Ingin Cerai karena Mertua Ikut Campur? Sudah Coba 5 Solusi Ini?

Ingin Cerai karena Mertua Ikut Campur? Sudah Coba 5 Solusi Ini?

Posted on 61 views


Setelah menikah, artinya seorang wanita maupun pria tidak hanya harus menjalani hidup sebagai seorang istri dan suami tapi juga sebagai menantu. Tidak hanya belajar cara menjadi istri dan suami yang baik tapi juga harus belajar jadi menantu yang baik. Cukup banyak pertengkaran dalam rumah tangga yang terjadi karena ikut campur mertua dalam rumah tangga anaknya. Di mana mertua selalu ingin peraturannya diterapkan oleh anak menantu dalam rumah tangga mereka.

Dalam masalah menata rumah tangga, seharusnya tentu ini urusan suami dan istri sementara pihak ketiga hanya bisa memberikan nasihat dan masukan. Di saat kamu hilang kesabaran karena mertua yang selalu mencoba turun tangan pada banyak hal yang terjadi dan ingin bercerai, apa kamu yakin ini cerai karena mertua ikut campur jadi keputusan yang tepat dan benar-benar hati kecil kamu inginkan? Sebelum menyerah sebaiknya coba dulu deh beberapa solusi berikut ini.

1. Cari Solusi yang Paling Tepat dan Bijak Bersama Suami

Dalam hal ini suami pun jadi orang yang sangat berperan dalam mempertahankan rumah tangga, jadi bicarakanlah dengan suami perihal kebiasaan mertua yang selalu ingin ikut campur. Jika suami juga tidak suka dengan ikut campurnya orang tuanya, maka akan lebih mudah untuk menemukan solusi bersama.

Namun jika suami lebih mendukung sikap orang tuanya, maka sampaikan dengan terus terang bahwa kamu keberatan dengan aturan yang diterapkan mertua. Namun sampaikanlah dengan kepala dingin, hati-hati dan penuh kesabaran agar suami tidak tersinggung dan sebisa mungkin hindari ucapan yang menyakitkan hati karena bisa memicu suasana jadi makin keruh.

2. Ajak Suami Pindah Rumah

Memilih cerai karena mertua ikut campur memang kerap terjadi dan hal ini paling banyak dialami oleh mereka yang masih tinggal menumpang di rumah mertua. Memang, tidak semua mertua yang suka ikut campur dengan urusan rumah tangga anaknya dan tentunya ini merupakan ciri mertua yang baik, namun ada pula sebagian mertua yang gemar mencampuri urusan anak menantunya yang pastinya juga menjadi ciri-ciri mertua perusak rumah tangga.

Untuk menghindari perceraian saat situasi sudah tak lagi nyaman, ajaklah suami untuk pindah rumah dan hidup mandiri dengan keluarga kecil. Dengan hidup terpisah maka mertua pun tidak bisa ikut campur dalam banyak hal karena tidak lagi bertemu setiap hari.

3. Mintalah Suami Membicarakan Permasalahan Ini dengan Orang Tuanya

Cerai karena mertua ikut campur sebenarnya juga bisa dihindari jika suami juga mau menghargai pendapat istrinya. Jika suami mendukung, mintalah suami untuk berbicara pada orang tuanya agar tidak terlalu banyak ikut campur dengan masalah rumah tangganya. Akan lebih baik jika suami yang menyampaikan langsung pada orang tuanya ketimbang harus kita sendiri.

4. Mintalah Suami dan Mertua Menghargai Aturan dalam Rumah Tangga yang Kamu terapkan

Jika suami lebih pro pada orang tuanya, agar cerai karena mertua ikut campur bisa dihindari maka kamu juga harus berani menyuarakan pendapat dan keinginanmu. Tapi tetap dengan cara yang baik dan hormat pada orang tua ya! Karena tetap bersikap baik di depan suami merupakan salah satu tips menjadi istri yang baik dan disayang suami.

Sampaikanlah bahwa kamu juga memiliki aturan sendiri dalam membangun rumah tangga yang pastinya tidak sependapat dengan aturan rumah tangga mertua. Kamu bisa meminta suami untuk menghargainya karena ini adalah rumah tangga kalian berdua. Untuk mertua, kamu bisa menyampaikannya langsung atau bisa melalui suami.

5. Sabar dan Bertahan Jadi Solusi Akhir Selain Perceraian

Solusi akhir agar cerai karena mertua ikut campur tidak sampai terjadi adalah dengan sabar, sabar dan sabar. Sabar menjadi cara menjaga rumah tangga yang baik dan merupakan tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Jika kamu sabar maka kamu akan bisa bertahan hingga akhir. Sampai kapan sih mertua akan selalu ikut campur?

Dan tidak selamanya pula kamu akan tinggal di rumah mertua, bukan? Kecuali jika memang suami anak satu-satunya dan harus tetap bersama untuk menjaga orang tuanya. Di saat kamu mampu bersabar dan bertahan maka perlahan kamu akan jadi terbiasa dan bisa ‘mengabaikam’ omelan mertua yang suka ikut campur. Dan yang paling penting dalam cara mengatasi mertua bawel kita harus belajar dulu cara meredam emosi diri.

Nah, itulah 5 solusi agar kamu tidak jadi cerai karena mertua ikut campur. Kehadiran mertua memang bisa jadi penyebab suami istri sering bertengkar dalam rumah tangga namun bijaklah dalam menghadapinya. Kamu juga harus coba tips menjaga hubungan dengan mertua agar hubungan kalian terjalin dengan baik. Dan tidak ada salahnya pula jika kamu mencoba mengambil hati mertua dengan cara membahagiakan mertua.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *