hilman

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10s!

Posted on 74 views


Kelebihan Samsung Galaxy A10s

Samsung Galaxy A10s memiliki beberapa kelebihan yang terbilang oke di kelasnya. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh HP ini? Simak poin kelebihannya berikut ini.

1. Dua Kamera Belakang Cukup Oke

kamera samsung galaxy a10s

Samsung Galaxy A10S datang dengan dua kamera belakang. Kehadiran dua kamera belakang patut diapresiasi mengingat seri sebelumnya, dalam hal ini, Samsung Galaxy A10s hanya menawarkan satu kamera belakang.

Adapun, kamera belakang di ponsel ini terdiri dari kamera utama 13 MP dengan bukaan f/1.8 yang memiliki fitur autofocus dan kamera 2 MP untuk depth sensor. Kameranya ini mendukung rekaman video sampai 1080p. Lantas, bagaimana kualitas kameranya? Simak contoh foto hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini.

Terlihat kalau hasil tangkapan kamera belakang HP ini tidak terlihat buruk. Cukup lumayan untuk kelas harganya. Seperti yang dilansir Carisinyal dari Technologue, kamera dari Samsung Galaxy A10s ini dapat menghadirkan foto dengan hasil yang sudah bisa mencukupi kebutuhan pengguna. Selain itu, aplikasi kamera bawaan dari ponsel ini juga tergolong optimal.

Tabloidpulsa, situs teknologi ternama, mengatakan kalau kamera ponsel ini memiliki bukaan lensa yang besar yang dapat menyerap cahaya lebih banyak. Efeknya, kamera ponsel ini dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi meski di kondisi kurang cahaya. Tentu saja hal ini menegaskan kalau kualitas kamera belakang ponsel ini tergolong bagus. Tapi ingat, bagus untuk kelas harganya.

Samsung Galaxy A10s hadir dengan kamera depan 8 MP. Kamera ini tergolong bagus untuk kelas harganya. Untuk selfie cukup oke. Kalau menurut Tabloidpulsa, kamera depan Samsung Galaxy A10s ini lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Hal ini berarti, kamera depan Samsung Galaxy A10s lebih baik jika dibandingkan kamera Samsung Galaxy A10.

3. Layar Lebar Infinity V

Samsung Galaxy A10s datang dengan layar 6,2 inci. Layarnya ini menawarkan resolusi 720 x 1520 piksel dengan rasio 19:9. Sementara untuk kerapatan layar, ponsel ini memiliki kerapatan layar 271 ppi. Layarnya sendiri hadir dengan layar penuh dengan notch di bagian atas yang Samsung sebut sebagai Infinity-V Display.

Untuk panel layarnya, panel layar yang digunakan adalah PLS TFT. Bagaimana kualitas layar PLS TFT ini? Menurut channel Youtube Jagat Review, tampilan layar ponsel ini bagus. Layarnya cerah dan mirip dengan panel layar IPS. Tabloidpulsa juga memuji kualitas layar ponsel ini. Menurut mereka, layar ponsel ini menghadirkan kualitas layar yang tajam dan apik.

4.  Daya Tahan Baterai Oke

baterai samsung galaxy a10s

Samsung Galaxy A10s dibekali baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai yang memang belakangan jadi standar, termasuk di kelas harga Rp1 jutaan. Lantas, seberapa lama daya tahan baterai ponsel ini?

Kalau berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Jagat Review, ponsel ini bisa bertahan sampai 15 jam 38 menit. Sementara untuk internetan non-stop, ponsel ini bertahan sampai 16 jam 41 menit. Hasil tersebut menunjukan jika daya tahan baterai ponsel ini tergolong lumayan lama.

5.  Performa Lebih Baik Dibanding Pendahulunya

SAMSUNG GALAXY A10S

* sumber: technologue.id

Samsung Galaxy A10s dibekali dengan chipset Mediatek MT6762 Helio P22. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 yang dikombinasikan dengan GPU PowerVR GE8320. Untuk RAM, ponsel ini dibekali dengan RAM 2 GB. Lalu, bagaimana performa dari ponsel ini? Silakan simak benchmark dari Samsung Galaxy A10s berikut ini.

benchmark samsung galaxy a10s

* sumber: technologue.id

Tampak kalau berdasarkan PCMark Work 2.0, ponsel ini mendapat skor 4.622. Sementara untuk pengujian dengan menggunakan Antutu, skor yang didapatkan adalah 71 ribuan. Benchmark ini dilakukan oleh tim Technologue.id.

Berdasarkan pengujian mereka terhadap ponsel ini, didapatkan performa kalau ponsel ini bisa menjalankan aplikasi ringan secara bersamaan. Hanya saja, ketika membuka banyak tab saat internetan maupun main gim, performanya menurun.

Memang performanya bukan yang terkencang tetapi untuk kelas harganya, performa dari Samsung Galaxy A10s ini masih terbilang oke. Terlebih jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A10, performa ponsel ini lebih baik.

Pasalnya, Samsung Galaxy A10s hadir dengan chipset yang dibangun dengan proses fabrikasi 12nm. Sementara Samsung Galaxy A10 dibekali Exynos 7884 yang dibangun dengan proses fabrikasi 14nm.

6.  Kehadiran Sensor Sidik Jari

fingerprint samsung galaxy a10s

Samsung Galaxy A10s sudah dibekali dengan sensor biometrik face unlock dan fingerprint. Kehadiran fingerprint atau sensor sidik jari di ponsel ini patut diapresiasi. Pasalnya, di seri sebelumnya, Samsung Galaxy A10, tidak ada sensor sidik jari dan hanya mengandalkan sensor membuka wajah. Karena itu, tentu kehadiran sensor sidik jari di ponsel ini patut diapresiasi.

7.  OneUI

oneui samsung galaxy a10s

* sumber: technologue.id

Samsung Galaxy A10s dibekali dengan sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka OneUI. OneUI ini merupakan antarmuka yang menarik dan memberikan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. OneUI juga menghadirkan tampilan transisi menu yang tergolong lancar.

Selain itu, ada banyak fitur menarik dari OneUI seperti dual messenger yang memungkinkan pengguna menggunakan dua akun untuk aplikasi chat. layar. Hal yang disayangkan adalah tidak hadirnya Bixby di OneUI ini. Tapi ketidakhadiran Bixby ini masih bisa dimaklumi karena bukan fitur yang tergolong sangat dibutuhkan.

Samsung Galaxy A10s hadir dengan beberapa kekurangan yang membuat HP ini terasa kurang layak dibeli. Apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy A10s ini? Berikut tiga  poin kekurangan dari Samsung Galaxy A30s.

1. Desain Tidak Mengalami Peningkatan

SAMSUNG GALAXY A10S

Samsung Galaxy A10s datang dengan desain yang tergolong kurang menarik. Mengapa kurang menarik? Karena desain yang ditawarkan Samsung Galaxy A10s serupa dengan Samsung Galaxy A10. Hal ini membuat sektor desain ponsel terasa tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya.

Artinya, tidak ada peningkatan dari sektor desainnya. Kalau desain ponsel Samsung Galaxy A10 menarik, tentu tidak akan masalah mempertahankan garis desain ponsel ini. Yang jadi masalah karena desain ponsel ini terasa kurang menarik jika dibandingkan desain dari kompetitor di kelas harga yang sama.

2. Mudah Meninggalkan Sidik Jari

SAMSUNG GALAXY A10S

Desain yang kurang menarik dari Samsung Galaxy A10s juga berpengaruh pada satu hal, yakni mudahnya meninggalkan bekas sidik jari. Desain ponsel ini yang hadir dengan plastik polycarbonat. Menurut Tabloidpulsa, bahan desain plastik polycarbonat ini membuat ponsel dengan mudah meninggalkan bekas sidik jari.

3. Pengisian Daya Cukup Lama

SAMSUNG GALAXY A10S

Samsung Galaxy A10s memang memiliki daya tahan baterai yang baik. Sayangnya, untuk waktu pengisian daya tergolong lama. Seperti kata Jagat Review, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya ponsel ini adalah 3 jam lebih. Waktu yang tidak sebentar tentunya.

Simpulan

Samsung Galaxy A10s merupakan HP yang menarik untuk kelas harganya. Ponsel ini bisa dibilang lebih menarik jika dibandingkan Samsung Galaxy A10. Kehadiran dua kamera serta hadirnya sensor sidik jari tentu jadi nilai lebih. Jangan lupakan juga ponsel ini sudah menggunakan chipset yang lebih baik dan lebih efisien.

Samsung Galaxy A10s ini cocok digunakan untuk mereka yang membutuhkan ponsel Samsung di kelas harga terjangkau, yakni Rp1 jutaan. Tertarik dengan ponsel ini? Cek di sini untuk membeli HP ini di Bukalapak.

Oh iya, kalau Anda butuh referensi HP Samsung, silakan cek artikel-artikel, HP Samsung Terbaru, HP Samsung Terbaik, HP Samsung Termurah, dan HP Samsung dengan Kamera Terbaik ini, ya.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *