Fungsi, Cara Kerja & Penggunaannya

Fungsi, Cara Kerja & Penggunaannya

Posted on 78 views


Pengertian NMAP

NMAP adalah singkatan dari Network Mapper yang merupakan sebuah tool atau alat yang bersifat open source. Alat ini hanya digunakan secara khusus untuk eksplorasi jaringan serta melakukan audit terhadap keamanan dari jaringan. Seseorang yang berjasa mengukirkan namanya sebagai penemu atau pencipta dari NMAP adalah Gordon Lyon. Ia berhasil membuat alat ini pada tanggal 1 September 1997 yang kemudian ia publikasikan melalui sebuah website yang memang menyediakan beragam artikel yang berkaitan dengan keamanan komputer.

Sebenarnya Gordon Lyon memiliki nama lain yang lebih dikenal dalam dunia perusahaan, yaitu Fydor Vaskovich. Sekedar informasi bahwa orang ini merupakan seorang yang sudah ahli dalam hal-hal yang berkaitan dengan keamanan komputer, penulis, dan juga merupakan seorang programmer open source. Selain menjadi seorang yang mengembangkan NMAP, Gordon juga diketahui merupakan pendiri dari Honeynet Project.

Sekedar informasi bahwa Honeynet Project merupakan sebuah organisasi yang bertugas melakukan riset tentang semau hal yang berkenaan denegan jaringan komputer. Sekarang NMAP sudah semakin berkembang dengan penambahan berbagai macam fitur yang membuat aplikasi ini semakin canggih.

Berikut ini kami sudah memiliki berbagai macam informasi lainnya yang masih ada kaitannya dengan NMAP. Informasi ini sangat berguna bukan hanya untuk orang awam yang belajar NMAP, melainkan untuk Anda yang sudah berpengalaman pun juga disarankan membaca informasi ini.

Fungsi NMAP

Pengertian NMAP dan Fungsinya

Lalu apakah Anda tahu apa fungsi NMAP? Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda semuanya tentang beberapa fungsi yang dimiliki oleh NMAP.

1. Digunakan untuk memeriksa jaringan

Fungsi NMAP yang pertama adalah sebagai alat untuk melakukan pengecekan pada jaringan. NMAP bisa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap jaringan besar dalam waktu yang singkat. Meskipun begitu, NMAP juga mampu bekerja pada host tunggal. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan IP raw yang berfungsi untuk menentukan mana host yang tersedia di dalam jaringan.

Selain itu, adanya IP Raw juga untuk mengetahui layanan yang diberikan yang di dalamnya memuat nama dan juga versi aplikasi, sistem operasi lengkap dengan versinya, dan juga apa saja jenis firewall atau paket filter yang digunakan. Dengan menggunakan NMAP, maka pengguna bisa memperoleh informasi yang lengkap tentang seperti apa jaringan atau host tersebut.

2. Melakukan scanning pada port jaringan

Fungsi kedua dari adanya NMAP adalah untuk melakukan scanning terhadap suatu port jaringan komputer. Port adalah nomor yang berguna untuk membedakan antara aplikasi yang satu dengan aplikasi yang lainnya yang masih berada dalam jaringan komputer.

Contohnya, sekarang Anda tinggal di Malang yang memiliki kode pos 65141, sementara teman Anda sekarang berada di Bandung dengan kode pos 40111. Kode pos tersebut yang nantinya bisa digunakan untuk membedakan antar aplikasi. Setiap aplikasi yang terpasang pada komputer harus memiliki port dan masing-masing port tersebut harus berbeda. Port tersebut juga bisa dianalogikan sebagai sebuah IP Address yang berperan dalam membedakan antara perangkat atau komputer satu dengan komputer yang lainnya.

Dengan menggunakan NMAP, maka seseorang bisa melakukan scanning terhadap port-port tersebut. Maka seseorang bisa mengetahui aplikasi mana saja yang terpasang pada suatu perangkat.

Cara Kerja NMAP

Pengertian NMAP dan Cara Kerjanya

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda semuanya tentang bagaimana cara kerja NMAP yang sebenarya cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan ketika Anda melihat atau mengamati cara kerja pengiriman data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa NMAP bekerja dengan mengirimkan paket menuju target dengan menggunakan IP raw yang memiliki cara kerja yang canggih sehingga bisa menentukan mana saja host yang aktif. Selain itu, NMAP juga melaksanakan bruteforce menuju port list yang dimilikinya yang nantinya akan dipakai di dalam menentukan status dari port host yang sedang aktif, baik itu dengan cara melakuka filter, close, maupun juga open.

Ternyata tidak sampai di situ saja kemampuan yang dimiliki oleh NMAP. NMAP juga diketahui mampu melihat sistem operasi apa dan lengkap dengan versinya yang digunakan atau terinstal pada suatu perangkat. Darimana NMAP mendapatkan informasi tersebut? Tentunya melalui port yang aktif atau open tadi.

Cara Menggunakan NMAP

Setelah Anda memahami tentang pengertian, fungsi, dan juga cara kerja dari NMAP. Anda juga harus tahu informasi yang juga tidak kalah penting yaitu tentang bagaimana cara menggunakan NMAP. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin menggunakan NMAP.

  • Pertama, Anda harus memeriksa port mana saja yang berstatus open alias terbuka. Caranya dengan mengetikkan nmap<host/IP target>.
  • Kedua, Anda juga harus memeriksa port secara lebih terperinci atau spesifik terhadap mesin target. Perintah yang harus Anda ketikkan adalah nmap -p <host/IP target>.
  • Ketiga, untuk melakukan pemeriksaan terhadap service yang sedang berjalan, maka ketikkan nmap – sV<host/IP target>.
  • Keempat, jika ingin melakukan pemeriksaan terhadap port mesin target di dalam satu segmen yaitu dengan mengetikkan nmap<host/IP target>.
  • Kelima, jika Anda hendak mengidentifikasi sistem operasi, maka Anda tinggal mengetikkan nmap -O <host/IP target>.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada Ana terkait pengertian NMAP beserta fungsi, dan bagaimana cara kerja, dan juga bagaimana cara menggunakan NMAP.

Kesimpulannya, NMAP merupakan singkatan dari Network Mapper yang digunakan untuk mengetahui aplikasi dan juga sistem operasi berdasarkan port-portnya.  Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa kia terapkan untuk mengetahui apa saja aplikasi maupun sistem operasi yang digunakan oleh perangkat.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *