Bingung Pilih Perusahaan Besar atau Kecil? 5 Hal Ini Perlu Kamu Pertimbangkan!

Posted on 70 views


Bekerja jadi tujuan sebagian banyak orang setelah menyelesaikan pendidikan. Bekerja untuk jadi mandiri, tidak lagi bergantung pada orang tua dan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Selain membuka usaha sendiri, bekerja pada orang lain dan perusahaan jadi pilihan banyak orang. Bekerja di perusahaan besar jadi keinginan banyak orang. Bekerja di perusahaan besar juga jadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang karena umumnya untuk bisa masuk ke perusahaan besar cukup sulit.

Sedangkan bekerja di perusahaan kecil umumnya jadi keterpaksaan karena lamaran ke perusahaan besar tak kunjung lolos. Ya, rata-rata orang akan mengejar perusahaan besar ketimbang perusahaan kecil. Nah, kalau kamu sendiri pilih perusahaan besar atau kecil, nih? Karena tidak semua orang juga lho yang berambisi masuk perusahaan besar. Kalau ternyata kamu memiliki peluang untuk keduanya, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat bingung pilih perusahaan besar atau kecil.

1. Keuangan Perusahaan

Dalam hal keuangan perusahaan besar umumnya jauh lebih stabil karena telah memiliki banyak pengalaman dari tahun ke tahun. Perusahaan besar umumnya keuangannya juga kuat sehingga kamu tidak perlu cemas masalah pembayaran gaji yang tidak tepat waktu. Keterlambatan pembayaran gaji setiap bulan juga jadi alasan logis pindah kerja lho karena setiap karyawan bekerja agar bisa memiliki keuangan yang stabil setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan.

Meski begitu tidak menutup kemungkinan pula perusahaan kecil juga memiliki keuangan yang kuat. Hanya saja mungkin tidak sebanding dengan perusahaan-perusahaan besar. Nah, ketahui juga yuk ciri-ciri keuangan perusahaan yang sehat.

2. Jumlah Karyawan

Perusahaan besar tentu memiliki jumlah karyawan yang banyak. Kalau kamu bergabung dengan perusahaan besar tentu ini jadi kesempatan untuk membangun banyak relasi. Hal ini akan berdampak baik untuk karir kamu ke depannya di dunia kerja. Kamu juga bisa menyerap banyak ilmu dari para karyawan.

Sementara perusahaan kecil karyawannya tentu tidak sebanyak perusahaan besar. Namun di perusahaan kecil kamu berkesempatan berhubungan langsung dengan para atasan. Keuntungannya kamu bisa mendapat banyak ilmu langsung dari atasan.

3. Pelatihan

Di perusahaan besar biasanya akan sering diadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas para karyawannya. Jika kamu masuk perusahaan besar maka kamu juga akan berkesempatan ikut banyak pelatihan. Ilmu yang kamu dapat juga akan menjadi bekal dalam berkarir di dunia kerja.

Di perusahaan besar pun kamu akan memiliki banyak mentor yang akan membimbing kamu di bidang pekerjaan yang kamu tekuni. Sementara di perusahaan kecil kemungkinan kesempatan ini tidak sebanyak di perusahaan besar. Dan perusahaan kecil tempat kamu bekerja kemungkinan juga akan mengalami trial-error karena masih dalam masa merintis.

4. Tanggung Jawab Kerja

Di perusahaan besar ada banyak orang yang berpengalaman yang akan menjadi atasan kamu. Yang bertanggung jawab besar tentu adalah mereka para atasan. Sementara kamu hanyalah seorang karyawan yang harus mengerjakan pekerjaan yang diberikan dan mungkin sifatnya monoton. Bosan dengan pekerjaan yang monoton juga menjadi salah satu penyebab malas kerja dan penyebab motivasi kerja menurun bagi banyak orang.

Hasil dari pekerjaan kamu juga tidak begitu terlihat. Dan di perusahaan kecil yang jumlah karyawannya tidak begitu banyak. Jika kamu menjadi salah satu karyawan mereka, maka tanggung jawab atas pekerjaan jauh lebih besar. Di perusahaan kecil pun bisa saja meng-handle lebih dari satu pekerjaan. Bukankah itu jadi lebih seru?

Oh ya, jika di perusahaan besar kamu tidak begitu bisa berkontribusi banyak, pengalaman berbeda justru akan kamu rasakan saat berada di perusahaan kecil. Di perusahaan kecil kamu lebih bisa berkontribusi dan aspirasi kamu lebih bisa diterima dan di dengarkan. Kerja keras yang kamu lakukan akan sangat berarti bagi perusahaan kecil yang benar-benar membutuhkan tenaga kerja yang siap memajukan perusahaan.

5. Beban Kerja

Di perusahaan besar yang jumlah karyawannya banyak, beban kerja kamu pun juga tidak akan begitu besar karena setiap karyawan telah memiliki bagian kerja masing-masing. Sementara di perusahaan kecil justru beban kerja kamu lebih besar karena tujuan perusahaan pun untuk mencapai pertumbuhan yang stabil.

Dengan jumlah karyawan yang tak seberapa tentu kamu harus siap untuk bekerja keras mencapai misi perusahaan. Jika kamu masuk dalam ciri-ciri orang ambisius dalam bekerja dan mewujudkan sesuatu, maka perusahaan kecil akan lebih cocok untukmu.

Itulah 5 pertimbangan jika kamu bingung pilih perusahaan besar atau kecil yang akan dilamar. Simak juga cara agar betah di tempat kerja baru, alasan seseorang jadi wirausaha dan berbagai alasan tidak mau pindah kerja yang dirasakan banyak pekerja.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *