apa itu gutenberg di wordpress
apa itu gutenberg di wordpress

Mengetahui Fungsi Gutenberg di WordPress (Editor Baru)

Posted on 239 views

Apa itu gutenberg di wordpress – WordPress memiliki fitur plugin baru untuk editor postingan, menambahkan postingan dan lain-lain. Fitur ini bernama plugin Gutenberg, jika kalian mengupdate versi wordpress menjadi terbaru, maka akan kalian dapati rekomendasi instal plugin tersebut.

Apakah plugin ini worth? Sejauh ini saya juga baru mencoba plugin ini, ternyata plugin ini benar-benar memanjakan penulisnya. Semua tersedia, mulai menambahkan “Lastest Post” kedalam artikel, “Featured Image”, “Verse” dan masih banyak lainnya.

apa itu gutenberg di wordpress
apa itu gutenberg di wordpress

Terlalu banyak fitur-fitur dari gutenberg yang benar-benar memanjakan penulis yang menggunakan platform wordpress. Mungkin Magenet akan menjelaskan beberapa saja sehingga kamu tetap menjadi penasaran dan akan langsung mencoba plugin editor gutenberg ini.

 

Fitur Color Settings Pada Bagian Artikel

Seperti halnya artikel ini ditulis, yang dimaksud dengan fitur color settings pada bagian artikel ada seperti yang kamu lihat ini. Yaitu kita bisa memberikan warna pada bagian tulisan yang ingin kita warnai, contohnya Magenet disini menulis kata-kata ini dan memberikan warna hanya pada khusus tulisan ini saja.

 

Fitur Verse Pada Tulisan di Dalam Artikel

Verse memilik fitur sebagai berikut, yaitu mewarnai dengan gelap seperti hal nya tulisan ini.
Jika color settings hanya mewarnai bagian dasar warna tulisan, maka verse mampu membuat warna sekaligus seperti menulis kode-kode.
Dimana kamu bisa menulis panjang tanpa melakukan "enter" sehingga tulisan kamu bisa discroll kesamping seperti tulisan ini.

 

Fitur Button + Link di Dalam Tulisan Artikel

Selanjutnya Magenet akan menjelaskan fitur Button, dimana kita bisa menambahkan button sesuai dengan namanya artinya tombol, dan di tombol tersebut diisi link yang akan menuju ke halaman yang kita inginkan. Kamu bisa lihat tombol dibawah? Itu adalah salah satu fiturnya.

 

Fitur Gallery di Dalam Tulisan Artikel

Bisa kamu lihat gallery dibawah? Itu adalah kumpulan gambar dari artikel di website Magenet ini. Kamu juga bisa gunakan gambar dari mana saja, asalkan gambar tersebut sudah didownload. Cocok untuk pemain semi wallpaper bukan?

 

Fitur Embed Video/Lainnya Dari Lebih Banyak Situs

Jika sebelumnya kita bisa mengembed hanya beberapa situ saja, seperti embed video dari youtube, atau penyedia lainnya. Namun kali ini kita bisa embed beberapa yang lebih banyak lagi seperti, VR Image, Facebook, Instagram, Spotify, Animoto, Vimeo, Hulu, Reddit, Tumblr, Speaker, TED, SmugMug, dan masih banyak lainnya.

Terlalu banyak yang masih bisa dijelaskan tentang plugin gutenberg ini, jika kamu masih penasaran, maka saran Magenet langsung saja diinstal plugin tersebut.

Sekian artikel yang membahas tentang apa itu gutenberg di wordpress, serta mengetahui beberapa fungsi gutenberg di wordpress. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah.

Vote Artikel, Apakah Bermanfaat ?
[Total: 0 Average: 0]
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *