Wajib Tahu Kelebihan dan Kekurangan Android Oreo 8.0

Posted on 766 views

Kelebihan dan kekurangan Android Oreo – Bagi kamu pecinta Android mungkin sudah menantikan update sistem operasi terbaru yaitu Android Oreo, jika sebelumnya kamu menggunakan Android Nougat maka ada kemungkinan smartphone yang kamu gunakan saat ini, mendapati update/upgrade ke Oreo.

Sebagian orang yang sudah nyaman dengan sistem operasi Nougat mungkin lebih memilih diam untuk tidak mengupgrade. Namun bagi sebagian orang yang senang dengan hal-hal baru, akan dengan senang hati untuk mengupgrade ke Oreo. Inilah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang kelebihan dan kekurangan Android Oreo.

Kelebihan dan Kekurangan Android Oreo
Kelebihan dan Kekurangan Android Oreo

Isu nya sebentar lagi akan keluar Android Pancake, nah sebelum Magenet membahas dan membuat artikel tentang Android Pancake, maka Magenet akan menjelaskan terlebih dulu sedikit tentang fitur terbaru dari Android Oreo yang tidak ada di Android Nougat.

 

Apa Saja Kelebihan Android Oreo

Ada beberapa kelebihan serta hal-hal baru yang tersedia didalam Android Oreo, yang sebelumnya tidak ada di Nougat. Seperti PIP (Picture in Picture), Notifications Dots, New Emoticon, dan lain sebagaianya. Penasaran? Simak penjelasannya sebagai berikut.

(UPDATE 14/09/2018)

1. Mode PIP (Picture in Picture)

kelebihan android oreo
Kelebihan Android Oreo

Sesuai namanya, yaitu gambar didalam gambar. Maksudnya kita bisa menonton sebuah film sembari membuka aplikasi lainnya. Misal menonton sambil membuka Whatsapp, Atau Line. Bahkan ketika melakukan video call menggunakan Whatsapp mode PIP ini otomatis terjadi, sehingga ketika kita menekan tombol Home yang terjadi adalah seperti gambar diatas.

Kelebihan dan kekurangan android oreo patut diperhitungkan dengan baik, namun menurut Magenet sendiri Android Oreo lebih banyak sisi positif atau kelebihannya. Untuk Saat ini Mode PIP hanya bisa terjadi pada beberapa aplikasi seperti, Youtube (Khusus Youtube Red), Whatsapp, dan VLC Media Player. Sejauh ini hanya 3 Aplikasi yang mendukung Mode PIP. Mungkin kedepannya akan lebih banyak developer yang mendukung Mode PIP.

2. Notifications Dots

Kelebihan dan Kekurangan Android Oreo

Seperti gambar diatas, Notifications Dots ini bermaksud untuk memunculkan notifikasi dari aplikasi tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Jadi kita bisa sedikit membaca tanpa harus membuka aplikasi. Cara mengaktifkannya cukup mudah, kamu tinggal klik dan tahan lama di aplikasi yang ini aku cek notifikasi dotsnya.

3. Google Play Protect

Google play protect ini melindungi Android kamu dari aplikasi-aplikasi berbahaya yang tersedia di google play store. Sehingga ketika ada aplikasi yang berbahaya tidak sengaja terinstal, maka google play protect akan otomatis aktif dan memberikan notif kekamu bahwa aplikasi tersebut berbahaya.

4. New Emotikon Android Oreo

Kelebihan dan Kekurangan Android Oreo

Android Oreo telah membuat emoji lebih fresh dan menambahkan beberapa emoji yang baru. Emoji ini bisa dimasukkan kedalam chat jejaring sosial, SMS, maupun Email.

5. Codec Audio Bluetooth High-Quality

Di Oreo bisa menggunakan headset nirkabel (tanpa kabel) versi terbaru yang menggunakan bluetooth dengan kualitas dan suara yang lebih bagus.

6. Baterai Lebih Hemat

Untuk segi penggunaan baterai, Android Oreo masih lebih hemat dari pada Android Nougat. Hal ini karena sistem dapat mengatur aplikasi dibackground dengan sangat baik.

7. Booting Lebih Cepat Dari Versi Sebelumnya

Di Android Oreo, jika Kamu melakukan booting, maka akan terasa lebih cepat dari versi Android sebelumnya yaitu Nougat. Jika tidak percaya Kamu bisa bedakan dan mencobanya sendiri, mungkin hanya memakan waktu sekitar 10-15 detik, atau bahkan kurang dari itu.

 

Bagaimana Dengan Kekurangan Android Oreo

(UPDATE 14/09/2018)

Mengingat adanya kelebihan tentu ada kekurangan tersendiri dari Andorid Oreo ini, seperti versi Oreo saat ini masih memiliki beberapa bug, tidak semua Android mendapatkan upgrade ke Oreo. Saat ini Android Oreo memiliki bug yang tidak begitu terasa mengganggu penggunanya.

Bug ini tidak memunculkan masalah yang serius, jadi jika ditanya apakah worth pindah dari Nougat ke Android Oreo ? Jawabannya adalah IYA, sangat worth. Kamu harus mencoba Android Oreo yang memiliki fitur fitur lebih keren dari Android Nougat, seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Sekian pembahasan Magenet tentang kelebihan dan kekurangan Android Oreo 8.0, semoga bisa dijadikan rujukan kamu untuk siap memilih antara mengupgrade ke Oreo atau tidak sama sekali.

Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *