenis-Jenis Sistem Informasi Bisnis

  1. Sistem penjualan dan pemasaran, yakni fungsi yang bertanggung jawab dalam penjualan produk atau jasa suatu perusahaan/organsisasi. Banyak yang diperhatikan dalam pemasaran seperti pengenalan produk, kebutuhan pelanggan, iklan dan masih banyak lagi.
  2. Sistem manufaktur dan produksi, adalah fungsi yang bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan produksi barang atau jasa perusahaan agar sesuai dengan yang diinginkan. Sistem ini berhubungan erat dengan aspek – aspek seperti ketersediaan bahan produksi, sasaran produksi, pengadaan, penyimpanan, dan lain – lain.
  3. Sistem sumber daya manusia, bisa juga disebut human resources information sistem bertanggung jawab untuk membangun, mengembangkan serta mempertahankan tenaga kerja perusahaan. Sistem ini mendukung aktifitas seperti mengenali karyawan potensial, pencatatan data lengkap karyawan dan lain – lain.
  4. Sistem keuangan dan akuntansi, bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan perusahaan seperti uang tunai, obligasi, saham dan bentuk – bentuk investasi lainnya. Contoh penerapan sistem ini adalah di pengelolaan catatan keuangan, penerimaan dan pembayaran, penggajian dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan mengenai pengertian sistem informasi bisnis beserta aturan, komponen dan hal-hal lain yang berhubungan dengan sistem informasi bisnis. Semoga artikel diatas bermanfaat dan mudah dipahami!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *