8 Cara Mematikan Komputer Dengan Windows Berbagai Kondisi

Posted on 50 views

Cara mematikan komputer dengan windows di berbagai kondisi – Metode alternatif di bawah ini dapat dilakukan bila cara PC mengalami kendala seperti bluescreen atau mengalami macet sehingga tidak bisa dimatikan dengan cara seperti biasa.

cara mematikan komputer dengan windows
cara mematikan komputer dengan windows

Cara Mematikan Komputer Dengan Windows

1. Cara Normal Shut Down Komputer

Metode yang satu ini merupakan cara yang paling umum untuk mematikan windows bila komputer tidak mengalami masalah seperti crashing system, yaitu dengan menggunakan start menu. Tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Klik ikon windows pada bagian pojok kiri bawah layar menggunakan mouse atau bisa juga dengan menekan tombol serupa yang pada pada keyboard PC.
  • Berikutnya klik kanan pada menu power.
  • Selanjutnya akan tertera pilihan sleep, shut down, dan Sleep untuk mengubah PC pada mode tidur atau hibernasi, shut down untuk mematikan, sedangkan restart untuk memulai ulang.
  • Setelah klik tombot shut down, proses penonaktifan PC akan dimulai. Layar akan padam terlebih dahulu tapi pastikan tombol power pada bodi perangkat benar-benar padam sebagai pertanda proses selesai dengan sempurna.

2. Menggunakan Cara Pintas ALT + F4

Alternatif cara mematikan windows yang satu ini diperkenalkan sejak era Windows XP untuk mengatasi situasi darurat di mana laptop macet akibat penolakan fail atau gangguan lain sehingga tidak dapat mengakses start menu. Caranya adalah :

  • Tekan dan tahan tombol Alt + F4 pada keyboard bersamaan.
  • Kemudian akan muncul kolom di mana Kamu dapat memilih aksi untuk dilakukan, apakah ingin melakukan restart atau shut down.
  • Untuk memilih opsi yang diinginkan, Kamu dapat menggerakkan keyboard panah atas dan bawah karena mouse dalam kondisi tidak terbaca oleh sistem yang error. Setelah itu, tekan enter.
  • Proses restart atau shut down akan dimulai.

3. Cara Mematikan Komputer Dengan Windows di Berbagai Kondisi Melalui Run

Jendela run merupakan fitur multifungsi dari windows. Biasanya digunakan sebagai pintasan untuk memberi perintah pada PC, termasuk di dalamnya shut down. Hal ini bisa dilakukan bila komputer tidak mau melakukan shut down melalui metode biasa meski tidak terjadi gangguan program.

  • Tekan tombol ikon windows pada keyboard bersamaan dengan huruf R.
  • Sesaat kemudian, akan terbuka jendela untuk pintasan perintah. Silahkan ketik perintah shutdown /s kemudian tekan enter. Proses penonaktifan PC akan segera dimulai.

4. Menggunakan Pintasan Ikon di Lock Screen

Bila Kamu tidak sengaja menekan tombol power PC padahal tidak bermaksud menggunakannya atau komputer terlanjur hibernasi dan Kamu malas masuk ke jendela utama terlebih dahulu untuk mematikan dengan cara biasa, Kamu bisa menggunakan cara yang satu ini :

  • Gerakkan kursor mouse saat PC baru menyala atau baru aktif setelah berhibernasi.
  • Di pojok kanan bawah lock screen, pilih ikon power. Silakan klik. Kamu akan diberikan pilihan hibernasi, mulai ulang atau matikan. Pilih opsi shut down, maka PC akan memulai proses menonaktifkan diri.

5. Memanfaatkan Fitur Command Prompt

Cara mematikan komputer dengan windows di berbagai kondisi yang satu ini hampir mirip dengan menggunakan jendela run. Keduanya memang memiliki fungsi yang hampir mirip, yakni sebagai pintasan pemberi perintah pada windows.

  • Arahkan kursor mouse pada ikon pencarian yang berada tepat di samping ikon windows. Silakan klik.
  • Setelah itu, ketikkan command prompt, seketika di bagian atas akan muncul fitur tersebut. Cukup klik maka Kamu akan langsung masuk ke jendela fitur yang biasa disingkat CMP tersebut yang memiliki latar belakang khas berwarna hitam.
  • Masukkan perintah shutdown /s lalu tekan tombol enter pada keyboard.
  • Proses shut down akan langsung dimulai.

6. Melalui Perintah SlideToShutDown

Bila PC Kamu merupakan perangkat hybrid di mana layarnya dapat sekaligus berfungsi sebagai tablet, maka Kamu bisa menggunakan cara yang satu ini.

  • Pertama-tama, masuk ke jendela run atau command prompt seperti tutorial yang telah diberikan pada metode sebelumnya.
  • Ketikkan perintah slidetoshutdown. Tekan enter.
  • Perangkat Kamu otomatis akan mengarah ke halaman utama windows dan muncul perintah di layar bertuliskan slide to shut down, di mana Kamu cukup mengusap layar ke atas, maka proses mematikan PC akan dimulai.

7. Kombinasi Tombol CTRL + ALT + DEL

Kombinasi penggunaan ketiga tombol CTRL + ALT + DEL ini digunakan untuk memberi pintasan perintah pada berbagai fitur PC seperti Task Manager, Sign Out, dan Shut Down.

  • Tekan dan tahan secara bersamaan ketiga tombol CTRL + ALT + DEL.
  • Layar akan menampilkan jendela dengan latar belakang warna biru. Untuk mematikan komputer, silahkan Kamu perhatikan pojok kiri bawah layar di mana terdapat ikon power.
  • Klik ikon tersebut, pilih restart atau shut down.

8. Menggunakan Tombol Power Pada Bodi PC

Untuk cara mematikan komputer dengan windows di berbagai kondisi yang satu ini sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan karena jika dilakukan berulang-ulang, lambat laun perangkat komputer akan mengalami kerusakan parah karena mematikan langsung melalui tombol berarti memaksa sistem untuk berhenti berjalan.

Kamu cukup menekan tombol dengan ikon power agak lama saja. Namun perlu diingat bahwa cara ini baru ditempuh terakhir bila alternatif metode yang lain tidak berhasil dipraktikkan untuk mematikan komputer.

Situasi Yang Memungkinkan Untuk Menggunakan Metode Shut Down Alternatif

Setelah mengetahui kedelapan cara untuk menjalankan shut down di atas, Kamu harus mengetahui kondisi di mana metode alternatif selain cara shut down normal boleh dilakukan :

  • Terjadi crash pada sistem operasi windows. Biasanya disebabkan aplikasi yang kurang kompatibel sehingga sistem melakukan penolakan atau PC menjalankan aplikasi berat secara bersamaan melebihi kapasitas wajar.
  • PC mengalami overheat atau panas berlebih karena kerusakan hardware seperti kipas internal atau tidak adanya dukungan kipas eksternal sehingga suhu komputer meningkat drastis ketika dijalankan yang berujung macet mendadak.
  • Mouse internal laptop mengalami kerusakan dan tidak memiliki mouse eksternal sehingga tidak bisa mematikan dengan cara biasa dan harus menggunakan alternatif berupa kombinasi tombol papan ketik komputer.
  • Sedang melakukan aktivitas programing dengan PC tersebut atau mereparasinya sehingga harus menggunakan bahasa pemrograman sederhana seperti perintah shut down melalui command prompt atau run.
  • Komputer mengalami kerusakan pada software sehingga tidak merespon perintah shut down dengan metode biasa.
  • Terjadi bloatware, bootlop, atau blue screen sehingga komputer tidak mau melakukan proses booting dan memerlukan perbaikan dulu. Daripada langsung menggunakan tombol power untuk mematikan, lebih aman memakai salah satu dari kombinasi kode di atas.

Setelah Kamu tahu alternatif dari cara mematikan komputer dengan windows di berbagai kondisi, Kamu dapat memilih sendiri metode mana yang lebih cocok dan aman digunakan untuk diaplikasikan pada perangkat PC yang Kamu miliki.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *