Inilah 8 Kerugian Bekerja di Perusahaan Kecil

Posted on 58 views


Perusahaan menjadi tujuan banyak orang untuk melamar kerja, ada perusahaan kecil dan ada pula perusahaan besar. Di antara keduanya, mana yang kamu pilih untuk dilamar jika keduanya memberikan peluang yang sama untuk kamu bergabung. Bekerja di perusahaan kecil atau pun besar tentu ada bedanya.

Kalau di perusahaan besar banyak diminati orang karena sudah mendapat nama dan fasilitas untuk karyawannya sudah tersedia bahkan terbilang lengkap, lalu bagaimana dengan perusahaan kecil. Jika kamu melewatkan kesempatan bergabung dengan perusahaan besar karena ingin bergabung dengan perusahaan kecil, kamu harus simak dulu kerugian bekerja di perusahaan kecil ini yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

1. Masalah Keuangan Kantor Mungkin akan Sering Terjadi

Perusahaan kecil keuangannya belum tentu sebagus perusahaan besar. Di perusahaan kecil nantinya kamu mungkin akan menemukan masalah keuangan seperti modal habis, pembayaran dari klien yang tidak lancar hingga laba yang di dapat tidak sesuai dengan target. Sudah tahu belum ciri-ciri keuangan perusahaan yang sehat?

Belum lagi kamu juga harus siap menghadapi berbagai tagihan perusahaan yang tak bisa langsung terbayarkan karena perputaran uang perusahaan yang tidak lancar. Hal ini nantinya juga akan berpengaruh terhadap gaji para karyawan. Ini merupakan kerugian bekerja di perusahaan kecil yang bisa saja terjadi.

2. Struktur Organisasi Tidak Jelas

Kerugian bekerja di perusahaan kecil yang juga bisa kamu rasakan adalah kamu nantinya akan dituntut menjadi karyawan yang multitasking. Artinya kamu harus siap mengerjakan pekerjaan lain selain pekerjaan utama kamu. Hal ini bisa saja terjadi karena perusahaan tempat kamu bekerja tidak memiliki struktur organisasi yang tidak jelas. Sehingga kamu harus rela turut mengerjakan pekerjaan seharusnya tidak jadi pekerjaan kamu.

3. Fasilitas untuk Karyawan Mungkin Belum Lengkap

Jika kamu berharap bisa bekerja di kantor dengan nyaman di ruangan ber-AC, maka hal itu belum tentu bisa kamu dapatkan jika bekerja di perusahaan kecil. Yap, kerugian bekerja di perusahaan kecil adalah kamu harus siap menerima fasilitas kantor yang mungkin tak selengkap dan senyaman perusahaan besar. Ruangan kantor yang tidak begitu besar, tidak ada AC dan fasilitas lainnya yang belum tentu tersedia.

4. Standar Operasional Perusahaan yang Tidak Jelas

Bekerja di perusahaan tentu kamu membayangkan pekerjaan yang alurnya sudah jelas pada masing-masing bidang pekerjaan. Namun di perusahaan kecil biasanya alur kerjanya tidak beraturan. Dalam satu hari kamu bisa mendapatkan banyak perintah dari berbagai atasan. Inilah salah satu kerugian bekerja di perusahaan kecil dimana kamu harus ekstra sabar saat bekerja.

5. Tidak Terjamin Menjadi Karyawan dalam Jangka Waktu Lama

Kerugian bekerja di perusahaan kecil yang juga harus kamu tahu adalah tidak ada jaminan kamu bisa bekerja dalam jangka waktu lama di sana. Jika perusahaan kecil pada akhirnya tak mampu bersaing dengan perusahaan lainnya dan harus gulung tikar, maka artinya kamu pun harus mencari pekerjaan baru lagi. Padahal semua orang pasti menginginkan pekerjaan yang bisa ditekuni hingga tua nanti karena mencari pekerjaan baru itu nggak gampang, apalagi kalau usia sudah terbilang tak lagi muda.

6. Sulit Menaiki Jenjang Karir

Jika pada perusahaan besar telah disediakan jenjang karir untuk para karyawan yang berprestasi, maka di perusahaan kecil kamu belum tentu mendapati hal ini. Bukankah ini suatu kerugian bekerja di perusahaan kecil jika kamu ingin sukses dalam berkarir di dunia kerja?

7. Gaji Belum Tentu Besar

Satu lagi kerugian bekerja di perusahaan kecil adalah masalah gaji. Gaji yang kamu terima di perusahaan kecil belum tentu besar. Hal ini karena perusahaan kecil harus menyesuaikan anggaran dengan pengeluaran perusahaan. Meski ada perusahaan kecil yang memberikan gaji besar, tapi itu hanya untuk beberapa posisi tentunya.

8. Kurang Mendapat Pelatihan

Untuk menambah ilmu, pengetahuan, wawasan dan meningkatkan kualitas karyawan, perusahaan besar akan mendanai para karyawannya untuk mengikuti berbagai pelatihan. Dan di perusahaan kecil kamu belum tentu mendapatkan pengalaman berharga ini. Tak jarang kamu harus belajar secara otodidak untuk menguasai ilmu baru.

Itulah 8 kerugian bekerja di perusahaan kecil yang harus kamu tahu sebelum memutuskan bergabung. Gimana, masih bingung pilih perusahaan besar atau kecil? Jawabannya tentu ada dalam diri kamu sendiri karena terkadang kita bekerja pada suatu perusahaan bukan karena keinginan melainkan karena kesempatan.

Simak juga berbagai alasan logis pindah kerja jika kamu ingin segera pindah tempat kerja dan ketahui pula alasan seseorang menjadi wirausaha yang mungkin bisa menjadi motivasi untuk diri kamu mulai membuka usaha sendiri. Kalau kamu baru saja pindah tempat kerja, ketahui cara agar betah di tempat kerja baru dan ketahui pula berbagai penyebab malas kerja serta profesi yang biasanya uangnya banyak.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *