Apa itu iCloud? Pengertian iCloud Serta Fungsinya [LENGKAP]

Apa itu iCloud? Pengertian iCloud Serta Fungsinya [LENGKAP]

Posted on 69 views


Bagi Anda yang sekarang menggunakan iPhone, iPad, maupun Mac atau hingga Apple Watch, pasti Anda tidak akan bisa lepas dari yang namanya iCloud. Namun bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan perangkat canggih keluaran Apple, tentu Anda masih mencari tahu sebenarnya apa itu iCloud dan apa saja fungsi dan fitur yang dimilikinya.

Maka dari itu, kali ini kami sudah memiliki informasi yang lengkap terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan iCloud. Diharapkan informasi ini bisa membantu Anda di dalam mempelajari iCloud dan semua hal yang berhubungan dengannya.

Pengertian iCloud

Apa itu iCloud? iCloud merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh Apple yang sudah menggunakan cloud. Bisa dibilang bahwa iCloud merupakan inti dari berbagai aplikasi, program, backup, storage, sampai dengan melakukan sinkronisasi perangkat. Dengan adanya fitur ini, maka semua perangkat Apple akan memungkinkan untuk terkoneksi antara yang satu dengan yang lainnya.

Maka jangan heran jika nanti data atau password yang terdapat di iCloud dapat kamu akses melalui Mac, termasuk di dalamnya email, kontak, notes, foto, dan lain-lain. Namun perlu Anda perhatikan bahwa iCloud hanya bisa digunakan untuk pengguna iPhone atau yang menggunakann iOS saja. Jadi untuk sistem operasi yang lainnya tentu tidak bisa dihubungkan dengan menggunakan iCloud.

Fungsi iCloud

Pengertian iCloud Adalah

Sebenarnya apa sih fungsi yang dimiliki oleh iCloud? Untuk fungsi umumnya sudah kami sebutkan di awal bahwa layanan ini digunakan untuk saling berbagai dan saling terkoneksi antara satu perangkat Apple ke perangkat Apple yang lainnya. Berikut ini akan kami berikan informasi lain yang masih berkaitan dengan fungsi iCloud.

Perlu diketahui bahwa iCloud memiliki banyak fungsi. Selain untuk berbagai file, iCloud juga bisa digunakan untuk menyimpan file yang di dalamya bisa berupa dokumen, foto, maupun video. Anda bisa menyimpan file tersebut dengan ukuran yang tidak terbatas asalkan sesuai dengan kapasitas iCloud Anda. Jika ternyata kapasitas iCloud lebih kecil dibandingkan data yang Anda simpan. Maka yang harus Anda lakukan yaitu meningkatkan kapasitasnya atau diupgrade.

Fungsi lain yang juga dimiliki oleh iCloud adalah untuk mengunci iPhone. Ketika smartphone Anda hilang, Anda bisa menggunakan fitur yang ada di dalam iCloud untuk mengunci perangkat Anda tersebut sehingga siapapun yang menemukannya tidak akan bisa membukanya. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mengirim foto maupun video dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya.

Fungsi ini kerap kali dimanfaatkan oleh mereka yang berada di jarak yang jauh dan ingin mengirimkan foto maupun video namun tidak mengurangi kapasitasnya. Yang terpenting Anda terkoneksi dengan internet dan sudah memiliki akun iCloud. Maka Anda bisa dengan mudah memanfaatkan fungsi ini maupun fungsi yang lainnya.

Fitur-Fitur iCloud

Pengertian iCloud dan Fungsinya

Setelah memahami pengertian dan juga fungsi yang dimiliki oleh iCloud. Di bawah ini kami jelaskan beberapa fitur iCloud yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa diantaranya merupakan fitur umum yang kerap kali di

1. iCloud Photo Library

Fitur pertama yang bisa Anda manfaatkan ketika menggunakan iCloud adalah iCloud photo library. Fitur ini digunakan untuk mengirim video maupun foto yang Anda ambil melalui iCloud. Kemudian Anda bisa mengakses foto maupun video tersebut di semua perangkat yang Anda inginkan, baik iPhone, Apple TV, iPod Tab, iPad, dan lain sebagainya.

Dengan menyimpan file tersebut di iCloud, maka Anda bisa menghemat penyimpanan Anda. Apalagi jika banyak foto maupun video yang memiliki ukuran file yang cukup besar dan jumlahnya juga cukup banyak. Bukan hanya menyimpan, fitur ini juga bisa membantu Anda untuk membagikan foto atau video atau bahkan album kepada teman, sahabat, atau keluarga dengan sangat mudah dan cepat.

2. iCloud Drive

Fitur kedua yang juga bisa Anda gunakan adalah iCloud drive. Fitur ini menjadi fitur yang paling favorit dimana Anda bisa menyimpan seluruh file di sini dan kemudian bisa mengaksesnya dimana pun dan kapan pun Anda inginkan. Namun tetap saja untuk mengaksesnya, pastikan Anda mengakses melalui perangkat Apple. Untuk cara kerjanya sendiri tidak jauh berbeda dengan yang ada pad Google Drive.

Salah satu keunggulan menggunakan iCloud drive adalah tersedianya layanan untuk menambahkan kapasitas penyimpanan. Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000 setiap bulannya untuk bisa mendapatkan kapasitas sebesar 50 GB. Kemudian Rp. 45.000 untuk 200 GB. Kebutuhan upgrade storage bisa mencapai 2 TB. Jadi, Anda bisa menyesuiakan kebutuhan penyimpanan yang Anda inginkan.

3. iCloud Storage

iCloud storage merupakan fitur yang tak kalah penting di dalam iCloud. Di sini merupakan tempat tersimpannya berbagai macam data, seperti:

  • Email
  • iOS backup
  • Kontak
  • Dokumen, yang di dalamnya temasuk iWork, seperti notes, pages, numbers, dan lain sebagainya.
  • Merupakan tempat tesimpannya berbagai data aplikasi, misalnya notes, calender, safari, atau data pesan WA yang tersimpan di iCloud.

4. Find My iPhone

Fitur lain yang juga tersedia di iCloud adalah find my iPhone. Mungkin Anda sudah tahu bahwa fitur ini digunakan untuk membantu menemukan ketika perangkat Anda tidak bisa ditemukan. Fitur ini merupakan fitur darurat yang akan sangat membantu ketika kita kehilangan smartphone atau mungkin lupa dimana terakhir kali meletakkan smartphone kita.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai apa pengertian iCloud serta fungsi, dan apa saja fitur yang dimiliki oleh iCloud. Kesimpulannya, iCloud merupakan layanan yang dimiliki Apple yang bermanfaat untuk berbagai keperluan, seperti media penyimpanan, berbagai file, dan lain sebagainya. Namun iCloud hanya bisa digunakan oleh perangkat Apple saja.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *