6 Cara Menghukum Anak Menurut Islam yang Dibolehkan

Posted on 47 views


Anak adalah titipan Tuhan yang harus kita jaga dan rawat dengan baik penuh dengan kasih sayang. Anak adalah tanggung jawab kita sebagai orang tua yang harus dibesarkan dengan ilmu pengetahuan dan agama. Penting sekali untuk mengajarkan pendidikan agama sejak dini pada anak untuk membentuk pribadi dan karakter anak yang baik dan sholeh.

Yang namanya anak-anak selalu diwarnai dengan tingkahnya yang sering bikin orang tua kewalahan. Bahkan banyak anak-anak yang tumbuh menjadi nakal karena pengaruh lingkungan, pola asuh yang salah dan anak kurang mendapat perhatian dan kasih sayang serta berbagai penyebab lainnya. Mendidik anak dengan cara menghukum sah-sah saja agar anak tahu kesalahan yang ia perbuat.

Sayangnya terkadang orang tua pun tanpa sadar menghukum anak jadi berlebihan dan sangat keras sehingga juga memberikan dampak buruk bagi anak. Jadi, bagaimana seharusnya orang tua mendidik anak? Berikut cara menghukum anak menurut islam.

1. Jangan Gunakan Kekerasan

Menghukum anak sering dilakukan orang tua agar anak tidak lagi mengulang kesalahan yang sama. Memang benar bahwa sedini mungkin anak harus diajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Berbuat kesalahan harus menerima konsekuensi berua sanksi atau hukuman. Hanya saja cara menghukum anak menurut islam itu tidak boleh dengan kekerasan.

Cukup banyak orang tua jadi hilang kesabaran saat menghadapi anaknya yang nakal. Tentunya hal ini juga berpengaruh buruk untuk perkembangan mental anak. Kekerasan tidak hanya bisa membuat anak jera, tapi justru bisa membuat anak tumbuh jadi sosok yang keras sesuai dengan perlakuan yang ia terima. Cara mendidik anak yang baik tidaklah dengan kekerasan.

2. Sesuaikan Hukuman dengan Kesalahan Anak

Cara menghukum anak menurut islam juga dengan memberikan hukuman yang wajar dan sesuai dengan kesalahan yang dilakukan anak. Selain itu pemberian hukuman juga disesuaikan dengan tabiat anak. Jika anak bisa dihukum dengan cara sederhana maka lakukanlah. Tapi jika anak memiliki tabiat pembangkang dan agresif dan kesalahan yang dilakukan cukup besar, hukuman yang diberikan pun tentu harus bisa membuat anak jera. Tapi jangan sampai hukuman terlalu keras hingga membuat anak tertekan. Ada banyak macam-macam hukuman yang mendidik yang bisa diberikan kepada anak dan pilihlah yang paling sesuai.

3. Beri Hukuman secara Bertahap

Karakter anak-anak tidaklah sama, karena itu kita tidak bisa untuk memberikan hukuman yang sama pada semua anak-anak yang nakal. Ada anak yang langsung mengerti hanya dengan memberikan peringatan dan ada pula anak yang tidak peka dan harus dimarahi dulu ia mengerti. Karena itu jika ingin menghukum anak untuk memperbaiki karakternya mulailah dari cara yang halus dan ringan. Jika anak tetap tidak menggubris barulah dengan cara yang lebih keras.

4. Menghukum Sambil Menasehati

Cara menghukum anak menurut islam yang tepat adalah diiringi dengan nasihat. Hukuman sebagai konsekuensi atas perbuatan salahnya sementara nasihat untuk membimbing anak ke jalan yang benar. Saat hukuman berjalan nasihat pun juga harus terus berjalan agar anak lebih paham kenapa ia harus menerima hukuman atas perbuatannya. Jangan pula hanya menghukum tanpa mencari tahu penyebab anak nakal yang bisa saja karena pengaruh dari luar yang perlu kita perbaiki.

5. Boleh Memukul tapi Tidak Keras dan Membekas

Jika anak memang tidak bisa dihukum dengan cara yang ringan, maka cara menghukum anak menurut islam yang juga dibolehkan anak adalah dengan memukulnya. Tapi perlu diketahui bahwa pukulan yang diberikan tidak boleh keras apalagi sampai meninggalkan bekas seperti kemerahan pada kulit. Selain itu juga tidak boleh memukul di daerah vital pada tubuh anak dan jangan memukul dengan benda keras.

6. Tegas dalam Menghukum

Cara menghukum anak menurut islam agar efektif harus diiringi dengan sikap yang tegas pada anak. Jangan sampai memberikan hukuman pada anak namun hukuman tersebut bisa dilanggar oleh anak karena ia sama sekali tidak merasa takut kepada kita yang menghukum. Dengan bersikap tegas dan konsisten in sya Allah anak bisa paham dengan kesalahannya dan mau memperbaiki diri dan tidak lagi mau mengulangi kesalahannya lagi.

Itulah 6 cara menghukum anak menurut islam yang bisa dilakukan orang tua. Menghukum anak juga merupakan salah satu cara mendidik anak agar tidak terus berperilaku menyimpang. Hanya saja orang tua harus tahu batasan-batasan dalam menghukum dan jangan sampai kebablasan hingga melukai perasaan dan fisik anak.

Simak juga berbagai cara mengatasi anak nakal di sekolah yang sering kali luput dari perhatian orang tua, cara mengatasi anak nakal dan susah diatur, cara menjadi orang tua yang baik dan cara sabar menghadapi anak yang nakal.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *