8 Cara Menghadapi Orang Sombong Menurut Islam

Posted on 70 views


Orang sombong banyak tidak disukai karena kebiasaannya yang suka memamerkan dan membanggakan apa yang ia miliki. Orang sombong juga terlalu percaya diri dalam berbicara dan selalu meninggi serta memandang rendah orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa bertemu dengan orang sombong di lingkungan sekitar kita. Sombong merupakan sifat buruk alami manusia yang tidak baik dipelihara dalam diri.

Baik di lingkungan bertetangga, sekolah, hingga tempat kerja. Menghadapi orang yang selalu berlagak sombong terkadang cukup membuat kita gerah, lalu bagaimana cara menghadapi orang sombong menurut islam? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan menghadapi orang yang sombong.

1. Juga Bersikap Sombong Kepadanya

Cara menghadapi orang sombong menurut islam yang bisa kita lakukan adalah dengan juga bersikap sombong kepadanya. Namun membalas kesombongan dengan kesombongan bukan bertujuan untuk membanggakan diri sendiri. Tapi untuk menyadarkan orang yang sombong dan lupa diri tersebut.

Agar ia sadar bahwa bukanlah dirinya satu-satunya yang memiliki segalanya atau yang paling hebat di antara manusia-manusia lainnya. Juga untuk menyadarkannya bahwa apa yang iya sombongkan belumlah seberapa. Juga untuk menimbulkan rasa malu dalam dirinya karena telah merasa jadi yang tertinggi dari yang lainnya.

2. Menghindarlah Sebisa Mungkin

Cara menghadapi orang sombong menurut islam bisa dilakukan dengan menghindarinya saja. Bukan untuk memutuskan hubungan silaturahmi tapi untuk menghindari rasa jengkel dan perselisihan yang mungkin terjadi karena sikapnya yang terlalu sombong dan suka meremehkan orang lain. Orang yang terlalu sombong bisa memancing emosi yang menimbulkan pertikaian, karena itu sebaiknya dihindari saja.

3. Tidak Terpengaruh dengan Sikap Orang Sombong

Orang sombong memang sikapnya selalu bisa menggelitik dan memancing emosi orang lain. Namun cara menghadapi orang sombong menurut islam yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak terpengaruh. Bagaimanapun sikapnya, apapun yang dia katakan, anggaplah sebagai angin lalu dan jangan biarkan singgah di dalam hati. Yang bermasalah di sini bukanlah diri kita melainkan orang itu sendiri. Jadi untuk apa kita terlalu pusing memikirkan dan menanggapi kesombongannya?

4. Tetaplah Bersikap Baik

Cara menghadapi orang sombong menurut islam berikutnya adalah dengan tetap bersikap baik dan tidak membiarkan emosi terpancing. Selalulah berpikir positif dan perbanyak sabar agar diri kita tetap tenang berhadapan dengan orang sombong. Sebagai seorang muslim kita pun tahu bahwa tidak ada yang bisa kita sombongkan di dunia ini. Orang yang sombong jika dibalas dengan kebaikan ia bisa jadi malu sendiri.

5. Berusahalah Memaklumi

Cara menghadapi orang sombong menurut islam juga bisa kita lakukan dengan memaklumi tabiat orang tersebut. Kalau kita sudah bisa memaklumi sikap orang tersebut maka kita pun jadi terbiasa melihatnya yang selalu sombong. Jadi perasaan risih melihatnya pun jadi hilang. Dengan berusaha memaklumi pikiran kita juga lebih positif dan ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan hati dari perasaan iri dan dengki serta penyakit hati lainnya. Banyak sekali lho akibat iri hati dan dengki yang pada akhirnya hanya akan merugikan diri kita sendiri.

6. Tetap Menjadi Diri Sendiri

Cara menghadapi orang sombong menurut islam selanjutnya adalah dengan tetap menjadi diri sendiri. Mau seberapa pun ia merendahkan kita abaikan saja dan tetaplah menjadi diri sendiri. Cukup perlihatkan kemampuan kita agar orang sombong tersebut malu sendiri.

7. Berikan Tanggung Jawab yang Sulit Ia Lakukan

Orang sombong tidak selalu bisa melakukan apa saja. Maka cara menghadapi orang sombong menurut islam yang bisa kita lakukan untuk menyadarkannya adalah dengan memberikan tugas atau tanggung jawab yang tidak sesuai dengan kemampuannya. Saat tak mampu menyelesaikan sesuatu, apakah ia masih bisa menyombongkankan diri?

8. Hadapi Kesombongannya dengan Senyuman

Orang yang sombong akan berusaha membuat orang lain jadi terlihat rendah dan tidak ada apa-apanya dibanding dirinya. Karena itu saat merasa orang sombong di sekitar kita ingin menjatuhkan kita, tetaplah hadapi dengan senyuman dan bersikaplah seperti kita sama sekali tidak mempermasalahkan tindakannya. Saat ia merasa perlakuannya tidak digubris, saat itulah ia akan menjadi kesal dan lelah karena merasa kita bukanlah orang yang tepat untuk disombongi.

Itulah 8 cara menghadapi orang sombong menurut islam yang bisa kita lakukan tanpa emosi terpancing dan jadi tidak terkendali. Nah, bagaimana dengan diri kita sendiri? Apakah termasuk ciri-ciri orang sombong? Jika ia cobalah belajar cara menghilangkan sifat sombong dari dalam diri sebagai cara agar disenangi orang lain di sekitar kita. Selain itu kita juga harus belajar cara menghindari sifat riya karena sifat riya juga mendekati sifat sombong.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *