Hal Penting Yang Wajib Dipersiapkan Dalam Merencanakan Pernikahan

Posted on 132 views

Persiapan pernikahan – Menikah merupakan langkah besar dalam menapaki fase lebih dewasa dalam kehidupan. Diperlukan persiapan mental yang baik, materi, dan berbagai macam hal lainnya. Tujuan dari persiapan ini agar dalam proses pernikahan sampai menjalani rumah tangga, Kamu tidak kaget dengan segala hal yang diluar ekspektasi.

Hal Penting Yang Wajib Dipersiapkan Dalam Merencanakan Pernikahan
Hal Penting Yang Wajib Dipersiapkan Dalam Merencanakan Pernikahan

Kebanyakan orang menaruh harapan begitu tinggi pada calon pasangannya. Padahal jika ekspektasinya terlalu tinggi akan berpotensi memberikan rasa kecewa yang sangat besar. Selain diri sendiri dan pasangan, hal lainnya seperti keluarga, finansial, dll juga wajib diperhatikan.

Hal Yang Wajib Dipersiapkan Dalam Merencanakan Pernikahan

Memang ketika menikah peran utamanya hanyalah Kamu dan pasangan. Namun peran lainnya juga sangat membantu Kamu dalam pernikahan. Jangan hanya berpikir bahagia saja jika hendak merencanakan pernikahan. Pikirkan juga bagaimana kehidupan setelahnya agar Kamu semakin dewasa. Berikut ini beberapa hal penting yang bisa Kamu persiapkan ketika merencanakan pernikahan.

1. Yakin Dengan Keputusan Dirimu

Meskipun sudah menjalin hubungan, Kamu perlu meyakinkan diri sendiri kembali. Pikirkan apakah benar Dia adalah sosok yang bisa menjadi pendamping Kamu, dan juga bagaimana Kamu akan berbagi hidup dengannya.

Pikirkan semuanya dengan matang. Jika memang sudah benar-benar dipikirkan, maka saatnya untuk melakukan langkah persiapan lainnya. Karena sudah memilih, Kamu harus bertanggungjawab dengan segala konsekuensinya.

2. Belajar Tidak Bergantung Dengan Pasangan

Menikah bukan berarti menuju jalan untuk bahagia. Namun menciptakan bahagia bersama-sama dari kekurangan dan kelebihan pasangan. Hal inilah yang membuat segala perencanaan pernikahan harus sematang mungkin.

Tidak semata persiapan pestanya. Namun persiapkan rencana pasca menikah. Belajarlah tidak bergantung sepenuhnya dengan pasangan agar Kamu bisa belajar lebih mandiri ketika sudah menikah.

3. Matangkan Ilmu Agama Dan Parenting

Menikah juga memerlukan bekal berupa ilmu. Bagi calon orang tua, ilmu agama dan perenting sangat diperlukan. sebab pernikahan yang baik adalah yang bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas.

Sebagai orang tua, tugas Kamu adalah mendidik anak-anak. Memang mendidik anak bisa melalui sekolah. Namun peran orang tua begitu penting dalam membangun kepribadian dan karakter anak-anak.

4. Siap Belajar Mengatasi Konflik

Pernikahan tidak melulu pada kebahagiaan saja. Di tengah pernikahan, Kamu pasti akan mengalami berbagai konflik. Maka sebelum menikah, tekadkan diri untuk mengatasi konflik. Jangan sampai berekspektasi terlalu tinggi. Sebab jika nantinya menghadapi konflik, Kamu akan merasa kecewa dan sulit mendapatkan solusinya. Maka sebelum terlambat, ubah ekspektasi Kamu terlebih dulu.

5. Lebih Dekat Dengan Keluarga Pasangan

Tidak hanya dengan pasangan, Kamu pun harus dekat dengan keluarganya. Sebab ketika menikah, hubungan Kamu tidak hanya pada pasangan saja. Melainkan sudah lebih khusus dengan keluarganya.

Maka dekatkan diri Kamu dengan keluarga pasangan. perkenalkan diri dengan citra yang baik agar restu bisa Kamu peroleh. Persiapan pernikahan pun lebih lancar jika mendapat dukungan dari keluarga pasangan.


Itu dia beberapa hal penting yang wajib dipersiapkan untuk melancarkan persiapan pernikahan Kamu. Semoga bermanfaat.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *