Fungsi Microsoft Publisher Beserta Kelebihannya (Lengkap)

Fungsi Microsoft Publisher Beserta Kelebihannya (Lengkap)

Posted on 115 views


Bagi anda yang pernah menginstall paket Microsoft Office pasti pernah mendengar istilah Microsoft Publisher. Meskipun kurang familiar bagi kebanyakan orang namun tanpa disadari Microsoft Publisher ini memiliki fungsi yang cukup vital.

Kebanyakan orang pastinya hanya memahami dalam paket Ms Office hanya menyediakan Word, Excel, Power Point, dan Acces saja padahal selain 4 hal itu masih banyak varian lain dari Ms Office yang memiliki fungsi sama pentingnya, salah satunya adalah Microsoft Publisher.

Salah satu penyebab mengapa Microsoft Publisher ini kurang dikenal adalah karena memang pada saat sekolah pun tidak termasuk dalam kurikulum yang diajarkan, dan perannya saat ini sudah tergantikan oleh software lain diluar Ms Office. Dalam artikel kali ini penulis akan mengulas lebih dalam mengenai Microsoft Publisher serta fungsinya sebagai bahan referensi atau barangkali anda tertarik ingin mencobanya. Langsung saja disimak ulasan lengkap mengenai fungsi Microsoft Publisher beserta kelebihan dan kekurangannya dibawah ini:

Fungsi Microsoft Publisher

tentang microsoft publisher

Sesuai dengan namanya Microsoft Publisher, mengambil dari kata publish yang berarti menerbitkan fungsi utamanya memang sebagai salah satu software Ms Office yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Desktop publishing merupakan suatu kegiatan pembuatan dokumen yang nantinya akan diterbitkan menjadi produk – produk seperti koran, katalog, brosur, majalah, kartu ucapan, poster, mading, kalender dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya fungsi diatas memang bisa menggunakan Microsoft Word atau bahkan Microsoft Power Point namun bersifat custom karena memang bukan fungsi utamanya. Dengan menggunakan Microsoft Publisher anda tidak perlu membuat template dari awal karena sudah disediakan pada masing – masing rencana pembuatan baik ketika akan membuat poster, kalender dan lain – lain. Jadi kemudahan tentunya akan lebih didapatkan dengan menggunakan Microsoft Publisher (karena memang fungsi utamanya sebagai desktop publishing) daripada varian Ms Office lainnya.

Fungsi Microsoft Publisher dan Kelebihannya

Seperti pada gambar diatas yang memperlihatkan salah satu pembuatan dokumen dengan Microsoft Publisher, disini anda sudah disediakan berbagai macam template dan anda hanya perlu memilih template yang cocok lalu kemudian diedit. Jadi untuk urusan design anda tidak perlu repot – repot karena sudah disediakan Microsoft Publisher, anda hanya perlu memikirkan konten atau isi pada dokumen yang dibuat. Dengan kemudahan itu tentunya akan semakin mengefisien kan segala macam pekerjaan anda dan penggunaan Microsoft Publisher ini pastinya cocok untuk kegiatan bisnis yang berhubungan dengan desktop publishing.

Sebelumnya sempat dibahas bahwa banyak orang kurang menyadari keberadaan software ini karena memang tidak pernah diajarkan di sekolah dank arena keberadaan software lain diluar Ms Office. Software itu adalah software yang memang bergerak dalam design semacam Corel Draw, Adobe Photoshop, dan lain – lain. Kebanyakan orang memang lebih memilih menggunakan software tersebut meskipun pada dasarnya harus mulai dari nol kecuali sudah menyediakan template sebelumnya. Dan dalam kurikulum pendidikan design pun tidak diajari karena memang pengajar lebih cenderung mengajarkan melalui software – software tadi.

Meskipun keberadaan software seperti Corel Draw dan Adobe Photoshop lebih mendunia, namun tetap saja masih ada sebagian orang yang masih konsisten dengan Microsoft Publisher dikarenakan kemudahan serta template yang sudah ada sehingga pekerjaan lebih efisien. Adapun jika tidak pernah diajarkan disekolah maupun kursus anda masih bisa menemukan tutorial Microsoft Publisher di internet atau kanal Youtube.

Kelebihan Microsoft Publisher

MS Office

Sebagai salah bagian dari Ms Office, Microsoft Publisher tentunya memiliki beberapa kelebihan selain tersedianya template dan efek – efek yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun juga tidak menutup kemungkinan masih ada kekurangannya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari Microsoft Publisher dalam hal desktop publishing :

  1. Sebagai alat bantu yang praktis untuk memilih gambar, anda hanya perlu impor gambar ke kanvas dan menukarnya kapan saja menggunakan fungsi drag & drop. Dengan menggunakan Microsoft Publisher anda tidak perlu repot – repot membuka banyak tab dan memilih gambar. Selain itu software ini juga banyak menyediakan banyak efek untuk menunjang penggunaan teks dan agar hasil publikasi anda tampak lebih professional.
  2. Selain itu dengan menggunakan Microsoft Publisher anda juga akan dimudahkan dalam personalisasi publikasi. Dengan mengusung tools canggih anda dapat lebih mudah melakukan personalisasi, salah satunya menggunakan mail merge untuk memasukkan foto dan link serta personalisasi publikasi anda seperti kartu, bulletin dan lain – lain.
  3. Hasil publikasi juga dapat disimpan di berbagai format bahkan dalam bentuk image menggunakan fitur “Save as Picture”. Fungsi ini juga dapat lebih mempermudah pengecekkan daripada harus disimpan menggunakan format bawaan dari Microsoft Publisher.
  4. Hasil karya yang dibuat juga dapat diconvert menjadi HTML dan dikirim via email sebagai kemudahan lain yang ditawarkan oleh Microsoft Publisher. HTML adalah Hypertext Markup Language dan merupakan bahasa untuk membuat halaman website.
  5. Dengan memanfaatkan fitur cloud dari Office 365 anda juga dapat menyimpan hasil publikasi pada online storage. Dengan menggunakan penyimpanan online ini dapat lebih mudah untuk saling mengawasi serta berkolaborasi yang melibatkan beberapa orang dalam satu pekerjaan.

Kekurangan Microsoft Publisher

  1. Kekurangan dari Microsoft Publisher sebenarnya tidaklah banyak namun cukup dikeluhkan oleh beberapa pengguna, yakni untuk mendapatkan versi aslinya tidaklah gratis. Mungkin memang banyak versi bajakan di internet namun tentunya fitur yang ditawarkan tidak seperti Microsoft Publisher versi yang berbayar (asli).
  2. Bagi pengguna Adobe Photoshop & Corel Draw mungkin akan kaget dan menganggap ketersediaan template dalam Microsoft Publisher ini sebagai batasan karena dengan software sebelumnya mereka bebas mengkreasikan template untuk pembuatan brosur, kartu dan produk lainnya.
Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *