Tips Cara Agar Tidak Mudah Diadu Domba Orang Lain

Posted on 258 views

Magenet.info | Cara agar tidak mudah diadu domba oleh orang lain, berikut akan Kami berikan beberapa ulasan dan tips. Supaya Kamu terhindar dari yang namanya adu domba, mengapa hal itu perlu? Mari Kita bahas sedikit lebih detail tentang adu domba.

cara agar tidak mudah diadu domba
cara agar tidak mudah diadu domba

Istilah adu domba biasa digunakan untuk mengadu 2 belah pihak sehingga mengalami perpecahan diantara keduanya, adu domba juga sering kok dipakai di dalam hal politik. Biasanya dalam hal politik disebut dengan politik pecah belah atau disebut dalam bahasa latin devide et impera.

Asal muasal istilah adu domba dan politik pecah belah, devide et impera merupakan strategi perang yang diterapkan oleh bangsa-bangsa kolonialis. Pada abad 15 (Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris, Prancis). Bangsa-bangsa tersebut melakukan ekspansi dan penaklukan untuk mencari sumber-sumber kekayaan alam, terutama di wilayah tropis.

Seiring dengan waktu, metode penaklukan mereka mengalami perkembangan, sehingga devide et impera tidak lagi sekadar sebagai strategi perang namun lebih menjadi strategi politik. (Wikipedia)

Cara Agar Tidak Mudah Diadu Domba Orang Lain

Nah ada sedikit tips yang bisa dilakukan untuk menghindar dari yang namanya adu domba, Kami akan bahas beberapa hal. Hal hal yang bisa Kamu lakukan untuk dapat menjauh dan menghindar dari serangan adu domba dari orang lain.

Hal pertama adalah “Tabayyun”

Jika mendapatkan sebuah kabar berita yang menjelekkan Kamu dari orang lain, maka lebih baik tabayyun. Lakukanlah tabayyun kepada orang yang berkata ke Kamu tersebut. Contoh dalam hal ini Kamu si A, pengirim kabar berita si B, yang menjelekkan si C.

Lalu datanglah si B ke Kamu dan berkata bahwa si C menjelekkan Kamu tanpa sepengetahuan Kamu, dalam hal ini ulama banyak berkata untuk tabayyun. Apa itu tabayyun? yaitu langsung menanyakan kepada si C apakah benar Dia sudah menjelekkan Kita tanpa sepengetahuan.

Melakukan tabayyun lebih diutamakan dari pada langsung mempercayai berita yang belum tentu benar. Maka cara ini bisa membuat Kamu tidak mudah untuk diadu domba.

Jangan membenarkan perkataan orang yang mengadu domba

Kamu akan banyak mendengarkan orang orang yang salig menjelekkan satu dan lainnya. Bisa jadi Kamu menjadi korban adu domba, atau sebaliknya Kamu mendengar orang lain yang dijelekkan. Nah jika mendapatkan kabar seperti itu, maka lebih baik tidak ikut ikutan berprasangka buruk pada orang yang dijelekkan.

Hindari kegiatan atau acara yang berbau mengadu domba

Nah ini paling banyak terjadi dikalangan umum, biasanya hal ini disebut dengan bergosip. Hindarilah menceritakan orang lain, karena itu dapat membuat Kamu terjerumus dalam namanya adu domba. Tahukah Kamu kata Mereka orang orang penemu dan pintar didunia saat ini?

Mereka bilang,

“Orang orang kecil hanya menceritakan orang lain, tapi orang orang besar bercerita ide dan gagasan”

Nah jadi dapat disimpulkan bahwa bercerita/gosip merupakan tindakan orang orang kecil.

Selalu menjaga hubungan baik dengan teman dan kerabat

Ini adalah hal terakhir yang harus bisa Kita lakukan, yaitu menjaga hubungan dengan baik. Mengapa perlu? karena dengan menjaga hubungan baik dengan teman dan kerabat dapat menghilangkan yang namanya sifat menjelekkan. Jika Kita memiliki hubungan baik dengan teman dan kerabat sudah dapat dipastikan Kita tidak akan pernah menjelekkan teman atau kerabat Kita itu.


Dari hal diatas, semua kembali ke hal utama, yaitu tabayyun agar tidak mudah diadu domba oleh orang lain, atau sebuah kabar yang mengadu domba antara kedua pihak.

Rate/Vote ?
[Total: 1 Average: 5]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *