PPSSPP Cara Main Game Java di Android (Nostalgia Game)

Posted on 496 views

Cara main game java di android – Siapa yang tidak kenal dengan emulator game yang terkenal ini, yap PPSSPP adalah emulator untuk memainkan game PSP hanya dengan menggunakan hp Android saja. Namun dibalik emulator PPSSPP ini ternyata Kamu juga bisa memainkan game java.

Hanya dengan beberapa modifikasi cara penggunaan emulator PPSSPP ini, Kamu sudah bisa nostalgia untuk memainkan game game java yang mungkin sudah lama dirindukan. Untuk mengetahui cara main game java di android silahkan Kamu simak ya caranya.

cara main game java di android
cara main game java di android

Ada beberapa bahan yang harus disiapkan sebelum bisa memainkan game java di hp android Kamu, apa aja itu ? Berikut alat-alat yang Kamu butuhkan untuk dapat memainkan game java.

Cara Main Game Java di Android Tanpa Root

Adapun alat alat ini harus Kamu download terlebih dahulu sebelum memulai untuk memainkan game java ya.

  • Download aplikasi PPSSPP Gold atau PPSSPP Silver (Biasa) (Disini)
  • Download PSPVKM v0.5.5 Final Release CFW (Disini)
  • Download Game Java atau ekstensi (.jar) supaya Kamu bisa memainkan game java tersebut.

Setelah ketiga alat tersebut sudah berhasil didownload, silahkan Kamu simak caranya kerjanya sebagai berikut:

  1. Pertama tama instal aplikasi PPSSPP terlebih dahulu, jangan di buka terlebih dahulu karena kita harus mengekstrak file PSPVKM.
  2. Setelah itu, silahkan Kamu ekstrak file PSPVKM dan hasil ekstrak kamu letakkan di PSP/GAME/DISINI (atau bisa dimana saja).
  3. Dan pastikan sebelumnya Kamu sudah memiliki game java (.jar) yang akan dimainkan.

Setelah itu buka aplikasi PPSSPP dan jalankan, nanti Kamu pilih Tab Games selanjutnya buka file PSPVKM yang sudah Kamu ekstrak dan diletakkan di PSP/GAME/PSPVKM. Seperti gambar berikut ini.

kumpulan game java untuk android
kumpulan game java untuk android

Nanti akan muncul tampilah seperti dibawah ini, yang harus kamu ketahui adalah tombol O yang terletak diantara tombol X, Kotak, dan Segitiga. Memiliki fungsi untuk memilih, nah sedangkan tombol Start memiliki fungsi sebagai membuka menu, untuk tombol Select berguna sebagai tombol kembali/batal.

kumpulan game java untuk android
kumpulan game java untuk android

Selanjutnya untuk memunculkan aplikasi game java yang sudah kalian download tadi, Kamu pilih System midlets > Find Applications. Nanti akan muncul tampilan seperti berikut ini.

download game java untuk android
download game java untuk android

Berikutnya silahkan Kamu pilih lokasi instal dari memori stick (ms0:/), jangan pilih dari http karena tidak akan berjalan sempurna. Kurang lebih nanti seperti ini.

emulator symbian buat android
emulator symbian buat android

Selanjutnya Kamu harus menemukan game java (.jar) yang ingin dimainkan menggunakan emulator PPSSPP, setelah berhasil menemukan game yang ingin dimainkan, silahkan kamu klik tombol O.

java manager apk
java manager apk

Setelah berhasil memilih game, selanjutnya Kamu akan diminta untuk memilih resolusi layar yang akan digunakan, silahkan Kamu pilih resolusi layar yang kira kira cocok untuk hp kamu ya.

ppsspp gold apk
ppsspp gold apk

dan selamat Kamu sudah berhasil dan tahu cara main game java di android menggunakan emulator PPSSPP. Dengan begini Kamu sudah bisa nostalgia game java yang sudah lama tidak dimainkan, mengingat sekarang sudah hampir tidak ada lagi sistem operasi symbian.

cara main game java di android tanpa root
cara main game java di android tanpa root

Demikian tutorial untuk cara main game java di android, semoga artikel ini dapat membantu Kamu menghilangkan kerinduan terhadap game game java yang sudah hampir tidak terlihat lagi sekarang. Silahkan Kamu share artikel ini pada bagian akhir tulisan ini ya.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *