Cara Mudah Membuat Kop Surat di Word, 5 Menit Beres

Posted on 272 views

Magenet.infoKop surat merupakan suatu hal yang penting dalam surat menyurat resmi karena menunjukkan eksistensi instansi terkait. Mengingat tingkat urgensinya, Kamu pun wajib mengetahui cara membuat kop surat di Word sebagai salah satu bekal keahlian dalam mengoperasikan Microsoft Word dasar.

cara membuat kop surat di word
cara membuat kop surat di word

Pada dasarnya, kop surat merupakan lambang identitas dari suatu perusahaan atau instansi, karena berisi nama lembaga, logo, email, alamat, nomor telepon dan segala yang berhubungan dengan identitas instansi. Tujuan penggunaan kop surat ini adalah agar penerima surat mengetahui dari mana asal surat tersebut dan Lembaga atau instansi mana yang mengirimkannya.

Cara Membuat Kop Surat Dengan Mudah

Bagi Kamu yang berkecimpung dalam instansi atau Lembaga pasti memahami pentingnya kop surat yang biasa disebut sebagai kepala surat ini. Kamu pun pasti memahami segala seluk beluk serta Teknik pembuatannya. Jika belum, Kamu wajib mempelajari cara membuat kop surat di Word  berikut ini:

  • Buka aplikasi Microsoft Word

Sebenarnya cara mudah buat kop surat di word tidaklah jauh berbeda, berapa pun versi Microsoft Word yang Kamu gunakan, entah 2007, 2010, 2013, ataupun yang terbaru yakni versi 2016. Tidak ada perbedaan secara signifikan mengenai runtutan cara pembuatannya, hanya saja beberapa menu dan tampilan mungkin akan nampak berbeda. Namun, pada dasarnya Kamu bisa mempraktekkan tata cara ini pada semua versi Microsoft Word yang ada. Yang pasti, hal pertama yang wajib Kamu lakukan adalah membuka aplikasinya.

  • Klik tab insert

Akan nampak beberapa pilihan menu yang bisa Kamu pilih. Klik menu Header yang berada pada urutan pertama kolom sebelah kanan. Kamu akan mendapati beberapa opsi dalam menu tersebut. Perhatikan kotak menu yang muncul tersebut. Lalu arahkan kursor dan klik pada pilihan Edit Header. Tampilan menu pada halaman kerja Kamu kurang lebih akan nampak seperti gambar di bawah ini.

cara membuat kop surat yang mudah
cara membuat kop surat yang mudah

Setelah Kamu mengklik tombol tersebut, akan terlihat garis putus-putus pada halaman kerja Kamu, dengan tulisan Header di sisi bagian kiri. Kamu tak perlu khawatir, karena ini berarti Header Kamu sudah aktif dan siap untuk diedit.

  • Selanjutnya, ketikkan tulisan untuk kop surat sesuai yang Kamu inginkan, contohnya nama instansi,alamat, nomor telepon dan website, seperti contoh di bawah ini.
cara membuat kop surat
cara membuat kop surat
  • Sisipkan logo

Dalam kop surat resmi, tentu Kamu perlu memasukkan logo instansi Kamu. Pastikan Kamu menggunakan gambar logo dengan tipe file PNG agar bisa dengan mudah disisipkan. Kamu bisa memulainya dengan membuka folder pada file Kamu yang berisikan file logo tersebut. Setelah itu, klik kanan pada bagian logo yang ingin Kamu gunakan, akan muncul kotak menu dengan berbagai pilihan. Klik pada pilihan Copy. Atau Kamu pun bisa langsung mengklik pada gambar logo yang Kamu inginkan, sambil jari-jari Kamu menekan tombol ctrl+C

  • Tekan ctrl+V pada halaman kerja yang sedang Kamu buat. Atau Kamu pun bisa klik kanan lalu pilih pilihan Paste pada layer.
  • Setelah logo berhasil Kamu sisipkan di halaman kerja, Kamu perlu mengatur posisi logo tersebut agar presisi dan enak dilihat. Pastikan logo tersebut aktif dengan mengklik satu kali pada gambar logo. Klik tab Format. Pilih menu Wrap Text. Akan muncul berbagai pilihan, pilihlah In Front of Text.

 

membuat surat di ms word
membuat surat di ms word

Nah, di sini Kamu bisa mengatur posisi dan komposisi logo tersebut agar tampak bagus dan sesuai dengan ruang yang tersedia pada halaman kerja.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Kamu akan mendapati hasil seperti contoh di bawah ini.

Pastikan Kamu telah mengatur teks, logo dalam posisi dan komposisi yang tepat. Jangan lupa untuk mengatur warna sesuai dengan ketentuan instansi tempat Kamu bekerja.

  • Klik kembali pada tab Design. Kamu bisa mengatur sendiri komposisi margin kop surat tersebut secara manual dengan mengubah angka yang terdapat pada kotak Header from
  • Jika semuanya sudah sesuai dengan yang Kamu butuhkan, tibalah kita pada langkah terakhir pada cara membuat kop surat di Ms Word Kamu tinggal menekan tombol Close Header and Footer yang mana terdapat tanda silangnya pada kotak berwarna merah.

Demikianlah runtutan pembuatan kop surat menggunakan aplikasi Microsoft Office Word secara manual. Namun jika instansi atau perusahaan Kamu mempunyai patokan tersendiri dalam pembuatan kop surat yang resmi tersimpan sebagai template, Kamu tinggal mengcopy kop surat tersebut. Lebih mudah bukan? Yang perlu Kamu lakukan tinggal copy desain yang sudah ditentukan pada bagian header, lalu simpan.  Seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini:

Nah, untuk membuat kop surat di bagian bawah, terutama jika sudah ada desainnya, Kamu tinggal klik menu Insert. Lalu pilihlah menu Footer. Kamu akan menemukan kotak menu yang kurang lebih sama dengan pembuatan header di atas, klik pada Edit Footer. Sama seperti dalam proses pembuatan header, akan muncul garis putus-putus yang menunjukkan bahwa Footer Kamu sudah aktif. Silahkan salin file Kamu pada bagian tersebut.

Nah sekarang kop surat Kamu sudah jadi. Semoga tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Rate/Vote ?
[Total: 1 Average: 5]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *