Kenali 5 Penyebab Perasaan Tiba-tiba Tidak Enak dan Gelisah

Posted on 115 views


Pernah nggak sih kamu ngalamin perasaan tiba-tiba jadi nggak enak aja gitu? Padahal kamu lagi asik-asiknya kerja, main atau beraktivitas lain. Saat-saat seperti ini biasanya kita selalu berpikiran yang aneh-aneh dan negatif, bukan? Perasaan yang semacam ini juga membuat kita jadi khawatir berlebihan dan timbul rasa takut yang nggak jelas sumbernya.

Orang-orang yang merasakan perasaan seperti ini biasanya akan berkata ‘kok feeling aku nggak enak, ya..’. Kita yang merasakan perasaan semacam ini pun pasti juga berkata demikian. Nah, kira-kira apa sih penyebab perasaan tiba-tiba tidak enak ini? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

1. Firasat Buruk

Firasat buruk bisa menjadi penyebab perasaan tiba-tiba tidak enak yang dirasakan. Dan biasanya memang orang yang mendapatkan firasat buruk ini akan gelisah tanpa ia tahu penyebabnya dirinya jadi tak nyaman. Hal ini justru disadari setelah kejadian buruk atau musibah menimpa diri sendiri, keluarga atau orang-orang terdekat.

Firasat buruk yang membuat perasaan jadi tidak enak, gelisah dan tidak nyaman ini bisa dialami oleh siapa saja. Perasaan yang menjadi firasat bagi seseorang ini juga kerap datang pada seseorang agar bisa terhindar dari marabahaya. Misalnya saat ia akan berangkat ke suatu tempat namun hatinya merasa tidak tenang dan kaki berat melangkah hingga membatalkan untuk pergi.

Dan ternyata keputusan yang ia buat karena perasaan tak enak ini ternyata telah menyelamatkan dirinya dari insiden luar biasa seperti kecelakaan, terjebak kebakaran dan lain sebagainya. Jadi jika kamu memang sering mendapatkan firasat semacam ini, jangan diabaikan begitu saja ya.

Hal-hal semacam ini sering dialami seseorang seperti pertanda masak nasi gosong yang pernah menjadi firasat buruk bagi seorang istri yang ternyata suaminya mengalami kejadian yang mengenaskan dalam sebuah kecelakaan. Atau pertanda kelelawar masuk rumah yang sering dikaitkan dengan hal-hal negatif.

2. Gangguan Kecemasan

Penyebab perasaan tiba-tiba tidak enak juga bisa diakibatkan oleh gangguan kecemasan yang berhubungan dengan kesehatan baik biologis maupun psikologis seseorang. Faktor yang mempengaruhinya bermacam-macam, bisa karena serangan panik, neurosis, histeria, dan berbagai gangguan psikologis lainnya yang membuat seseorang terkadang merasa cemas, takut dan perasaan jadi tidak enak.

Meski terkadang terdengar sepele, kecemasan yang dirasakan jika tidak dikonsultasikan bisa berakibat semakin parah dan mengarah pada gangguan kejiwaan, terlebih jika perasaan tidak enak dan tiba-tiba menjadi rasa cemas yang berkelanjutan. Jika memang sering mengalaminya, sebaiknya segera konsultasikan pada ahlinya dan tidak berdampak buruk untuk psikologis ke depannya.

3. Terlalu Banyak Berpikiran Buruk

Kadang kala kita sering berpikiran buruk dalam menilai dan menerka sesuatu. Sering menghubungkan suatu masalah atau kejadian dengan hal-hal buruk sehingga dalam pikiran kita pun dipenuhi dengan hal-hal buruk. Pikiran buruk yang sudah tertanam ini bisa jadi penyebab perasaan tiba-tiba tidak enak saat tengah memikirkan sesuatu.

Jadi biasakanlah untuk mengusir berbagai pikiran negatif tersebut agar diri tidak merasa was-was. Sepertinya kamu juga harus tahu nih cara menghilangkan sifat baper yang berlebihan. Ketahui pula manfaat wudhu bagi psikologis yang ternyata bisa menghilangkan cemas dan membuat diri jauh lebih tenang.

4. Rasa Takut yang Berlebihan

Penyebab perasaan tiba-tiba tidak enak lainnya bisa disebabkan oleh rasa takut yang berlebihan dalam diri. Tanpa disadari rasa takut berlebihan membuat seseorang sulit menjadi tenang kala berhubungan dengan apa yang ia takutkan meski hal buruk tidak terjadi.

Misalnya saat seseorang takut sendirian, kala ia ditinggal sendiri dalam suatu ruangan yang padahal berada di lokasi yang ramai, hal ini juga bisa memicu perasaan orang tersebut jadi tidak enak. Padahal tidak ada yang salah jika ia tinggal sendiri, hanya saja rasa takut berlebihan telah mempengaruhi dirinya.

Untuk cara menghilangkan rasa takut berlebihan dalam diri tentu juga harus diketahui dulu penyebab takut berlebihan ini. Dengan begitu barulah bisa dilakukan upaya untuk membuat diri jadi lebih tenang saat perasaan itu datang. Ketahui pula cara menenangkan diri saat panik agar diri bisa lebih tenang.

5. Rasa Bersalah dalam Diri

Adanya rasa bersalah dalam diri juga bisa jadi penyebab perasaan tiba-tiba tidak enak yang dirasakan seseorang. Seseorang yang telah melakukan kesalahan meski tidak diketahui orang lain tetap saja bisa membuat dirinya dihantui rasa bersalah.

Hal ini membuat perasaannya jadi tak enak jika ingat dengan kesalahan yang telah ia lakukan. Terlebih lagi jika kesalahan tersebut mengakibatkan sesuatu yang fatal bagi orang lain. Rasa takut ketahuan juga dapat memicu perasaan tak nyaman itu muncul.

Itulah 5 penyebab perasaan tiba-tiba tidak enak yang dialami seseorang. Jika hal seperti ini sering kamu alami, tentu kamu perlu tahu cara menenangkan hati dan pikiran agar perasaan bisa kembali tenang.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *