Cara Menambah Memori Internal Android Dengan Mudah

Posted on 402 views

Cara menambah memori internal – Memiliki Android dengan sedikit memori memang menjadi masalah yang sedikit menyulitkan, apalagi bila hobi kita berfoto, membuat video, dan mungkin bermain game. Karena jika memori kita tidak cukup, maka akan sulit untuk menyimpan hal itu semua. Apalagi sekarang dari kebanyakan game harus menyimpan data game di dalam memori internal.

Internal memori di Android tidak akan bisa bertambah otomatis, namun bisa kita tambahkan secara manual sehingga memori internal Android yang sebelumnya seperti berukuran baju M, kini menjadi baju yang berukuran XL hehehe. Lantas bagaimana cara menambah memori internal Android, simak caranya sebagai berikut.

Cara Menambah Memori Internal Android
Cara Menambah Memori Internal Android

Untuk menambah memori internal di Android hal yang harus diperhatikan adalah bahwa Android kamu harus sudah di root terlebih dahulu. Karena jika belum di root maka langkah ini tidak akan berhasil, karena root itu melepaskan semua perintah keamanan sehingga kita bisa bebas ngapain aja pada hp Android kita.

 

Cara Menambah Memori Internal Android

Penambahan memori ini tidak perlu menggunakan komputer/pc cukup hanya dengan menggunakan Android saja dan tentunya harus sudah di root terlebih dahulu, jika sudah di root maka silahkan kamu simak cara menambah memori internal sebagai berikut.

  • Sediakan 1 buah Sd Card, saran tidak usah yang terlalu besar jika hp Android kamu versi lama cukup gunakan Sd Card yang 4 atau 8 gb saja. Namun jika model baru yang bisa gunakan yang 16 gb sudah cukup.
  • Format Sd Card atau bersihkan isi seluruh file, karena disini sebagian fungsi penyimpanan memori akan berpindah alih menjadi memori internal.
  • Setelah itu masukkan memori Sd Card kedalam Android namun dibagian pengaturan penyimpanan pilih Un-Mount External Storage. Atau maksudnya lepas memori dari dalam Android akan tetapi memori masih terpasang didalam Android hanya saja Sd Card ini sudah tidak terdeteksi lagi.
  • Berikutnya silahkan download aplikasi “Aparted”, dengan aplikasi ini kita bisa merubah memori Sd Card menjadi memori internal, aplikasi ini tidak tersedia di playstore. Maka untuk mendownloadnya bisa kalian kunjungi link berikut.
  • Silahkan download dan instal aplikasinya. Setelah berhasil terinstal selanjutnya kamu harus membuka aplikasi tersebut. Nanti kamu akan melihat tampilan kurang lebih seperti ini.
Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa PC
Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa PC
  • Setelah itu kamu pilih tab Create selanjutnya pilih tanda Tombol + yang berwarna hijau, silahkan kamu tambahkan Part 1, Part 2, Part 3. Cukup hanya 3 part saja, jangan ikutin gambar diatas karena itu hanya contoh gambar aplikasi saja.
  • Sekarang kita sudah punya 3 part, kamu lihat tulisan fat32? Nah untuk bagian Part 1 biarkan tetap menjadi Fat32, untuk bagian Part 2 silahkan kamu ubah menjadi Ext4, dan untuk Part 3 ubah menjadi Swap.
  • Setelah masing-masing Part sudah diatur, langkah terakhir tinggal mengatur jumlah memori yang akan menjadi memori internal dari penggunaan Sd Card.

 

Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa PC

Untuk langkah pengaturan berapa banyak yang harus dijadikan memori internal, kamu bisa lihat rekomendasi dari Magenet untuk jumlah memori yang akan kita ubah.

1. Part 1 (Fat32) : Sisakan 75% untuk Part 1 ini, gunanya agar memori Sd Card ini tetap bisa menyimpan file, data, video, foto, dan lainnya. Namun penyimpanannya sudah tidak 100% lagi, hanya tinggal tersisa 75%. Terus yang 25% lagi kemana? Untuk sisanya akan kita pakai di Part 2 dan Part 3

2. Part 2 (Ext4) : Setelah kita ambil 75% sebagai penyimpanan untuk Sd Card, selanjutnya hanya tersisa 25% saja untuk penyimpanan Sd Card yang bisa kita gunakan. Cukup atur 20% yang akan kita gunakan sebagai Part 2, gunanya adalah Part 2 inilah yang akan menjadi memori internal tambahan untuk perangkat Android kamu.

3. Part 3 (Swap) : Untuk sisa 5% digunakan sebagai Part 3 gunanya untuk meningkatkan kinerja ram agar semakin optimal dalam pengerjaan aplikasi.

Berikutnya setelah semua berhasil diatur sesuai dengan porsi masing-masing. Selanjutnya dibagian tab “Create” pilih “Apply Changes” dan selanjutnya pilih “OK” untuk setuju. Jika kamu belu Unmount Sd Card maka setelah langkah terakhir dan pilih “OK” maka akan timbul error yang meminta kamu untuk Unmount Sd Card terlebih dahulu.

Namun jika sebelumnya kamu sudah Unmount Sd Card, maka kamu akan berhasil dan Sd Card akan diproses untuk diubah, tunggu proses hingga berhasil 100%. Untuk melihat berhasil atau tidaknya, silahkan kamu pilih tab “Tools” setelah itu seharusnya disana sudah ada Part 1 (Fat32), Part 2 (Ext4), Part 3 (Swap) yang sudah teratur dengan masing-masing jumlah memorinya.

Dan selamat kini memori internal kamu sudah berhasil ditambahkan dengan mengambil 20% dari Sd Card. Dan itulah cara menambah memori internal Android dengan mudah.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *