Cara Melakukan Pernapasan Buatan Dengan Metode Mulut Ke Mulut

Posted on 2,667 views

Cara melakukan pernapasan buatan dari mulut ke mulut adalah salah satu cepat pertolongan pertama untuk orang orang yang mengalami suatu keadaan baik itu pingsan ataupun mengalami napas berhenti secara tiba tiba karena ada sebab tertentu, cara melakukan pernapasan buatan dari mulut ke mulut biasa juga disebut dengan CPR adalah Cardiopulmonary resuscitation merupakan tindakan pertolongan pertama yang dapat Kamu lakukan ketika bertemu dengan orang orang yang mengalami masalah tersebut. Untuk tahu cara melakukan pernapasan buatan dari mulut ke mulut ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan dan tidak boleh sampai salah dalam melakukannya.

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Dengan Metode Mulut Ke Mulut
Cara Melakukan Pernapasan Buatan Dengan Metode Mulut Ke Mulut

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Dengan Metode Mulut Ke Mulut

Untuk dapat melakukan teknik CPR mulut ke mulut ada beberapa cara atau teknik untuk dapat melakukan pertolongan dengan teknik CPR. CPR adalah teknik memberikan nafas buatan kepada korban yang mengalami gagal pernafasan secara tiba tiba. Ada kurang lebih 4 teknik CPR salah satunya yang akan Kita bahas yaitu memberikan nafas buatan dari mulut ke mulut.

CPR Adalah Teknik Pertolongan Pertama

CPR merupakan tindakan pertolongan pertama yang harus Kamu pelajari untuk dapat menolong orang orang sekitaran Kamu yang mengalami gagal napas (jantung), sesak napas, syok, terjatuh atau bahkan jika Kamu bertemu korban tenggelam dari laut. Nah korban dengan jenis seperti ini dapat Kamu tolong dengan teknik CPR, namun berbeda jika korban yang berasal dari kecelakaan dan pingsan, Kamu tidak bisa melakukan teknik CPR kepada Mereka karena ditakutkan ada bagian tulang yang patah akibat kecelakaan tersebut.

1. Angkat Bagian Depan Wajah Korban (Dagu)

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Dengan Metode Mulut Ke Mulut

Cara ini agar udara yang akan Kita hembuskan lebih cepat masuk kedalam tubuh korban dan memompa bagian dada korban yang akan Kita beri nafas buatan mulut ke mulut.

2. Buka Mulut Korban Dengan Cara Menarik Dagu

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Dengan Metode Mulut Ke Mulut

Membuka mulut korban guna agar lidah tidak menghalangi aliran udara kedalam dada korban sehingga teknik memberikan nafas buatan mulut ke mulut ini berhasil.

3. Tutup Bagian Hidung Korban Secara Rapat

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Dengan Metode Mulut Ke Mulut

Ketika akan memberikan nafas buatan, Kamu harus menutup hidung korban agar udara yang Kamu hembuskan tidak keluar melalui hidung korban, dan setelah itu mulai menempelkan bagian mulut Kamu dengan mulut korban secara rapat dan mulai menghembuskan udara kedalam tubuh Korban.

Setiap Kamu melakukan 1x hembusan udara, lepaskan mulut Kamu agar udara dapat keluar secara alami dari tubuh korban. Ulangi cara memberikan nafas buatan dari mulut ke mulut ini 13 sampai 19 kali / menit. Dan perhatikan bagian dada korban untuk mengetahui si korban sudah mulai melakukan pernafasan secara alami.

Apa Yang Harus Diperhatikan Untuk Memberikan Nafas Buatan ?

  • Untuk membuka saluran napas, letakkan satu tangan di dahi pasien, dan dua jari tangan di bawah dagunya bentuk tangan seperti pistol. Dengan lembut dongakkan kepalanya dengan menekan dahi sambil sedikit mendorong dagu pasien.
  • Memeriksa ada tidaknya napas, dengarkan bunyi napasnya atau rasai dengan pipi anda sampai 10 detik. Bila tak ada tanda bernafas, mulailah pernapasan buatan.
  • Untuk memeriksa peredaran darah, raba denyut nadi dengan dua jari selama 10 detik. Untuk bayi rabalah denyut brakhial di bagian dalam lengan. Untuk orang dewasa atau anak-anak, raba denyut karotid di leher di rongga antara trakhea(saluran udara)dengan otot besar leher. Periksa tanda-tanda lain peredaran darah, misalnya kewajaran warna kulitnya. Bila tak ada tanda-tanda peredaran darah, segera lakukan CPR.
Vote Artikel, Apakah Bermanfaat ?
[Total: 1 Average: 5]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

One thought on “Cara Melakukan Pernapasan Buatan Dengan Metode Mulut Ke Mulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *