Macam Macam Gaya Renang (Gambar) Yang Paling Populer Di Indonesia

Posted on 188 views

Macam macam gaya renang – Renang merupakan olahraga air yang mengikuti perlombaan olimpiade, renang pertama kali dilombakan pada tahun 1800 di Eropa. Semakin berkembangnya negara negara seluruh dunia sekarang, renang menjadi salah satu olahraga favorit hampir seluruh dunia.

macam macam gaya renang
macam macam gaya renang

Setidaknya olahraga renang ini juga mengikuti perlombaan Asean Games 2018 kemarin yang dilaksanakan di Indonesia, disini Aku akan menjelaskan beberapa macam macam gaya renang yang paling populer di Indonesia, setidaknya ada 4 gaya renang yang paling banyak dilakukan di Indonesia.

Olahraga renang juga memiliki perlombaannya masing masing, jadi untuk perlombaan renang sendiri tidak bisa dicampur adukkan antara 1 gaya dengan gaya renang lainnya. Karena sudah memiliki kualifikasi syarat gaya yang akan dilombakan tersebut.

4 Macam Gaya Renang Paling Populer

Ada banyak macam macam gaya renang yang bisa dilakukan, namun tidak semua gaya tersebut bisa dilombakan dalam olimpiade, seperti berenang gaya anjing, Kamu tidak bisa melakukan perlombaan dengan menggunakan renang gaya anjing, sehingga sejauh ini walaupun banyak gaya renang sudah tercipta, namun hanya 4 saja yang paling populer.

1. Renang Dengan Gaya Bebas

renang gaya bebas
renang gaya bebas

Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian “dicambukkan” naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air.

Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.

2. Renang Dengan Gaya Dada

gaya renang dada
gaya renang dada

gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan.

Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

3. Renang Dengan Gaya Kupu Kupu

teknik gaya renang
teknik gaya renang

Gaya kupu-kupu adalah salah satu dari macam macam gaya renang yang diperlombakan dalam Olimpiade dan lomba-lomba resmi yang lain. Karena gerakan kakinya, gaya ini juga dikenal sebagai gaya lumba-lumba atau dolphin.

Dibandingkan gaya renang lainnya, berenang gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan, dikombinasi dengan dorongan kaki bersamaan. Ketepatan irama sangat penting dalam akselerasi gerakan ini.

4. Renang Gaya Punggung

macam macam gaya renang dan cara melakukannya
macam macam gaya renang dan cara melakukannya

Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Dari macam macam gaya renang diatas, yang paling banyak memiliki kompetisi lomba berdasarkan jarak renangnya adalah renang menggunakan gaya bebas, dengan jarak lomba 50 M, 100 M, 200 M, 400 M, 800 M (putri), 1500 M (putra).


Demikian artikel yang membahas macam macam gaya renang paling populer di Indonesia bahkan mungkin di negara negara lainnya juga sama, sejauh ini hanya 4 macam gaya renang paling terkenal yaitu, gaya bebas, gaya dada, gaya kupu kupu, dan gaya punggung.

Jika artikel ini bermanfaat menurut Kamu, mohon sekiranya untuk membagikan artikel ini dengan cara klik tombol berbagi atau share yang tersedia pada akhir postingan ini.

Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *