10 Tips Cara Membuat Windows Tidak Lemot Lagi

Posted on 436 views

Cara membuat windows tidak lemot – Tips agar pc tidak lemot bisa dilakukan dengan 10 cara yang akan Aku jelaskan secara rinci di artikel ini. Tips agar windows tidak lemot berfungsi supaya Kamu lebih dapat memaksimalkan penggunaan waktu ketika menggunakan laptop atau pc. Karena jika windows terasa lambat akan membuat kesal pengguna, oleh karena itu silahkan simak cara membuat windows tidak lemot.

cara membuat windows tidak lemot
cara membuat windows tidak lemot

Ada berbagai cara membuat windows tidak lemot yang bisa ditempuh, bisa menggunakan tools pihak ketiga atau tidak, itu semua tergantung pilihan Kamu. Tapi Aku disini akan menjelaskan semua cara yang aku ketahui agar pc tidak lemot ketika membuka program dan menjalankan sebuah program.

Apasih Yang Membuat Windows/PC Lemot

Ada banyak faktor yang membuat sebuah windows atau pc menjadi lemot, seperti files download, temporary internet files, thumbnails, recycle bin, temporary files, ini semua adalah file file yang hanya bisa dibersihkan menggunakan beberapa cara saja atau menggunakan tools pihak ketiga.

Selain dari segi files tersebut, dari segi windows yang jarang diupdate juga memberikan dampak yang cukup serius kepada pc atau windows Kamu sehingga membuat windows terasa lemot. Jadi Kamu juga harus memperhatikan windows update Kamu ya.

10 Cara Membuat Windows Tidak Lemot

1. Melakukan Disk Cleanup Agar PC Tidak Lemot

tips agar pc tidak lemot
tips agar pc tidak lemot

Penyebab pertama yang akan Kita bahas adalah dari segi space harddisk yang mulai penuh, untuk membersihkan ini Kamu tidak perlu menggunakan software tambahan, cukup menggunakan software default atau built it yang disertakan dalam windows.

Nama software windows ini adalah Disk Cleanup, nah cara mengakses software ini sebagai berikut:

  • Tekan Winkey + R.
  • Nanti muncul Run.
  • Ketik “cleanmgr“.
  • Tekan Enter.
  • Pilih Disk C atau Disk D.
  • Setelah itu tunggu proses hingga selesai.
  • Baru mulai bersihkan dengan cara Ceklis folder yang ingin dibersihkan.
  • Dan terakhir klik Ok.

2. Menggunakan Software CCleaner dan Pembersih Registry

Tips agar pc tidak lemot bisa dibersihkan menggunakan software gratis yaitu CCleaner, software ini hampir mirip dengan Disk Cleanup yang membedakan adalah CCleaner bisa membersihkan sampah sampah dari software lain. Contohnya adalah cache dari browser seperti Firefox, Google Chrome atau bahkan software lainnya.

CCleaner juga memiliki fasilitas registry cleaning, hanya saja Aku sangat tidak menyarankan untuk melakukan registry cleanup apabila Kamu kurang pengalaman mengutak-atik registry.

3. Agar Windows Tidak Lemot Dengan Defrag (Kecuail SSD)

Kelemahan windows adalah fragmentasi file yang terpecah sehingga membuat semakin lambat untuk diakses. Solusi untuk fragmentasi file dengan melakukan defrag kepada harddisk yang sudah terfragment cukup parah. Defrag bisa Kamu lakukan sebulan sekali untuk menjaga kecepatan write and read harddisk.

Untuk sebuah SSD tidak perlu dilakukan defrag karena SSD menggunakan flash memory sehingga tidak perlu dilakukan defrag pada SSD.

4. Antivirus Tidak Diperlukan

tips agar windows tidak lemot
tips agar windows tidak lemot

Sekarang para pengguna windows 10 tidak perlu lagi menginstall sebuah antivirus pihak ketiga, karena pada dasarnya windows 10 sudah memiliki sebuah antivirus yang bermana Windows Defender/Security Essentials. Jadi jika Kamu tetap menginstall sebuah antivirus hanya akan membuat window menjadi lemot.

Pasalnya antivirus sering sekali membuat pc menjadi lemot, dan misalnya Kamu bukanlah tipe orang yang suka membuka link url yang tidak jelas, file attachment yang tidak jelas, flash drive sembarangan maka Kamu tidak perlu menginstall sebuah antivirus karena Kamu suka bermain aman.

5. Menggunakan Bleachbit Software

Sama halnya seperti CCleaner, Bleachbit adalah sebuah software pembersih yang murni gratis, Bleachbit juga memiliki opsi yang jauh lebih komperehensif jika dibandingkan dengan CCleaner. Jika ditanya bagus pakai CCleaner atau Bleachbit? Maka lebih bagus pakai Bleachbit karena memiliki opsi yang lebih mendalam.

Jangan menggunakan sekaligus keduanya, karena akan memberikan dampak excessive. Cukuplah gunakan salah satu aja yang dirasa paling bisa Kamu pahami penggunaannya.

6. Aplikasi Spybot Search & Destroy

Spybot S&D adalah aplikasi atau software untuk mengurangi resiko terkena malware dan virus, Spybot S&D memiliki fasilitas scanning dan juga imunisasi permanen yang menggunakan hostfile dari windows agar situs terjangkit malicious tidak bisa dibuka di pc Kamu.

Untuk scanning bisa dilakukan 1 bulan sekali, selain itu Spybot juga memiliki fitur real time scan, tapi Aku lebih rekomendasi untuk tidak menggunakan fitur real time scan dari Spybot S&D.

7. Update Windows Secara Rutin Agar Windows Tidak Lemot

cara membuat windows tidak lemot

Windows perlu dilakukan update agar pc Kamu selalu berada pada fitur dan versi terbaru, walaupun terlalu banyak saran dari internet untuk menentang tentang update windows. Tapi menurut Aku cukup penting untuk melakukan update windows secara rutin agar pc atau windows Kamu tetap stabil dan aman dari berbagai serangan malware.

8. Spywareblaster Tools

Sama seperti Spybot S&D, dimana Spywareblaster dapat memblokir situs situs jahat secara permanen. Spywareblaster hanya memiliki fungsi untuk memblokir situs jahat, tools ini bisa digunakan sebagai suplemen/tambahan dari penggunaan Spybot S&D.

9. Uninstall Software & Game Tidak Terpakai

Uninstall software bisa menjadi salah satu cara membuat windows tidak lemot, beberapa software atau game menginstall resident app (seperti pengecek lisensi, DRM dan lainnya). Tanpa Kamu ketahui bahwa resident app ini berjalan di background dan mengkonsumsi RAM, oleh karena itu tips agar windows tidak lemot adalah uninstall software dan game yang tidak diperlukan lagi.

10. Update Driver Secara Berkala

tips agar pc tidak lemot

Nah kalau Kamu seorang gamer sudah pasti harus rutin untuk update driver VGA, tapi jangan lupa bahwa driver lainnya juga tidak kalah penting untuk dapat memaksimalkan kecepatan windows Kamu agar tidak lemot. Rajinlah untuk cek situs vendor hardware/komponen pc Kamu, rajin cek ke websitenya buat lihat apakah ada driver baru atau tidak.

Atau Kamu bisa update driver melalu device manager dan klik kanan pada driver dan pilih update driver dari sana, seringkali cara ini udah cukup untuk dilakukan.


Nah sekian dulu pembahasan Kita tentang cara membuat windows tidak lemot, semoga tips agar windows tidak lemot ini bisa Kamu terapkan dan memberikan efek atau hasil yang cukup memuaskan ya.

Rate/Vote ?
[Total: 1 Average: 1]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *