7 Tips Cara Meningkatkan Performa Game di Laptop

Posted on 208 views

Semakin hari, semakin banyak orang memanfaatkan laptop mereka untuk bermain game, dengan alasan lebih mudah dibawa kemana-mana. Namun, Kamu pun harus memperhatikan dan mencari cara meningkatkan performa game di laptop, karena pada kenyataannya performa laptop tak setangguh PC dalam hal gaming. Memang menggunakan laptop sebagai sarana gaming ini ada plus minus tersendiri.

cara meningkatkan performa game di laptop
cara meningkatkan performa game di laptop

Seperti telah dinyatakan di awal tadi, kebanyakan beralasan bahwa bermain menggunakan laptop lebih menyenangkan karena bisa dibawa kemana pun tempat yang kita inginkan, mau di bawah pohon, di sofa, di kamar tidur, atau bahkan café tempat nongkrong bareng teman-teman. Beda halnya jika Kamu menggunakan PC, Kamu tentu tak bisa menggotongnya ke sana ke mari lantaran berat, ribet, dan tentu saja menyusahkan.

Cara meningkatkan performa laptop untuk bermain game

Itu baru soal keefisienan, jika kita mau membahas lebih jauh soal performa, tentu saja PC masih menjadi juaranya. Bagaimanapun, PC alias computer desktop bisa leluasa diupgrade jika game dirasa semakin melambat. Sementara di laptop kita tak bisa sebebas itu melakukannya, karena memang perangkat yang tak mampu menopang atau memang penyimpanan yang kurang. Untuk menyiasatinya, berikut 7 cara meningkatkan performa game di laptop yang bisa Kamu coba terapkan:

1. Install driver grafis terbaru

Jika Kamu merasa benar-benar ketergantungan untuk bermain game di laptop Kamu, alangkah baiknya jika Kamu rajin update dan menginstall driver grafis terbaru. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja laptop Kamu ketika gaming. Jangan sampai Kamu terpaku pada driver bawaan atau versi lama alias karena Windows tidak mengetahui bagaimana menggunakannya di laptop Kamu secara maksimal.

Dalam beberapa kasus di lapangan, driver terbaru biasanya memberikan dukungan serta meningkatkan performa secara keseluruhan maupun dalam beberapa bagian game yang spesifik. Hal ini bisa terjadi lantaran saat kartu grafis versi lama dirilis, game yang Kamu gandrungi belum ada. Nah ketika game yang Kamu gandrungi tersebut sudah diluncurkan dan laris di pasaran barulah vendor bisa membuat driver yang cocok untuk optimasi game tersebut. Jadi, sejauh ini Kamu paham kan mengapa harus selalu update driver sesering mungkin?

Driver grafis yang biasa digunakan biasanya berasal dari 3 sumber ini, yakni Intel Graphic, Nvidia GeForce, dan AMD Radeon. Kamu bisa memeriksa sendiri jenis grafik yang digunakan di laptop dengan membuka tombol Search lalu ketikkan Device Manager, Kamu bisa melihat jenis kartu yang digunakan pada Display Adapters. Jika ingin mengupdate versi terbaru, Kamu bisa mengunjungi website resmi masing-masing pada tautan di bawah ini:

meningkatkan performa game laptop
meningkatkan performa game laptop

2. Mengatur Power Mode

Untuk mensiasati agar hemat daya, pengaturan power mode pada laptop gaming sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena Kamu pun harus mengantisipasi bahwa laptop Kamu tak bisa selalu terhubung dengan aliran listrik. Untuk mengakalinya Kamu bisa memanfaatkan Power Mode.

Di Windows 10 Kamu dapat meningkatkan performa dengan langsung mengklik ikon baterai yang berada pada layar kanan bawah. Setelah itu geser tampilan ke Best Battery Life atau Best Performance, tergantung yang Kamu inginkan. Dengan begitu, Windows akan paham bahwa mana yang perlu diprioritaskan. Tampilan indah dan performa baterai yang tahan lama memang jarang sekali bisa didapatkan secara bersamaan.

cara mengatur power mode untuk main game
cara mengatur power mode untuk main game

3. Mengaktifkan fitur Game Mode

Jika laptop Kamu sudah menggunakan Windows 10, Kamu tak perlu susah-susah memikirkan cara agar gaming Kamu diprioritaskan. Kamu bisa langsung mengaktifkan Game Mode yang bisa benar-benar mengoptimalisasikan fungsi laptop Kamu untuk bermain game.

Dengan mengaktifkan mode ini, laptop Kamu akan menyesuaikan sedemikian rupa sehingga menjauhkan Kamu dari notifikasi-notifikasi tak penting yang berasal dari aplikasi lain. Ditambah, Game Mode juga meningkatkan frame rate dari beberapa game.

cara mengaktifkan fitur game mode di laptop
cara mengaktifkan fitur game mode di laptop

4. Rajin melakukan maintenance terhadap Hard Disk

Pemeliharaan alias maintenance hard disk merupakan hal yang krusial dan wajib dilakukan terutama jika Kamu suka bermain game menggunakan laptop. Selain membersihkan debu dari sistem agar aliran udara lebih terjaga, Kamu juga bisa melakukan maintenance HDD dengan melakukan Defragment dan Optimisasi SSD secara berkala. Setidaknya hal ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Lakukan scan malware secara rutin untuk membersihkan resource di belakang layar.

5. Menggunakan DirectX versi terbaru

DirectX merupakan sebuah tool yang sebenarnya bertujuan untuk memfasilitasi para pengembang dalam membuat game di Windows. Tools ini biasanya bisa digunakan oleh para gamers untuk meningkatkan performa laptopnya.

agar laptop lancar main game
agar laptop lancar main game

6. Menutup aplikasi lain selama bermain

Hal terbaik yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan performa ketika bermain game dengan menggunakan laptop adalah dengan menutup semua aplikasi kecuali game yang Kamu mainkan. Hal tersebut bisa mengganggu performa laptop karena aplikasi yang sedang berjalan akan memakan resource RAM.

7. Membersihkan komponen internal laptop

Tips terakhir ini cukup penting namun membutuhkan keahlian khusus. Jika memang tips-tips di atas kurang bekerja maksimal pada laptop Kamu, ada baiknya Kamu membersihkan partisi laptop dengan membongkarnya. Namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati dan dilakukan oleh Kamu yang telah berpengalaman karena akan menggugurkan garansi laptop Kamu. Namun jika dilakukan dengan benar, hasilnya dijamin tak akan mengecewakan.


Nah, demikianlah uraian 7 cara meningkatkan performa game di laptop yang bisa Kamu coba praktekkan. Semoga berhasil.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *