Unsur-Unsur Website

Kenali Unsur-Unsur Website & Penjelasannya [LENGKAP]

Posted on 83 views


Website adalah sekumpulan halaman web yang saling terhubung atau satu halaman web dan biasa diakses menggunakan suatu browser serta sudah terkoneksi jaringan sebelumnya.

Penggunaan website terdiri dari bermacam – macam jenis dan bisa ditujukan sebagai sarana pemberi informasi, perantara interaksi antar pengguna serta social media atau bahkan sebagai penyedia layaknya aplikasi. Contohnya adalah halaman website Wikipedia atau blog – pada umumnya yang biasanya berfungsi sebagai sarana berbagi informasi atau website social media seperti Facebook, Twitter dan lain – lain.

Dari sekian banyak jenis dan contoh website perlu diingat juga bahwa mereka pada dasarnya memiliki unsur – unsur tertentu. Pada kesempatan kali ini penulis bermaksud mengulas mengenai unsur – unsur yang ada dan wajib dalam setiap website. Langsung saja ulasan lengkap nya dibawah ini:

Unsur-Unsur Website

Sebenarnya ada banyak sekali unsur – unsur yang ada pada website, namun pada artikel kali ini penulis memberikan enam contoh yang paling penting dan sudah pasti harus ada dalam website yang anda buat.

Hal ini ditujukan agar memberi kesempatan pada para developer saling berlomba – lomba dalam memperkuat serta inovasi unsur – unsur yang ada dalam websitenya masing – masing.

1. Mobile Friendly

Unsur-Unsur Website

Yang pertama adalah Mobile Friendly, yakni sebuah istilah untuk sebuah dukungan kenyamanan serta kemudahan akses melalui perangkat telepon (mobile phone), tablet dan jenis gadget lainnya.

Pemakaian istilah ini biasanya lebih banyak ke website jenis blog karena kebutuhan informasi yang datang kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya unsur Mobile Friendly pada suatu website pengguna bisa mengakses dimana saja dan kapan saja karena hanya perlu menggunakan gadget yang mudah dibawa kemana – mana.

Sekarang juga sudah sangat ramai diperbincangkan penggunaan script HTML responsive. Maksudnya responsive disini adalah mendukung tampilan tidak hanya di PC namun juga di hampir semua gadget seperti handphone, tablet dan lain – lain.

2. Loading Website Cepat

Poin kedua ini juga menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh para pengelola website. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap masyarakat pasti mengharapkan tersedianya informasi secara mudah dan cepat. Penggunaan cepat disini juga termasuk ketika loading, setelah link website kita di klik (diluar unsur jaringan internet yang dipakai oleh konsumen).

Rata – rata website memerlukan waktu loading hanya dalam hitungan beberapa detik saja, namun ada juga yang memerlukan waktu sedikit lebih lama. Bagi konsumen tertentu bisa saja langsung berganti mengunjungi alamat website lain dengan isi yang serupa dan lebih cepat loading nya. Banyak hal yang harus diperhatikan agar loading website kita lebih cepat mulai dari penggunaan plugin yang kurang penting, optimasi image atau gambar, theme yang digunakan, dan masih banyak lagi.

3. SEO yang Bagus

SEO yang Bagus

Bagi anda yang menggunakan website untuk keperluan blogging tentunya sangat penting memiliki SEO (Search Engine Optimization) yang bagus.

Maksud dari Search Engine Optimization ini suatu tindakan untuk mengoptimalkan website anda bagi mesin pencari (search engine) bisa saja Google, Yahoo dan lain – lain, namun yang paling teratas tentunya Google. Ketika SEO pada website kita bagus maka akan memungkinkan ditampilkan di halaman teratas Google, dan tentunya juga akan memperbesar diklik oleh konsumen.

Agar SEO lebih optimal maka yang paling diperhatikan adalah konten dalam website kita. Sebisa mungkin kurangi adanya penulisan teks yang sama dengan website lain sehingga menimbulkan plagiat karena Google sangat sensitive akan hal ini. Selain itu kualitas informasi dan sistematika nya juga harus diperhatikan seperti heading, penggunaan backlink dan tidak lupa juga penggunaan plugin khusus SEO seperti Yoast SEO dan masih banyak lagi.

4. Layout

Unsur-Unsur Website

Layout website ini meliputi theme, template atau user interface yang menjadi daya tarik lebih bagi konsumen atau pembaca. Semakin baik layout yang digunakan tentunya akan semakin menambah kenyamanan, apalagi jika dilengkapi dengan fitur tambahan sesuai dengan topik website masing – masing.

Jika anda memakai CMS (Content Management System) seperti WordPress dan Blogspot biasanya sudah tersedia template free dan versi premium, atau bahkan juga bisa dimodifikasi dengan kemampuan coding website jika dapat melakukannya. Gambar dibawah adalah contoh layout website yang cukup menarik.

Di hampir semua website pasti mengandung menu navigasi yang bertugas mengelompokkan konten atau informasi yang ada pada website anda. Dalam satu website terkadang ada beberapa kategori atau bahkan setidaknya terdapat lebih dari informasi, dan dengan menu navigasi maka pembaca akan lebih mudah mendapatkan informasi yang diinginkan di website anda.

Contohnya dalam website anda membahas informasi mengenai Handphone dan Laptop maka dua kategori itu dapat dibedakan dengan menggunakan menu navigasi. Atau bahkan ketika anda ingin menjelaskan masing – masing merk juga bisa dengan adanya menu bertingkat. Penggunaan menu navigasi ini sebenarnya jadi satu lingkup dengan layout yang sudah dibahas sebelumnya. Namun untuk setting nya juga harus perlu diperhatikan agar dipastikan tidak ada bug.

6. Konten yang Informatif

Konten yang Informatif

Sempat dibahas juga sebelumnya untuk penggunaan konten yang informatif ini. Penggunaan konten yang informatif ini juga wajib diperhatikan karena menjadi salah satu unsur terpenting dalam website.

Search engine seperti Google sudah menerapkan logika sehingga mampu mengenali website berkualitas hanya dari konten nya, para pembaca pun juga pastinya mengharapkan informasi yang dicari dapat berkualitas dan pastinya dapat membantu kedepannya meskipun setidaknya hanya untuk memperkaya ilmu pengetahuan.

Sekian mengenai penjelasan tentang unsur-unsur website yang perlu diketahui terutama bagi pemula yang ingin membuat website. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *