9 Kelebihan dan Kekurangan PHP yang Perlu Anda Ketahui

9 Kelebihan dan Kekurangan PHP yang Perlu Anda Ketahui

Posted on 71 views


Apa saja kelebihan dan kekurangan PHP? PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan sebuah bahasa pemograman yang digunakan khussus untuk web development atau pengembangan web.

Biasanya PHP akan dgunakan secara bersamaan dengan HTML yang nanti dapat menciptakan sebuah website. Sebagai salah satu dari banyak bahasa pemograman berbasis web, sudah tentu PHP memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Di bawah ini kami telah memiliki informasi mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh PHP yang akan sangat bermanfaat bagi Anda yang baru mulai atau sudah terjun menggunakan PHP.

Kelebihan PHP

kelebihan dan kekurangan PHP

1. Mempunyai komunitas yang besar

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh PHP adalah bahasa pemograman yang satu ini memiliki komunitas yang besar. Sekarang hampir semua web sudah menggunakan PHP atau setidaknya pernah mencoba menggunakan PHP karena memang menjadi salah satu yang paling populer. Berbagai website seperti Facebook, WordPress, Wikipedia, Yahoo, dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh website terkenal yang telah menggunakan PHP.

Selain itu, berbagai forum yang isinya membahas seluk-beluk tentang PHP juga banyak tersedia. Di sini Anda bisa saling bertukar pikiran tentang permasalahan dan pengalaman yang Anda miliki. Berbagai universitas yang memiliki jurusan tentang teknologi informatika atau web development pun juga mengajarkan penggunaan PHP sebagai bekal mereka ketika harus membuat sebuah website.

2. Mudah dipelajari

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh PHP adalah ia termasuk bahasa pemograman yang bisa dipelajari dengan mudah. Selain itu, PHP juga mudah diinstal karena tidak membutuhkan langkah-langkah yang membuat Anda ribet. Belum lagi dengan entry level yang rendah alias dapat dipahami oleh mereka yang baru masuk atau baru menggunakan PHP.

Selain itu, masih banyak berbagai tutorial yang memberikan penjelasan secara lengkap mengenai PHP. Anda bisa mendapatkannya baik secara online maupun melalui buku dan juga lembaga kursus atau bimbingan yang bergerak di bidang pengembangan website.

3. Pengembangan yang cepat

Perlu Anda ketahui bahwa ketika membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan PHP. Maka proses yang terjadi jauh lebih cepat dibandingkan ketika Anda membuat aplikasi tersebut menggunakan bahasa pemograman yang lainnya. Selain itu PHP juga sudah dilengkapi dengan berbagai tools, fitur, boiler, yang bisa Anda nikmati secara gratis karena sifatnya yang open source.

Kelebihan ini sudah tentu akan memberikan keuntungan yang banyak dimana Anda tidak harus menghabiskan waktu yang lama ketika hendak membuat aplikasi. Namun tetap saja, lama tidaknya pembuatan aplikasi web pada dasarnya bergantung seberapa kompleks web yang dibuat dan seberapa lihai Anda di dalam menggunakan PHP.

4. Termasuk bahasa pemograman yang ringkas

Bagi Anda yang pernah menggunakan bahasa pemograman berupa java maupun ASAP. Anda tentu tidak kesulitan ketika menggunakannya, baik proses pemasangan sampai masuk ke proses penggunaan bahasa pemograman tersebut. Konfigurasi dengan menggunakan PHP juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi proses kompilasi yang lebih singkat jika Anda bandingkan dengan bahasa pemograman lain yang memiliki kompilasi yang lama.

5. Proses maintenance yang mudah

Kelebihan PHP yang kelima adalah ia tergolong ke dalam bahasa pemograman yang memiliki proses perawatan dan perbaikan yang mudah. Ketika seseorang menggunakan PHP, maka orang tersebut bisa dengan mudah melakukan proses update jika diperlukan karena memang pada dasarnya PHP memiliki sifat interpreter.

Selain itu, aplikasi yang pembuatannya menggunakan PHP juga akan lebih mudah ketika diupgrade dimana Anda juga tidak harus melakukan kompilasi ulang terhadap source code. Berbeda dengan bahasa pemograman yang lain dimana Anda akan diminta untuk melakukan kompilasi ulang ketika hendak melakukan proses upgrade.

6. Open source

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa PHP merupakan bahasa pemograman yang fitur-fiturnya bisa Anda gunakan dengan gratis karena sifatnya yang open source. Jadi, para pengguna bisa  dengan bebas memanfaatkan PHP dimana mereka tidak perlu harus memberikan bayaran atau royalti. Akan tetapi, pengguna tersebut tetap wajib mencantumkan lisensi yang mana lisensi tersebut dipegang oleh PHP Group.

Kekurangan PHP

kelebihan dan kekurangan PHP di dunia Website

Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai apa saja informasi terkait kekurangan dari PHP:

1. Memiliki banyak kompetisi

Di awal sudah dijelaskan bahwa kelebihan PHP adalah memiliki komunitas yang banyak. Akan tetapi, kehadiran komunitas yang banyak tersebut malah bisa menjadi bumerang untuk diri sendiri. Mengapa? Banyaknya komunitas bisa memicu terjadinya kompetisi. Belum lagi jumlah pengguna PHP yang semakin banyak dan menyebabkan persaingan yang terjadi semakin ketat.

2. Mudah untuk dibajak

Kekurangan PHP yang kedua adalah bahasa pemograman ini ternyata mudah untuk diretas atau dibajak. Hal ini tidak lepas dari sifatnya yang interpreter yang mana nanti source code bisa dimanfaatkan dengan sangat mudah dan kemudian dimodifikasi serta fungsinya juga akan diubah.

Maka dari itu, penggunaan PHP bagi mereka yang memiliki source code banyak yang ingin dirahasiakan kurang begitu cocok. Namun, PHP sudah menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk mengamankan source code tersebut. Sayangnya, fitur ini baru bisa digunakan ketika sudah memiliki extensi berbayar yang dikeluarkan salah satu corporasi pada bidang PHP yang cukup terkenal, yakni Zend.

3. Kurang begitu prestigious

Bagi Anda yang mencari sebuah bahasa pemograman dengan tingkatan yang lebih rumit. Maka jangan menggunakan PHP. Mereka yang ingin menggunakan PHP adalah mereka yang menyukai kesderhanaan namun tetap memberikan hasil yang maksimal. Meskipun begitu, ada yang berpendapat bahwa alasan mereka mengatakan PHP kurang prestigious adalah karena mereka masih belum terlalu paham atau menguasai seluk-beluk PHP.

Itulah kelebihan dan kekurangan PHP dibandingkan dengan bahasa web programming yang lain. Semoga artikel diatas bermanfaat dan mudah dipahami!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *