10 Bahasa Pemrograman Terpopuler 2019 Di Indonesia

Posted on 81 views

Bahasa pemrograman terpopuler 2019 – Siapa sih yang tidak kenal dengan istilah bahasa program, Kita semua pasti sudah tahu apa itu bahasa program. Walaupun tidak sedetail pengetahuan Kita tentang bahasa program. Tapi setidaknya Kamu dan Kami udah sering mendengar istilah dari bahasa programan tersebut.

contoh bahasa pemrograman
contoh bahasa pemrograman

Terdapat banyak bahasa program yang tersebar luas didunia ini, bukan hanya 10 bahasa pemrograman terpopuler yang akan Kita bahas ini. Tadi setidaknya ada 25 atau mungkin lebih, tetapi hanya saja kesemua bahasa program itu tidak sepopuler 10 saat ini.

Android, Game, Iphone, Komputer, Jaringan dan lainnya semua hal ini berhubungan dengan bahasa program, jika tidak memiliki bahasa program maka alat tersebut sudah dipastikan tidak dapat berfungsi secara benar.

Bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Hal ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. (Source : Wikipedia)

Macam Macam Bahasa Pemrograman

1. HTML / CSS

Banyak yang tidak menganggap ini bagian dari sebuah bahasa program, tetapi jika Kita lihat dari mana web program berasal maka bisa di pastikan HTML/CSS adalah dasar dari itu semua. Jika Kamu ingin belajar membuat web statis, maka terlebih dahulu Kamu pasti akan belajar HTML/CSS dasar.

2. JavaScript

Merupakan bahasa program yang sangat populer untuk menambahkan fitur interaktif untuk sebuah halaman web atau aplikasi. JavaScript merupakan satu bahasa yang paling mudah dipelajari dan dapat digunakan untuk mengembangkan permainan, sehingga menjadikannya populer untuk pemula.

3. PHP

Bahasa program yang digunakan terutama untuk dapat mengembangkan sebuah halaman web dinamis. Menciptakan sebuah file terpisah dengan kode untuk setiap halaman situsnya. Dengan PHP Kamu bisa menulis seperangkat aturan untuk mengakses dan menampilkan informasi dari sebuah database, yang kemudian dapat membuat sebuah halaman dan memanggil mereka dengan sebuah perintah.

4. C ++

Bahasa C ++ sering digunakan untuk menambahkan fitur berorientasi objek dengan bahasa C, dengan penambahan kelas dan fitur lainnya. C ++ sekarang banyak digunakan untuk aplikasi besar. Belajar C ++ juga memiliki keuntungan yaitu lebih mudah untuk mempelajari bahasa C lainnya seperti C # dan C.

Bahasa pemrograman C secara umum dipandang sebagai bahasa program tingkat menengah.

5. C #

C # atau biasa diucapkan dengan C sharp, bahasa ini diciptakan oleh Microsoft dalam sebuah kerangka NET.

6. C

Akar dari bahasa C adalah dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa Coleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc (sekarang: AT&T Bell Laboratories). Bahasa C pertama kali digunakan di komputer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan sistem operasi UNIX.

7. Python

Bahasa program yang satu ini sangat populer digunakan dalam komunitas ilmiah dan akademik, dan juga telah digunakan untuk membuat situs web populer seperti Pinterest.

8. Java

Java dan JavaScript berbeda ya, Java dikembangkan oleh Google sebagai bagian dari integral sistem operasi Android. Dan digunakan oleh pengembang independen untuk membuat sebuah aplikasi Android serta kegunaan lainnya.

Java diciptakan dengan istilah “tulis sekali, jalankan di mana saja” (WORA) sebuah pendekatan untuk memudahkan kode yang ditulis pada satu mesin untuk berjalan di lain mesin.

9. Ruby

Ini merupakan OOP murni dan populer dari Jepang. Bahasa Pemrograman open source dinamis mudah dimengerti dan produktif. Sintaks Ruby sangat elegan, natural, readable dan ditulis.

10. VB (Visual Basic)

Berasa dari kata “BASIC” yang sangat populer pada hari hari komputasi pribadi. Visual Basic memungkinkan program yang sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah. Dan memungkinkan untuk melakukan coding dengan lebih kompleks.

Bahasa pemrograman terpopuler 2019 Di Indonesia

bahasa pemrograman terpopuler 2019
Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *