Cara Memasang Histats di WordPress Versi Terbaru

Posted on 515 views

Cara memasang histats di wordpress – Sebelum kita memulai untuk memasang histats, sebaiknya kita mencari tahu dulu apa itu histats. Jadi histats ini adalah online tracker untuk website agar kita bisa mengetahui jumlah visitor yang mengunjungi website kita, serta kata kunci yang digunakan di mesin pencarian google, dan berapa lama pengunjung bertahan di website kita. Sebetulnya masih banyak manfaat lainnya, namun tidak bisa Magenet jelaskan semuanya, jadi hanya menjelaskan secara garis besar dari manfaat histats ini.

Histats ini sangat gampang dipasang di blog, bagi mereka yang sudah paham tentunya. Jika pemula dan baru pertama kali menggunakan online tracker maka tidak menutup kemungkinan jika masih bingung cara memasangnya. Apalagi jika online tracker ini dipasang di platform wordpress yang sedikit lebih rumit dari pada platform blogger. Dan disinilah Magenet akan membahas cara memasang histats di wordpress.

Cara Memasang Histats di WordPress
Cara Memasang Histats di WordPress

Berbeda dengan analytic punya Google, histats ini lebih membuat webiste kita ringan ketika di akses. Ini juga menjadi salah satu keunggulan dari online tracker ini, dan untuk tampilan widgetnya sendiri bisa di atur sesuai dengan yang kita suka yang sudah di sediakan oleh histats. Dalam artian kita bisa mengganti jenis-jenis modelnya, sehingga tidak membuat pengunjung merasa bosan, dengan tampilah widget yang menarik bisa menjadi nilai tarik tersendiri.

Cara Memasang Histats di WordPress

Ada berbagai jenis model yang bisa kalian gunakan, tinggal dipilih yang mana yang sangat cocok dengan tampilan menu blog. Rekomendasi dari Magenet gunakan histats yang memiliki warna yang sama dengan warna tampilan blog. Jika website/blog berwarna merah putih, maka bisa menggunakan histats dengan warna yang sama, jika warna tidak tersedia maka cobalah untuk memilih warna yang sedikit menyerupai dengan website/blog. Magenet sendiri juga menggunakan online tracker ini, namun kenapa tidak terlihat? karena Magenet menggunakan model Hidden Tracker sehingga tidak dapat terlihat oleh pengunjung.

 

Cara Memasang Histats di Website WordPress Terbaru

Untuk memulai memasang widget ini, yang perlu kita lakukan adalah mendaftarkan akun di http://www.histats.com setelah berhasil membuka halaman tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat website kita pada bagian berikut.

Cara Memasang Histats di WordPress

Ketikan alamat website yang ingin dipasangi histats, lalu klik tombol Register. Setelah itu kita akan memasuki halaman register, disini kita akan mengisi informasi tentang email, password, nama, dan lain sebagainya.

Cara Memasang Histats di WordPress

Setelah semua diisi sesuai informasi, jangan lupa untuk menceklis bagian “I have read and agree Publisher Agreement Terms” dan isi captcha sesuai gambar di sebelah kiri lalu klik tombol Register.

Cara memasang histats di wordpress selanjutnya setelah klik tombol Register maka kamu akan diminta untuk konfirmasi email, silahkan cek inbox kotak masuk pada email atau cek inbox kota spam. Nanti diemail tersebut ada link aktif, yang perlu kamu lakukan adalah buka link aktif tersebut dan tadaaa selamat akun histats kamu terlah berhasil di buat.

Secara garis besar langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka Histats.com
  2. Masukkan alamat webiste > Register
  3. Isi informasi dengan benar, email, dan password.
  4. Klik tombol register > konfirmasi email masuk.
  5. Akun telah dibuat.

 

Membuat Kode Histats Untuk Dipasang

Setelah berhasil mendaftar akun dan mendapatkan akun histats, maka langkah selanjutnya kamu harus menambahkan website kamu agar cara memasang histats di wordpress ini berjalan dengan baik, dihalaman utama histats, setelah kamu Login selanjutnya pilih Register dan setelah itu klik Add a website.

Cara Memasang Histats di WordPress

Nanti kamu akan diarahkan kehalaman untuk menambahkan website, selanjutnya isi alamat url website, setting language website mu, jika Indonesia atau Inggris, dan jangan lupa setting time zone, jika website Indonesia pilihlah Indonesia jika website luar negeri bisa pilih United States.

Cara Memasang Histats di WordPress

Untuk bagian Title dan Description silahkan isi sesuai judul website kamu, dan deskripsi menjelaskan website kamu itu membahas apa didalamnya.

Setelah semua terisi sesuai permintaan, selanjutnya klik tombol Continue. Selanjutnya kamu akan diarahkan halaman sebagai berikut

Cara Memasang Histats di WordPress

Silahkan kamu klik website yang baru saja kamu tambahkan sebelumnya dan nanti akan masuk kehalaman sebagai berikut.

Cara Memasang Histats di WordPress

Untuk mendapatkan kode histats yang akan dipasang di website, kamu tinggal klik saja “Counter CODE” lihat pada bagian gambar yang sudah dilingkari garis merah. Setelah itu klik lagi “add new counter”. Disini kamu bisa memilih model mana yang kamu sukai untuk dijadikan widget histats. Setelah memilih model/jenis yang diinginkan, silahkan klik digambar yang mau dijadikan widget.

Selanjutnya kamu akan memasuki halaman pengaturan widget histats, disana tersedia Visitors today, Total visitors, Page views today, Total page views, Users online. Untuk mengaktifkan kesemuanya silahkan ceklis saja ke-5nya. Namun jika ingin beberapa saja silahkan dipilih mana saja yang akan ditampilkan. Setelah itu klik tombol Save.

Selanjutnya kamu akan balik lagi kehalaman dimana kamu harus mengklik “add new counter”, jika sebelumnya tidak ada apa-apa, maka yang sekarang sudah muncul kode histats seperti berikut.

Cara Memasang Histats di WordPress

Langkah terakhir untuk mendapatkan kodenya adalah dengan mengklik angka di counter id: 4859727. Maka nanti akan muncul kode script seperti gambar di atas, selanjutnya tinggal kita copy dan pasang di wordpress kode tersebut.

 

Langkah Cara Memasang Histats di WordPress

Setelah berhasil mendapatkan kode counter id script, maka selanjutnya silahkan login di wordpress dan buka website/blog kamu, setelah itu pilih Tampilan/Appearance > Widget > HTML Khusus > Tambah.

Cara Memasang Histats di WordPress

Setelah itu copy dan pastekan kode script dari online tracker tersebut kedalam kotak yang sudah dilingkari garis merah seperti gambar berikut.

Cara Memasang Histats di WordPress

Untuk bagian Judul kosongkan saja tidak perlu diisi, dan langkah terakhir adalah klik Simpan Widget. dan selamat kamu telah berhasil memasang histats di wordpress versi terbaru. Untuk langkah berikutnya kamu bisa pantau jumlah visitor dan pageviews yang berkunjung di website kamu.

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan dari awal mulai dari membuat akun histats, hingga cara memasang kode histats di wordpress versi terbaru. Jika masih bingung dengan langkahnya silahkan comment dibawah dan beritahu dibagian mana kamu merasa kesulitan sehingga Magenet dapat membantu.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

2 thoughts on “Cara Memasang Histats di WordPress Versi Terbaru

  1. Hai.. saya sdh melakukannya namun tidak dapat muncul di blog wp saya. Hanya kode kode tulisannya saja yg tampil. Mohon solusi donk.. kesalahannya dimana ya kira2.. saya pakai tema asteroid theme dengan versi wp paling baru saat ni

    1. Sudah dapat kode html histatsnya? coba pastekan disini biar Aku lihat pas belum. Kalau sudah dapat, buka Appearance > Customize > Widgets > Sidebar > Add a Widget > Tambah Widget Custom HTML > terus pastekan disana kode histatsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *