Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Sampai Ke Akarnya Windows 7 8 10

Posted on 4 views

Ketika laptop diinstal banyak aplikasi, akan membuat kinerjanya semakin lemot. Karena RAM harus bekerja dengan lebih berat dari biasanya. Untuk membuat laptop bekerja dengan lancar, Kamu harus tahu cara uninstal aplikasi di laptop atau menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan. Terkadang ketika Kita membuka browser dari laptop, tiba tiba saja Kita mengunduh sebuah aplikasi yang tidak jelas, nah biasanya aplikasi ini yang akan membuat laptop atau komputer Kamu menjadi lemot, sehingga Kamu harus tahu bagaimana cara uninstal aplikasi di laptop Kamu. Aplikasi yang terlalu banyak tidak hanya membuat laptop lemot, tetapi juga menghabiskan ruang penyimpan. Berikut ini cara uninstal aplikasi di laptop sampai tuntas hingga ke akarnya.

Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Sampai Ke Akarnya Windows 7 8 10

Untuk cara menghapus aplikasi di laptop Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3 atau tidak menggunakan aplikasi sama sekali, tergantung keinginan Kamu bagaimana Kamu akan menghapus aplikasi tersebut. Di sini Aku akan menjabarkan 4 cara untuk menghapus aplikasi di laptop atau komputer Kamu. Nah salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ke 3, sedangkan ke tiga cara lainnya bisa Kamu gunakan tanpa aplikasi.

Cara Uninstal Aplikasi Di Laptop Windows 10

Cara uninstall aplikasi di PC khususnya pengguna Windows 10 bisa menggunakan Start Menu, nah caranya silahkan Kamu simak dibawah ini ya.

1. Melalui Start Menu

Start menu merupakan fitur di Windows yang digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi, folder dan lainnya. Bagian ini terdapat di pojok kiri bawah layar Windows Kamu. Cara menghapus aplikasi lewat start menu sangat mudah. Klik menu start menu, lalu cari aplikasi yang akan di uninstal. Klik kanan, nanti akan muncul beberapa pilihan menu seperti pin to start, more dan uninstal. Kamu bisa langsung memilih uninstal dan ikuti prosesnya. Cara ini hanya bisa dilakukan pada Windows 10. Untuk windows dibawahnya belum bisa uninstal melalui cara ini.

Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop Sampai Ke Akarnya

2. Melalui Control Panel

Cara ini yang paling mudah dan bisa dilakukan pada semua jenis Windows. Control panel merupakan komponen Microsoft Windows yang berisi berbagai pilihan menu untuk mengatur Sistem Windows. Untuk cara menghapus aplikasi di laptop dengan control panel, ikuti langkah berikut ini :

  • Ada beberapa cara masuk ke control panel yaitu klik menu search & cortana, shortcut tombol Windows + X, shortcut Windows + R kemudian ketik control panel, dibagian command prompt dan ketikan perintah control panel, atau klik start menu kemudian cari control panel.
  • Jika menu control panel sudah terbuka, pilih menu uninstall a program.
  • Akan muncul semua aplikasi yang sudah diinstal di komputer Kamu. Pilih aplikasi yang akan Kamu uninstal.
  • Klik uninstal dibagian atas.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai. Kini aplikasi Kamu sudah terhapus dari laptop.

3. Melalui Settings

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 8 selanjutnya bisa melalui settings atau pengaturan. Cara ini sangat mudah dilakukan, terutama untuk pengguna windows 10. Caranya ikuti langkah berikut ini :

  • Klik start menu kemudian pilih ikon setting.
  • Jika sudah terbuka, pilih apps.
  • Kemudian pilih apps & features.
  • Akan muncul aplikasi yang terdapat di laptop Kamu, pilih aplikasi yang akan di uninstall.
  • Tunggu sampai proses uninstallnya selesai.

Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop Hingga Benar Benar Terhapus

4. Melalui Aplikasi Revo Uninstaller

Jika ketiga cara diatas, tidak bisa menghapus aplikasi di laptop Kamu. Berarti Kamu harus menghapus menggunakan aplikasi pihak ke 3. Terkadang ada aplikasi yang sulit dihapus, cara menghapus aplikasi di laptop yang susah dihapus biasanya aplikasi tersebut mengandung virus. Salah satu aplikasi yang bisa Kamu gunakan adalah Revo Uninstaller. Aplikasi ini akan menghapus aplikasi Kamu sampai tuntas ke akarnya. Cobalah ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Download dan install aplikasi revo unsintaller di laptop Kamu.
  • Jalankan aplikasi tersebut, akan muncul semua aplikasi yang terdapat di laptop Kamu.
  • Kemudian klik ikon aplikasi yang akan di uninstall.
  • Klik uninstall yang terdapat di menu atas. Kamu juga bisa klik kanan kemudian pilih uninstall. Atau dengan double klik di aplikasi yang akan dihapus.
  • Selanjutnya revo uninstaller akan scanning mode. Pilih advances supaya aplikasi bisa langsung bekerja dengan baik, kemudian pilih scan.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Aplikasi revo akan memunculkan file yang masih tersisa di laptop Kamu.
  • Centang semua file tersebut kemudian pilih delete.
  • Jika masih ditemukan sampah, centang kembali dan hapus semua filenya.
  • Sekarang aplikasi tersebut sudah terhapus tuntas sampai ke akarnya.

Itulah beberapa cara uninstall aplikasi yang tidak bisa di uninstall yang bisa Kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *