5 Tips Cara Mempercepat Loading Blog

Posted on 278 views

Cara mempercepat loading blog – Membangun blog yang ringan dan cepat adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh semua blogger pemula tanpa kecuali. Apakah Kamu tahu Dengan memiliki blog yang cepat, tentunya dapat meningkatkan rangking di search engine, terutama di Google. Tidak hanya itu, dengan mempercepat memuat blog dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua orang yang mengunjungi blog Kamu.

cara mempercepat loading blog
cara mempercepat loading blog

Namun, beberapa orang tidak memperhitungkan kecepatan memuat blog Mereka karena Mereka cenderung menempatkan banyak iklan di satu halaman sehingga akan membuat memuat blog lebih lambat. Selain itu, kuota internet yang dikeluarkan akan lebih boros. Karena hal-hal di atas, blogger harus mempertimbangkan faktor faktor yang dapat membuat loading blog Mereka menjadi berat.

Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Mudah

Jika situs web Kamu adalah web dengan pemuatan yang berat. Jadi, disini Aku memiliki tips dan trik menarik untuk mempercepat pemuatan blog, kemungkinan besar akan berhasil dengan cara yang cukup mudah. Sebelumnya, Kamu harus tahu apa yang dapat memperlambat loading blog Kamu? Jadi sebelum tahu cara mengatasinya, Kamu harus tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Beberapa kemungkinan adalah karena gambar berukuran besar, banyak iklan di satu halaman, jenis template yang banyak, pilihan hosting yang salah, dan sebagainya. Karena itu, dari berbagai kemungkinan ini, mari temukan solusi dalam uraian di bawah ini, termasuk cara mudah dan berhasil dalam mempercepat / mengoptimalkan blog Kamu sehingga menjadi ringan.

1. Memilih Niche Yang Tepat Untuk Blog Kamu

Beberapa orang menyarankan memilih topik yang sesuai dengan kemampuan dan minat Kamu, yang lain menyarankan memilih topik yang banyak dicari di internet. Dan memang kedua pendapat itu ada benarnya. Tetapi ada saran bagus jika Kamu ingin mendapat uang dari Google Adsense maka memilih niche yang Kamu sukai dan tidak ada hubungannya dengan topik seputar blogging.

Karena memang sebenarnya topik atau niche terbaik adalah apa yang Kamu sukai dan kuasai. Namun, Kamu masih dapat menjelajahi judul atau topik lain yang sedikit lebih luas dan terkait dengan niche utama di blog Kamu. Niche dengan banyak kata kunci abadi akan menjadi pilihan terbaik bagi banyak orang untuk terus mencari sepanjang waktu.

2. Bangun Blog Yang Ramah Akan SEO

Cobalah untuk tidak menggunakan terlalu banyak fitur di halaman blog Kamu, terutama untuk pengguna WordPress. Umumnya penggunaan Plugin yang berlebihan dapat membuat proses loading di blog lebih lama. Tidak ada yang suka berlama lama menunggu untuk memuat blog, kan? Karena itu Kamu perlu memperhatikan standar blog Kamu, serta judul beranda, deskripsi, dan hal hal lain yang memengaruhi SEO.

3. Mengurangi Atau Mengecilkan Ukuran Dalam CSS

Kiat berikutnya adalah mengurangi ukuran CSS yang digunakan di blog Kamu sehingga akan lebih ringan dan secara tidak langsung mempercepat loading blog di situs Kamu. Kamu tidak perlu mengurangi ukuran CSS secara manual, karena metode ini sebenarnya akan memakan waktu yang sangat lama. Tetapi Kamu dapat mencoba mengurangi ukuran CSS dengan menggunakan situs CSS yang terkenal, misalnya, di csscompressor.com.

4. Kompres Ukuran & Size Gambar Sebelum Mengunggah

Akan lebih baik sebelum Kamu mengunggah artikel dengan lampiran gambar, coba dulu untuk mengompres gambar. Walaupun cukup rumit dan membutuhkan waktu. Tapi ternyata hasilnya bagus, selain bisa mempercepat loading blog, ini memungkinkan menghemat ruang pada setoran blog Kamu. Namun, menghilangkannya adalah lebih baik untuk tidak mengurangi ketajaman gambar sehingga sulit bagi pengunjung untuk melihatnya.

5. Batasi Jumlah Tayangan Iklan Dalam Blog Kamu

Terkadang ada blogger yang mulai beriklan secara membabi buta, inilah yang dapat membuat blog Kamu berkinerja buruk dan menjadi lambat. Saran yang bagus untuk tidak menaruh terlalu banyak iklan pada satu halaman, selain bisa memperlambat proses loading blog, juga dapat mengganggu pengunjung untuk dapat membaca konten tulisan Kamu dengan baik, hal yang dikhawatirkan adalah bahwa iklan tidak mendukung tetapi mengganggu pengunjung.


Demikian beberapa tips cara mempercepat loading blog Kamu dengan mudah. Semoga dalam beberapa hal ini dapat membantu kualitas blog Kamu lebih baik, terutama di tingkat kecepatan loading. Tak ayal jika blog Kamu memiliki performa yang cepat, pastinya pengunjung blog akan lebih nyaman dan bahkan ingin berkunjung lagi.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *