Download FreeFileSync Terbaru 2019 (Free Download)

Download FreeFileSync Terbaru 2019 (Free Download)

Posted on 82 views


Download FreeFileSync TerbaruDeveloper: FreeFileSync
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 15MB

Beberapa file hanya perlu dibackup satu kali sehingga tidak begitu merepotkan untuk dilakukan dengan cara copy paste secara manual. Tapi untuk file-file lain yang harus dibackup secara rutin, backup secara manual akan membuat anda jenuh. Risiko lupa pun cukup tinggi. Untuk rutinitas tersebut lebih baik anda serahkan saja pada FreeFileSync.

FreeFileSync adalah software untuk sinkronisasi dan backup file. Sinkronisasi tidak dilakukan dengan menyalin file begitu saja, tapi dengan membandingkan dua folder terlebih dulu, lalu menyalin file-file yang mengalami perubahan ke folder tujuan. Cara kerja seperti ini membuat sinkronisasi menjadi jauh lebih cepat.

Fitur FreeFileSync

Download FreeFileSync Terbaru

Tampilan FreeFileSync

Pada dasarnya, anda bisa langsung menggunakan FreeFileSync secara apa adanya untuk menyinkronkan dua folder. Anda pilih folder sumber dan folder tujuan, klik tombol Compare, lalu klik tombol Synchronize. Kedua folder tersebut pun akan langsung disinkronkan.

Pada kondisi default, metode sinkronisasi yang digunakan adalah metode Two Way yang merupakan sinkronisasi dua arah. Perubahan apa pun yang terjadi pada salah satu folder akan selalu disinkronkan dengan folder lainnya. Dalam metode ini, terkadang folder sumber bisa berubah menjadi folder tujuan, dan begitu pula sebaliknya.

Metode lainnya yang tersedia adalah metode Mirror yang merupakan sinkronisasi satu arah. File-file baru atau yang sudah berubah di dalam folder sumber akan selalu disalin ke folder tujuan. Penghapusan file juga akan disinkronkan. Jadi, setiap kali anda menghapus file yang ada di dalam folder sumber, file yang sama juga akan dihapus dari folder tujuan.

Metode selanjutnya adalah metode Update yang cara kerjanya hanya menambahkan file ke dalam folder tujuan. Penghapusan file tidak akan disinkronkan. Dengan kata lain, jika anda menghapus file di dalam folder sumber, file tersebut masih akan tetap ada di dalam folder tujuan.

Untuk mengetahui apakah sebuah file sudah berubah atau belum, FreeFileSync membandingkan file berdasarkan pada isi, ukuran file, timestamp (cap waktu), atau berdasarkan pada isi file sekaligus ukuran file tersebut.

Download FreeFileSync Terbaru

Setelah FreeFileSync mendeteksi perubahan pada file, FreeFileSync akan menghapus file yang ada di dalam folder tujuan, lalu menyalin file yang sudah berubah tersebut dari folder sumber ke folder tujuan. Penghapusan file itu sendiri bisa dilakukan dengan memindahkan file ke recycle bin, menghapus file secara permanen, atau memindahkan file ke folder tersendiri. Cara yang terakhir ini disebut Versioning.

Versioning paling tepat digunakan untuk menyinkronkan dokumen penting yang terus-menerus diperbarui. Misalnya, skripsi. Anda bisa menyimpan beberapa versi atau satu versi saja, yaitu versi file yang terakhir sebelum file tersebut diperbarui. Dengan menyimpan file versi sebelumnya, anda akan selalu memiliki cadangan setiap kali anda melakukan kesalahan dalam mengedit dokumen. Download FreeFileSync terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *