9 Dampak Penyimpangan Seksual bagi Masyarakat

Posted on 67 views


Di dalam kehidupan sehari-hari banyak kita lihat berbagai perilaku menyimpang yang merugikan diri pelaku sendiri hingga orang lain. Perilaku menyimpang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik remaja maupun orang dewasa. Pada remaja, perilaku menyimpang merupakan akibat pergaulan bebas di kalangan pelajar yang merugikan dirinya sendiri dan masa depannya. Salah satu perilaku menyimpang yang banyak ditemukan di masyarakat dan menjadi momok yang menakutkan adalah penyimpangan seksual.

Penyimpangan seksual ini juga banyak jenisnya seperti belakangan ini yang sedang marak, yakni LGBT (homo dan lesbi), biseksual, pedofelia, pornografi dan obscenity, frotase, incest, wifeswapping, transvestitisme, dan transeksualisme. Bicara soal LGBT yang sedang marak, ketahui pula penyebab LGBT dan penyebab orang menjadi gay ini. Penyimpangan seksual yang dilakukan seseorang ternyata juga membawa berpengaruh pada masyarat dan umumnya pengaruhnya bersifat negatif dan merugikan orang lain. Apa saja dampak penyimpangan seksual bagi masyarakat?

1. Timbulnya Kekacauan sebagai Aksi Balas Dendam

Orang yang melakukan penyimpangan seksual biasanya akan mencari korban untuk memenuhi kepuasannya sendiri. korbannya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Setelah terjadi korban akibat penyimpangan seksual maka dampaknya yang terjadi setelahnya bisa berupa kekacauan yang dibuat oleh keluarga korban karena tak terima dengan pelecehan yang dialami anggota keluarga. Kekacauan tersebut bisa berupa kekerasan fisik hingga verbal.

2. Masyarakat menjadi Resah dan Tidak Tenang

Dampak penyimpangan seksual bagi masyarakat juga berupa keresahan dalam bersosialisasi dan beraktivitas sehari-hari. Tidak saja hanya mengkhawatirkan diri sendiri bagi wanita yang umumnya menjadi korban, namun mereka juga memikirkan anak-anak yang juga kerap menjadi korban penyimpangan seksual. Bermunculannya berbagai berita tentang penyimpangan seksual membuat masyarakat tidak bisa hidup dengan tenang.

3. Rusaknya Tatanan Sosial dalam Masyarakat

Kehidupan dalam bermasyarakat khususnya di Indonesia sudah diatur dalam norma dan aturan. Namun dengan adanya perilaku penyimpangan ini maka dampak penyimpangan seksual bagi masyarakat adalah rusaknya tatanan sosial dalam masyarakat. Setiap individu dalam masyarakat bisa menjadi saling tidak mempercayai satu sama lainnya.

4. Munculnya Rantai Kejahatan yang Sama

Dampak penyimpangan seksual bagi masyarakat yang juga meresahkan adalah bermunculannya perilaku kejahatan seksual dari masa ke masa. Para anak-anak dan remaja yang menjadi korban penyimpangan seksual biasanya setelah tumbuh dewasa akan rentan melakukan penyimpangan seperti apa yang ia dapatkan.

5. Penularan Penyakit Berbahaya

Dampak penyimpangan seksual bagi masyarakat yang juga sangat mengkhawatirkan adalah penularan penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS dan berbagai penyakit kelamin lainnya yang ditularkan pelaku penyimpangan seksual kepada korbannya. Pada beberapa penyakit penularannya bisa dengan sangat mudah dan tidak harus melalui hubungan badan.

6. Menimbulkan Masalah Psikologis bagi Korban

Dampak penyimpangan seksual bagi masyarakat yang pasti adalah akan menimbulkan masalah psikologis hingga traumatis pada masyarakat yang menjadi korban penyimpangan seksual. Hal ini bisa merusak kepercayaan individu yang menjadi korban terhadap lawan jenis bagi perilaku pemerkosaan atau korban penyimpangan seksual lainnya.

7. Menjadi Contoh yang Buruk Bagi Penerus Generasi

Dampak penyimpangan seksual bagi masyarakat juga akan berimbas pada generasi penerus. Di mana mereka bisa menjadikan perilaku penyimpangan seksual ini sebagai contoh yang seharusnya tidak patut mereka tiru. Bagi beberapa orang yang cenderung suka berperilaku menyimpang akan dengan mudah mencontoh perilaku tersebut. Ini juga menjadi penyebab masalah generasi muda masa kini yang harus segera diantisipasi.

8. Rusaknya Unsur Budaya dalam masyarakat

Rusaknya unsur budaya dalam masyarakat yang selama ini tertata dengan baik juga menjadi dampak penyimpangan seksual bagi masyarakat. Bahkan juga bisa menyebabkan hilangnya nilai-nilai budaya yang menjadi jati diri suatu bangsa. Hilangnya nilai-nilai budaya dalam masyarakat dan berganti dengan ketimpangan-ketimpangan sosial dan budaya.

9. Menjadikan Kehidupan Bermasyarakat Tak Lagi Aman

Kita semua tentu mengharapkan kehidupan bermasyarakat yang aman dan jauh dari berbagai kejadian yang meresahkan. Namun dengan adanya pelaku penyimpangan seksual ini justru malah membuat masyarakat tidak lagi merasa aman dan selalu penuh dengan kewaspadaan.

Itulah 9 dampak penyimpangan seksual bagi masyarakat sehingga para pelaku menyimpang harus segera ditindak agar tidak merusak ketentraman dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab perilaku menyimpang juga bisa disebabkan oleh penyimpangan sosial dalam keluarga dan karena faktor broken home dalam keluarga. Karena itu anak-anak perlu diajarkan cara menghindari pergaulan bebas agar tidak berperilaku menyimpang. Itulah pentingnya peran orang tua dalam mendidik kepriadian anak sejak dini agar terhindar dari perilaku menyimpang.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *