carisinyal web banner retina

9 Rekomendasi Situs Jual Beli Barang Bekas yang Populer

Posted on 164 views


Dewasa ini barang bekas yang masih layak pakai masih bisa diuangkan dengan cara menjualnya kepada orang lain yang membutuhkan. Dengan bantuan teknologi, proses jual beli barang bekas menjadi lebih mudah dan nyaman.

Orang-orang bisa memanfaatkan situs jual beli barang bekas yang jumlahnya cukup banyak. Selain gratis, jangkauan situs tersebut juga sangat luas, sehingga kesempatan terjualnya barang menjadi lebih besar.

Di bawah ini Carisinyal akan membahas sejumlah situs yang menyediakan layanan jual beli barang bekas. Beberapa di antaranya memang dikhususkan untuk hal tersebut, sementara yang lainnya bisa dikatakan mendukung.

1. OLX Indonesia

OLX Indonesia

OLX Indonesia adalah situs yang khusus menyediakan layanan jual beli barang bekas. Sebelum bernama OLX Indonesia, situs ini bernama Tokobagus.com. Namun pada bulan Maret 2014, OLX mengambil alih Tokobagus.com secara keseluruhan, termasuk mengubah namanya menjadi OLX.co.id.

Fitur yang dimiliki OLX bisa dibilang sangat mendukung untuk kegiatan jual beli barang bekas. Pengguna bisa dengan mudah menjual dan membeli barang bekas di sini. Agar barang yang dijual lebih cepat mendapatkan respon, OLX menyediakan fitur berbayar agar postingan produk tampil di halaman utama atau paling atas pencarian.

2. Jualo.com

Jualo

Jualo.com adalah situs lainnya yang juga identik dengan layanan jual beli barang bekas. Jualo.com menyediakan sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk proses jual beli yang mudah dan menyenangkan. Beberapa di antaranya adalah fitur barter atau tukar menukar barang dan ditur tawar menawar harga.

Sama seperti OLX Indonesia, Jualo.com juga memiliki fitur iklan premium untuk mempromosikan barang yang dijual agar lebih cepat mendapatkan calon pembeli. Dua hal yang membuat Jualo.com nyaman digunakan adalah antarmuka yang ramah pengguna dan tidak lemot.

3. Carousell

Carousell

Situs lain yang bisa digunakan untuk aktivitas jual beli barang bekas adalah Carousell. Situs ini mungkin lebih populer di kalangan pengguna wanita karena alat makeup dan fashion wanita disebutkan termasuk barang yang banyak diperjualbelikan.

Secara tampilan, Carousell memiliki antarmuka yang cukup ramah pengguna dengan tata letak yang mudah dimengerti. Fitur yang ditawarkan situs ini juga cukup lengkap, sehingga dapat mempermudah proses jual beli.

4. Prelo

Prelo

Prelo adalah situs jual beli barang bekas yang menawarkan fitur yang cukup lengkap dan inovatif. Contoh fitur inovatif yang dimiliki oleh Prelo adalah Jastip (singkatan dari jasa titip). Di sini pengguna yang hendak bepergian dapat menawarkan jasa titip kepada pengguna lain melalui perantara Prelo.

Situs yang berkantor di Bandung ini juga memiliki tampilan yang ramah pengguna dan responsif. Pengguna tidak perlu khawatir mendapatkan barang palsu karena Prelo menjamin bahwa semua barang yang dijual di situsnya merupakan barang asli alias bukan KW.

5. BelanjaBekas.com

BelanjaBekas

Situs jual beli barang bekas lainnya yang bisa digunakan adalah BelanjaBekas.com. Disebutkan kalau situs ini pada awalnya lebih difokuskan untuk niaga barang-barang elektronik bekas. Namun seiring berjalannya waktu, BelanjaBekas.com juga menerima barang-barang dari kategori lainnya.

Selain jual beli, situs ini juga menawarkan fungsi lelang barang bekas. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menjual barang miliknya langsung ke BelanjaBekas.com. Secara tampilan, BelanjaBekas.com memiliki antarmuka pengguna yang cukup nyaman.

6. Bukalapak

Bukalapak

Berbeda dengan lima situs di atas, Bukalapak dan beberapa situs lain yang akan dibahas di bawah ini merupakan sebuah marketplace online. Meskipun barang yang diperjualbelikan umumnya baru, namun tidak sedikit pelapak yang menawarkan berbagai jenis barang bekas di lapak mereka.

Barang bekas yang dijual di Bukalapak biasanya bukan satuan, melainkan dalam jumlah yang banyak. Contoh barang bekas yang banyak diperjualbelikan di Bukalapak adalah HP second dari luar negeri. Selain HP, di Bukalapak juga terdapat beragam barang bekas lainnya yang ditawarkan oleh para penggunanya.

Sekali lagi, jika ingin menjual barang bekas di marketplace online seperti Bukalapak, pastikan barang tersebut memang masih layak pakai, memiliki stok yang banyak serta tentunya memiliki banyak peminat.

7. Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia adalah marketplace online lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menjual barang-barang bekas. Sama seperti Bukalapak, Tokopedia juga lebih dikhususkan untuk jual beli barang baru. Namun tidak sedikit pengguna yang menjual berbagai barang bekas yang masih layak pakai di situs ini.

8. Shopee

Shopee

Shopee adalah alternatif marketplace online lainnya yang juga bisa digunakan sebagai tempat berjualan barang bekas. Sama seperti Bukalapak dan Tokopedia, barang bekas yang dijual di Shopee juga banyak macamnya, mulai dari produk elektronik hingga mainan anak-anak.

9. Facebook

Facebook Marketplace

Nah, yang terakhir ini bukanlah sebuah situs jual beli seperti situs-situs yang telah dibahas di atas. Seperti kita ketahui, Facebook merupakan situs jejaring sosial populer yang dapat diakses melaui web dan aplikasi mobile.

Selain digunakan sebagai wadah berinteraksi antar sesama penggunanya, Facebook juga tak jarang digunakan beberapa penggunanya untuk berjualan, termasuk barang-barang bekas. Facebook tentunya melihat potensi tersebut sehingga platform ini memberi dukungan.

Selain berjualan dengan fitur Marketplace, pengguna Facebook juga biasanya akan membuat sebuah grup jual beli barang bekas dalam lingkup regional, semisal “Grup Jual Beli Barang Bekas Bandung”, Bogor, Jakarta, dan lain sebagainya. Semua anggota grup bisa menjual barang bekas mereka kepada sesama anggota.

Sementara itu, Facebook menyediakan pengaturan posting yang mendukung aktivitas penjualan, termasuk salah satunya tombol pesan agar calon pembeli bisa langsung menghubungi penjual (bisa juga lewat komentar).

Sayangnya segala bentuk transaksi hanya melibatkan penjual dan pembeli saja, sehingga diperlukan tingkat kehati-hatian yang tinggi di sini. Oleh karena itu, umumnya yang melalukan transaksi jual beli lewat Facebook biasanya memilih COD-an agar terhindar dari segala bentuk penipuan.

Nah, itulah beberapa situs jual beli barang bekas yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari barang yang sudah tidak terpakai namun masih layak digunakan. Sebelum siap memulai, kamu bisa membaca dulu beberapa tips jual beli aman dari Carisinyal berikut ini.

Untuk Penjual

  • Pastikan barang bekas yang hendak dijual masih berfungsi dan layak.
  • Posting barang di situs jual beli pilihan dengan deskripsi yang jelas mengenai kondisi barang.
  • Tambahkan foto barang yang jelas dan hindari mengambil foto barang di atas lantai!
  • Cantumkan harga dan berikan penawaran yang masuk akal.
  • Pastikan kontak yang bisa dihubungi dalam keadaan aktif.
  • Cek uang yang diterima dengan baik agar terhindar dari uang palsu (jika transaksi COD).

Untuk Pembeli

  • Teliti barang sebelum membeli dan pastikan kondisi barang layak (jika memilih COD-an).
  • Calon pembeli berhak menanyakan kembali kondisi barang kepada penjual meskipun sudah tertera di deskripsi postingan (pada saat COD-an).
  • Hindari mentransfer uang kepada penjual barang secara langsung!
  • Jika tidak ada rekening bersama, sebaiknya transaksi dilakukan COD-an.
  • Cek ulasan pembeli lainnya jika membeli barang bekas di marketplace online.
  • Jangan terburu-buru ketika sedang COD-an, periksa kondisi barang lebih teliti lagi.

Itulah sedikit tips jual beli aman dari Carisinyal yang bisa diterapkan. Jangan lupa untuk membaca dan memahami tips jual beli aman dari situs yang bersangkutan agar aktivitas jual beli dan transaksi tetap aman dan nyaman.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *