5 Dilema Tinggal Di Rumah Mertua Bagi Seorang Istri

Posted on 95 views

Dilema tinggal di rumah mertua – Untuk beberapa alasan, setelah menikah masih tetap tinggal serumah dengan mertua. Bisa jadi karena keterbatasan ekonomi, sulitnya mencari tempat tinggal yang tepat, hingga alasan kesehatan mertua. Namun bagaimanapun nyamannya berada di rumah mertua, masih lebih nyaman lagi tinggal di rumah sendiri ketika sudah menikah, sebab akan muncul banyak dilema tinggal di rumah mertua.

5 Dilema Tinggal Di Rumah Mertua Bagi Seorang Istri

Ketika seorang istri masih satu atap dengan mertua, memang tidak semuanya memunculkan dilema, namun kebanyakan mengalami hal tersebut.

Mertua Tinggal Di rumah Kita

Jika memang memungkinkan, ada baiknya untuk tinggal terpisah. Sebab pernikahan juga menuntut seseorang untuk lebih mandiri. Di bawah ini beberapa ulasan mengenai dilema tinggal di rumah mertua bagi seorang istri.

5 Dilema Tinggal Di Rumah Mertua

Dilema tinggal di rumah mertua ini biasanya muncul karena ketidaksesuaian lingkungan rumah mertua dengan rumah orang tuanya. Rasa segan, malu, dan kurang bebas untuk berbuat sesuka hati juga memunculkan dilema. Sebagai istri, Kamu harus paham bagaimana konsekuensi jika tinggal bersama mertua.

1. Dihantui Rasa Segan Dan Malu

Meskipun sudah terikat pernikahan, tinggal bersama mertua rasanya berbeda dengan tinggal bersama orang tua. Pastinya ada rasa segan dan malu. Rasa tersebut sebenarnya manusiawi.

Kamu tidak lagi sebebas biasanya. Selain itu, rasa segan dan malu ini juga bisa dikarenakan ada anggota keluarga lainnya. Misalnya nenek pasangan atau ipar. Jika terus terjadi, rasa segan ini akan membuat hubungan Kamu dengan keluarga pasangan sulit akrab.

2. Takut Ingin Beristirahat Dan Bersantai

Jika di rumah sendiri, tidak ada masalah jika Kamu ingin mengulur ulur waktu mengerjakan pekerjaan rumah. Atau jika Kamu ingin bersantai sejenak pun tidak ada yang menegur. Namun jika di rumah mertua, keinginan melakukan hal tersebut akan menguap begitu saja.

Sebab Kamu akan mempertimbangkan bagaimana penilaian mertua jika Kamu melakukan hal tersebut. Padahal istirahat dan bersantai adalah hak semua orang. Bahkan bisa menjadi kebutuhan dan penghilang stress.

3. Sulit Untuk Menjadi Diri Sendiri

Saat tinggal bersama mertua, Kamu akan mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari bersikap, melakukan berbagai kegiatan di rumah, bahkan sampai mengerjakan pekerjaan rumah. Semuanya harus dilakukan secara teliti agar Kamu tidak menjadi bahan gunjingan mertua.

Hal ini akan membuat Kamu sulit menjadi diri sendiri. Memang menjaga sikap sangatlah baik. Namun jika terlalu berlebihan akan memberikan efek tertekan secara tidak langsung.

4. Mengatur Keuangan Rumah Tangga Lebih Sulit

Segala biaya kebutuhan rumah tangga tidak Kamu kelola sendiri. melainkan harus berbagi atau memberikan sepenuhnya kepada mertua. Bukan berarti Kamu tidak boleh memberikan uang kepada mertua.

Namun porsinya harus pas. Kamu berhak memiliki rincian keuangan rumah tangga pribadi. Dengan kondisi tersebut, mengatur keuangan pun menjadi lebih sulit. Bahkan bisa memicu konflik antara Kamu dengan mertua.

5. Mertua Cenderung Ikut Campur Masalah Rumah Tangga

Masalah rumah tangga adalah sebuah privasi. Sebaiknya jangan biarkan pihak lain masuk ke dalam masalah tersebut. Sebab penyelesaiannya akan jauh lebih rumit dan bahkan bisa memunculkan masalah baru lagi.

Termasuk jika mertua ikut campur. Kebanyakan mertua yang ikut campur terjadi karena Kamu tinggal satu atap dengannya. Kamu pun akan sulit bersikap dewasa dalam memecahkan masalah rumah tangga sendiri.

Jika memang kondisinya memungkinkan, ada baiknya untuk tinggal terpisah setelah menikah. Namun semuanya tergantung bagaimana kondisi agar penyelesaian persoalan lebih tepat dan bijak.


Itulah sedikit pembahasan tentang dilemma tinggal di rumah mertua bagi seorang istri, Semuanya kembali kepada diri Kamu lagi, apakah Kamu merasakan dilema tersebut atau tidak.

Vote Artikel, Apakah Bermanfaat ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *