5 Cara Membina Rumah Tangga Agar Makin Harmonis

Posted on 360 views

Cara membina rumah tangga harmonis – Rumah tangga ibarat sedang menahkodai kapal. Selama perjalanan, kapal tidak akan lolos dari badai. Begitu juga dengan rumah tangga. Rumah tangga tidak selamanya akan selalu harmonis. Terkadang muncul konflik dan berbagai pertentangan.

Cara Membina Rumah Tangga Agar Makin Harmonis
Cara Membina Rumah Tangga Agar Makin Harmonis

Hal tersebut sebenarnya wajar. Sebab adanya konflik juga bisa menandakan hubungan yang sehat. Namun menjaga keharmonisan rumah tangga tetap penting. Rumah tangga yang harmonis bukan tanpa konflik. Namun mampu mengatasi konflik dengan baik.

5 Cara Membina Rumah Tangga Harmonis

Keharmonisan rumah tangga juga bisa dilihat dari bagaimana rasa cintanya tetap tumbuh dan tidak pudar meskipun sudah lama. Menjaga keharmonisan ini bukanlah perkara mudah. Namun bisa dilakukan dengan cara sederhana asalkan konsisten.

Sebab ancaman perceraian dan konflik berkepanjangan diawali dari keharmonisan yang tidak terasa dalam rumah tangga. Nah, agar Kamu memiliki hubungan keluarga yang tetap baik, cobalah beberapa cara membina rumah tangga harmonis berikut ini.

1. Dilandasi Dengan Agama

Rumah tangga dengan landasan agama jauh lebih menentramkan. Sebab jika terjadi konflik, penyelesaiannya akan lebih mudah. Selain itu secara psikologis, seseorang yang dekat dengan Tuhan memiliki emosi yang lebih terkontrol. Anak anak pun akan tumbuh menjadi pribadi yang taat kepada Tuhan. Jika sudah dilandasi dengan agama, langkah selanjutnya pun akan jauh lebih mudah.

2. Jangan Lewatkan Waktu Berdua

Sesibuk apapun Kamu dalam mengerjakan tugas rumah tangga atau bekerja, jangan lewatkan momen berdua dengan pasangan. Waktu berdua ini akan merekatkan rasa cinta dan merawat perasaan Kamu berdua. Kamu bisa melakukan bed talk sebelum tidur, pergi menonton film berdua, atau mampir ke cafe favorit selepas belanja bulanan. Cara ini cukup ampuh agar perasaan cinta tetap tumbuh meskipun sudah menikah lama.

3. Berikan Hadiah & Kejutan Kecil Sesekali

Agar rasa cinta makin awet, cobalah berikan hadiah atau kejutan kecil. Tidak perlu menunggu perayaan tertentu untuk memberikan hadiah. Misalnya berikan hadiah sebagai rasa terimakasih karena sudah menjaga anak anak, hadiah berterimakasih karena sudah bekerja dengan giat, dll. Rasa dihargai dan dicintai pun akan tumbuh dengan hadiah kecil tersebut.

4. Hormati Peran Masing Masing Dalam Keluarga

Rumah tangga tidak bisa dibangun sendiri. Harus ada kombinasi peran yang sama-sama penting. Jangan meremehkan peran istri yang menjaga rumah. Begitu pula jangan meremehkan peran suami yang hanya bekerja di luar.

Hormati peran masing masing. Sebisa mungkin jangan remehkan kerja keras pasangan. Sebab hal ini akan melukai hatinya dan membuat apa yang dilakukannya menjadi tidak ikhlas lagi. Hal ini juga bisa merusak keharmonisan rumah tangga.

5. Set Mindset “Ingin Menjadi Teladan Untuk Anak”

Orang tua adalah teladan pertama bagi anak. Milikilah mindset tersebut untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Jika Kamu sudah memiliki mindset tersebut, Kamu pun akan berpikir dua kali jika ingin memicu konflik. atapun jika mengalami konflik akan cepat diselesaikan agar tidak berdampak buruk bagi anak anak. Anak anak pun akan menghormati Kamu sebagai orang tua sehingga rumah tangga makin harmonis.


Itulah sedikit pembahasan beberapa cara membina rumah tangga harmonis dan jauh dari konflik serius. Semoga bermanfaat.

Rate/Vote ?
[Total: 1 Average: 5]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *