2 Cara Membuat Akun Microsoft Dengan Sangat Mudah

Posted on 182 views

Artikel ini akan menjelaskan mengenai cara membuat akun Microsoft dengan sangat mudah, yang dapat Kamu lakukan sendiri dalam hitungan menit tanpa perlu beranjak dari kursi yang Kamu duduki. Sebelumnya, mari mengenal terlebih dahulu mengenai Microsoft Windows dan mengapa kita perlu mempunyai akun Microsoft sendiri.

cara membuat akun microsoft windows
cara membuat akun microsoft windows

Microsoft Windows merupakan sistem operasi besutan Microsoft Corporation yang senantiasa update untuk memberikan layanan terbaik bagi penggunanya di seluruh dunia. Sistem operasi ini seringkali menjadi rujukan pilihan bagi mereka yang menginginkan fitur yang mudah, user friendly sekaligus terjangkau. Karena memang pada dasarnya harganya lebih murah jika dibandingkan sistem operasi serupa besutan kompetitornya, yakni Mac OS.

Lalu mengapa Kamu perlu membuat akun Microsoft? Jawabannya sederhana, karena harus. Ya, Kamu harus menggunakan akun Microsoft untuk dapat mengoperasikan system operasi Windows terbaru yakni Windows 10. Walaupun terkesan merepotkan sebenarnya hal ini pun banyak memberikan keuntungan kepada Kamu, karena semua akun dan data akan terintegrasi dalam satu akun. Artinya Kamu dapat mengakses produk-produk Microsoft, mulai dari email, Skype, OneDrive, atau pun layanan Microsoft lainnya menggunakan satu akun ini. Lebih mudah bukan?

Nah, langsung saja kita menuju pada intinya, berikut ini akan diuraikan cara membuat akun Microsoft dengan sangat mudah menggunakan 2 alternatif cara. Kamu bebas memilih menggunakan cara yang mana saja.

Cara Membuat Akun Microsoft di Windows

Menggunakan email yang disediakan oleh Microsoft

Menggunakan email yang disediakan oleh Microsoft berarti Kamu wajib terlebih dahulu membuat email melalui Microsoft. Bagaimana caranya? Tenang saja, cara membuat akun Microsoft dengan sangat mudah ini tidak akan membuat Kamu kerepotan kok. Berikut ini merupakan urutannya:

  • Buka halaman browser Kamu, entah Kamu mau membukanya menggunakan PC atau langsung di Android Kamu. Kunjungi website Microsoft dengan mengetikkan link URL: Microsoft.com.
  • Kamu akan menemukan halaman awal Microsoft di layar Kamu, selanjutnya klik Masuk/Login atau tombol akun yang terletak di pojok kanan paling atas. Seperti pada gambar di bawah ini.
buat akun baru microsoft
buat akun baru microsoft 
  • Pilihlah tulisan Buatlah akun/ Create account, karena memang pada dasarnya Kamu hendak membuat akun Microsoft baru.
akun microsoft
akun microsoft
  • Berikutnya klik pada tulisan Dapatkan alamat email baru.
  • Selanjutnya Kamu akan dihadapkan pada tampilan seperti di bawah ini.

membuat akun microsoft

  • Isikan nama username yang Kamu inginkan ke dalam kotak yang disediakan. Jangan lupa untuk memilih salah satu alternative domain yang disediakan, entah itu outlook.co.id, outlook.com, ataupun Hotmail.com. tergantung selera Kamu. Jika sudah menentukan pilihan, segeralah beranjak dengan menekan tombol Berikutnya.
  • Pada tahap ini Kamu akan masuk ke kolom pembuatan kata sandi alias password. Masukkan kata sandi sesuai yang Kamu inginkan, sebisa mungkin gunakan kombinasi huruf (besar/kecil) dan angka, untuk lebih menjaga keamanan akun Kamu. Kamu bebas mencentang atau pun mengabaikan kotak bertuliskan persetujuan ‘kirimi saya email promosi dari Microsoft’. Selanjutnya klik tombol Berikutnya.

membuat akun microsoft

  • Isi nama depan dan nama belakang sesuai dengan nama Kamu pada kotak yang telah disediakan. Klik tombol Berikutnya.
  • Lalu pilihlah negara/ kawasan sesuai dengan yang Kamu tinggali, isi pula tanggal, bulan dan tahun lahir Kamu. Klik tombol Berikutnya.

windows 10

  • Lengkapi pendaftaranmu dengan memilih kode nomor telepon negara dan mengisikan nomor telepon Kamu. Klik Kirim kode/ Send Code. Kamu harus memastikan nomor yang Kamu masukkan aktif dan berada dalam jangkauan Kamu.

cara membuat akun microsoft windows 10

  • Isikan kode yang Kamu terima pada kolom Masukkan kode akses.

cara membuat akun microsoft windows 10

  • Kini akun Microsoftmu sudah siap digunakan.
cara membuat akun microsoft office
cara membuat akun microsoft office

Menggunakan email yang sudah ada

Jika Kamu tak ingin repot-repot membuat semua akun yang serba baru, Kamu masih dapat memanfaatkan akun lama (seperti gmail, atau yahoo) untuk mendapatkan akun Microsoft. Langkah-langkah yang harus Kamu lakukan pun kurang lebih sama dengan cara yang sudah dipaparkan di atas. Kamu hanya perlu memasukkan alamat email yang sudah Kamu punyai tanpa perlu repot membuat alamat email yang baru. Jika masih bingung, berikut urutannya:

  1. Ketik URL Microsoft.com pada halaman browser Kamu.
  2. Klik tombol login yang berada di pojok kanan atas.
  3. Nah, di sinilah bedanya, Kamu tinggal memasukkan alamat email yang sudah Kamu punya dalam kotak yang tersedia. Lalu, klik Berikutnya.
  4. Masukkan kata sandi Kamu, kemudian pilih tombol Berikutnya.
  5. Selanjutnya masukkan nama depan dan nama belakang Kamu, lalu klik tombol Berikutnya.
  6. Jangan lupa lengkapi informasi mengenai negara/ Kawasan Kamu, isi juga tanggal, bulan dan tahun lahir Kamu. Setelah itu pilih tombol Berikutnya.
  7. Langkah selanjutnya yang perlu Kamu lakukan adalah memverifikasi melalui email yang Kamu daftarkan.

Dalam hal ini Kamu perlu membuka email Kamu, lalu Buka pesan dari Microsoft, perhatikan dan ingat-ingat atau Kamu bisa langsung salin kode keamanan yang diberikan oleh pihak Microsoft seperti dalam pesan di bawah ini.

cara membuat akun microsoft
cara membuat akun microsoft
  • Isikan kode keamanan pada kotak yang telah disediakan. Klik tombol berikutnya.
cara membuat akun microsoft di windows 8
cara membuat akun microsoft di windows 8
  • Selesaikan pendaftaranmu mengikuti alur seperti cara pertama di atas.

Kini akun Kamu sudah aktif dan bisa segera menikmati fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh Microsoft. Semoga artikel cara membuat akun Microsoft dengan sangat mudah ini benar-benar memudahkan Kamu. Selamat mencoba.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *