Mengetahui Lebih Rinci Tentang Backlink, Backlink Adalah ?

Posted on 338 views

Backlink adalah teknik meletakkan link aktif (url) didalam sebuah artikel atau website orang lain, yang link aktif tersebut mengarah ke website Kamu. Backlink adalah salah satu teknik optimasi yang paling banyak digunakan untuk mendongkrak authority situs atau website Kamu di mata pencarian google. Backlink adalah cara paling mudah untuk mendapatkan visitor yang berasal dari website orang lain.

backlink adalah
backlink adalah

Apakah backlink itu perlu ? Untuk sebuah situs yang masih baru dibangun, maka backlink merupakan salah satu cara yang paling bagus untuk mendongkrak authority situs Kamu, namun Kamu harus memperhatikan bahwa backlink yang terlalu banyak juga tidaklah bagus, lebih baik Kamu memiliki jumlah backlink 1,3 atau 5 namun backlink tersebut berasal dari situs kampus, perusahaan, pemerintahan dari pada Kamu memiliki ratusan dan ribuan backlink tapi berasal dari situs spam, domain tidak jelas dan lain sebagainya.

Teknik Backlink Paling Bagus

Backlink juga memiliki tingkatan, menurut Aku backlink yang paling bagus itu adalah backlink yang diberikan secara natural oleh website lain, jadi website Kita menjadi rujukan oleh website orang lain. Pernah baca artikel yang bagian bawahnya ada tulisan sumber ? Nah kurang lebih seperti itulah yang disebut dengan backlink natural yang diberikan oleh website lain.

Jenis Jenis Backlink Paling Populer Digunakan

Backlink juga memiliki jenis macamnya, dan backlink tersebut memiliki tingkatan mulai dari biasa hingga yang paling mantap. Berikut ini beberapa jenis backlink yang akan Kita bahas.

1. Backlink Jenis Profile

Backlink ini merupakan jenis paling mudah untuk didapatkan, Kamu bisa mendapatkan jenis backlink profile dengan mendaftar dari sebuah situs seperti wordpress.org, quora dan situs backlink profile lainnya bisa Kamu cari di google, contoh backlink profile ini seperti berikut.

contoh backlink

Backlink ini merupakan jenis paling rendah, karena Kamu bisa mendapatkan backlink ini hanya dengan mendaftar di beberapa situs lalu melakukan add website pada bagian edit profile Kamu.

2. Backlink Jenis Sosial Bookmarks

Berikutnya backlink yang berasal dari sosial bookmarks, apa itu sosial bookmarks ? Yaitu backlink yang berasal dari situs seperti kaskus, bersosial, facebook, reddit, pinterest dan masih banyak lainnya. Bagaimana cara mendapatkan backlink dari sosial bookmarks ini ? Kamu hanya perlu mendaftar lalu membuat artikel atau pembahasan baik itu di situs kaskus atau bersosial, lalu di dalam pembahasan tersebut, Kamu masukkan link aktif yaitu link menuju website Kamu.

Kalau untuk situs reddit, Kamu hanya perlu membagikan url artikel Kamu kedalam situs reddit, dan dalam waktu 1-7 hari maka secara otomatis Kamu akan mendapatkan backlink berkualitas gratis dari situs reddit. Namun untuk dapat membuka situs reddit tidaklah sembarangan, karena situs ini di blokir di Indonesia, untuk membuka situs reddit Kamu bisa baca artikelnya disini.

3. Backlink Jenis Komen

Backlink komen merupakan backlink yang agak sedikit sulit didapatkan, pasalnya tidak semua website membolehkan orang lain untuk meletakkan link aktif didalam kolom komentar, hanya beberapa website saja yang mengizinkan untuk meletakkan link aktif didalam kolom komentar.

Backlink ini masih lebih baik dari pada backlink profile namun tidak lebih bagus dari backlink sosial bookmarks. Kamu pasti tahu dong backlink dengan jenis ini ? Kamu juga bisa mendapatkan backlink situs magenet dengan berkomentar di bawah artikel ini, karena dibagian kolom komentar artikel ini terdapat input situs atau website.

4. Backlink Paling Powerfull, Jenis Konstektual Backlink

Nah yang terakhir adalah backlink paling bagus diantara jenis backlink diatas, mengapa ini paling bagus ? Karena backlink ini berada didalam sebuah artikel dan tertulis secara natural tanpa dipaksakan. Untuk mendapatkan backlink ini Kamu harus menulis artikel yang benar benar bermanfaat dan menjadi referensi dari situs situs lain.

Atau cara mudah untuk mendapatkan backlink konstektual ini adalah dengan membangun PBN (Private Blog Networks). Nah didalam PBN tersebut Kamu harus meletakkan link aktif menuju situs Kamu sehingga iniliah disebut dengan backlink konstektual.

Jenis Backlink Yang Bagus Atau Tidak

Selain jenis berdasarkan kategori backlink, ada 1 hal yang sangat penting yang harus Kamu perhatikan untuk mendapatkan backlink tersebut. Backlink juga memiliki jenis bagus atau tidak, backlink bagus biasanya jenisnya “Dofollow” dan untuk yang kurang bagus biasanya “Nofollow”.

Jadi usahakan ketika Kamu berburu backlink, maka carilah backlink yang bagus dengan status “Dofollow” sehingga ini akan lebih dihargai dimata pencarian google.


Demikian pembahasan Kita kali ini, jadi dapat disimpulkan bahwa Kamu sudah mengerti arti dari backlink adalah. Semoga artikel yang membahas backlink ini memberikan manfaat dan pengetahuan kepada Kamu dan Aku sebagai penulis.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *