Snipping Tool

5 Rekomendasi Aplikasi Screenshot Untuk Laptop Windows

Posted on 66 views


Saat ini screenshot adalah hal yang populer dilakukan banyak orang di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Penggunaan screenshot sudah lebih dari sebatas menangkap dan membagikan pesan eror yang ditampilkan layar laptop.

Meskipun lebih sering digunakan oleh pengguna smartphone (menurut pengamatan penulis), pengguna laptop juga tak jarang menggunakan screenshot untuk menangkap informasi tertentu pada layar laptop mereka.

Saat ingin berbagi tutorial menggunakan sebuah aplikasi atau software misalnya. Agar pembaca merasa lebih jelas dan memahami, tutorial tersebut biasanya dilengkapi dengan bantuan visual berupa gambar hasil screenshot.

Tombol Screenshot Bawaan

Tombol Screenshot Bawaan

* sumber: pixabay.com

Melakukan screenshot di laptop bisa dilakukan semudah screenshot di smartphone. Hal itu karena pabrikan laptop sudah melengkapi produk mereka dengan tombol screenshot khusus (Print Screen / Prt Sc di laptop Windows) yang bekerja di semua sistem.

Hanya dengan menekan tombol Print Screen saja, kamu sudah bisa men-screenshot gambar atau layar yang diinginkan. Namun, tombol screenshot bawaan ini memiliki fitur yang terbatas, salah satunya hanya tersedia satu jenis format file saja.

Berikut adalah langkah-langkah screenshot di laptop Windows menggunakan tombol Print Screen.

  • Windows 8, 8.1, dan 10: Tekan tombol Windows+Print Screen untuk screenshot layar penuh (gambar langsung disimpan dalam format PNG di folder Pictures).
  • Semua versi Windows: Tekan tombol Print Screen untuk menyimpan salinan layar ke clipboard, kemudian tempelkan atau paste ke aplikasi penyuntingan gambar apa pun (gunakan aplikasi bawaan Paint jika tidak memiliki aplikasi penyuntingan gambar yang lain).
  • Semua versi Windows: Tekan tombol Alt+Print Screen untuk menyimpan salinan layar “jendela yang aktif” ke clipboard, kemudian tempelkan atau paste ke aplikasi penyuntingan gambar apa pun.
  • Windows 10: Tekan tombol Windows+Shift+S untuk menangkap sebidang layar dan menyalinnya ke clipboard.

Aplikasi Screenshot Laptop

Kamu memerlukan aplikasi screenshot khusus jika menginginkan hasil yang lebih maksimal. Kamu bisa menggunakan aplikasi screenshot bawaan atau pihak ketiga. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi screenshot laptop yang handal.

1. Snipping Tool

Snipping Tool

Ini adalah aplikasi screenshot bawaaan yang bisa digunakan di Windows 7, 8, 8.1, dan 10. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk men-screenshot layar penuh, sebuah jendela tunggal, atau area layar tertentu (bentuk persegi panjang atau bebas).

Sejumlah fitur juga telah disematkan, termasuk Penghapus, Pensil, Stabilo, dan lain-lain. Kamu juga bisa memilih di antara empat jenis format file saat hendak menyimpan hasil screenshot, yaitu PNG, GIF, JPEG, atau MHT.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Pertama, jika aplikasi Snipping Tool belum kamu simpan di taskbar atau menu Start, kamu bisa mencarinya melalui kotak Pencarian.

Selanjutnya buka aplikasi lalu pilih metode screenshot yang diinginkan. Setelah screenshot selesai, hasilnya bisa kamu simpan di folder yang kamu pilih (default-nya folder Pictures).

2. Greenshot

Greenshot

Greenshot adalah sebuah program screenshot gratis dan open-source untuk Microsoft Windows. Greenshot juga tersedia untuk macOS, tetapi sebagai perangkat lunak berpemilik melalui App Store. Sama seperti Snipping Tool, Greenshot juga mudah dan ringan untuk digunakan (ukurannya hanya 1,69 MB).

Greenshot dilengkapi dengan sejumlah fitur yang beberapa di antaranya tidak tersedia di Snipping Tool, seperti menangkap halaman web (scrolling) yang lengkap dari Internet Explorer, membuat anotasi, beberapa opsi ekspor dan unggah, dan lain sebagainya.

Jutaan orang telah mengandalkan Greenshot untuk setiap aksi screenshot layar laptop mereka. Program yang dikembangkan oleh Thomas Braun, Jens Klingen, dan Robin Krom ini dirilis pada tahun 2007 dan hingga saat ini telah mendukung lebih dari 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Kamu bisa mengunduh Greenshot di sini.

3. PicPick

PicPick

Nah, aplikasi screenshot yang satu ini bersifat “freemium” yang berarti menawarkan layanan dasarnya secara gratis, dan mengenakan biaya hanya untuk fitur lanjutan. Jika kamu pengguna rumahan, kamu cukup menggunakan PicPick yang gratis. Sementara untuk keperluan bisnis, sebaiknya gunakan PicPick premium yang menawarkan banyak fitur profesional.

Dari ukurannya yang hampir 15 MB dan antarmuka Windows-nya yang modern sudah menunjukkan kalau PicPick lebih dari sekedar aplikasi screenshot biasa. Jika kamu seorang blogger yang gemar berbagi tutorial bergambar dengan pembaca, kamu akan sangat terbantu dengan fitur pengeditan dan anotasi PicPick yang benar-benar dapat diandalkan.

Menerapkan efek, menyisipkan teks, dan menambahkan tanda seperti angka dan panah untuk membubuhi keterangan screenshot adalah beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh PicPick. Dengan demikian, bantuan visual pada tutorial yang kamu tulis akan terlihat lebih profesional dan memudahkan pembaca dalam memahami dan mengikutinya.

Sekali lagi, PicPick yang mendukung sekitar 40 bahasa ini sepenuhnya gratis untuk penggunaan di rumah. Untuk informasi lanjut mengenai biaya pembelian bisa kamu dapatkan di situs download PicPick di sini.

4. ShareX

ShareX

ShareX adalah sebuah aplikasi screenshot open-source dan gratis digunakan. Salah satu keunggulan dari ShareX adalah memungkinkan penggunanya untuk dapat mengunggah hasil screenshot ke berbagai tujuan atau layanan.

Ada banyak fitur-fitur keren lainnya yang ditawarkan oleh ShareX. Beberapa di antaranya adalah “Scrolling Capture” (screenshot halaman panjang) di berbagai aplikasi, “Webpage Capture” di berbagai alamat situs, menambahkan watermark ke hasil screenshot, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sejumlah keunggulan yang dimiliki ShareX selain gratis adalah tanpa iklan, ringan dan mudah digunakan, alur kerja yang dapat disesuaikan, opsi sharing yang mudah, metode screenshot yang banyak (di atas sepuluh metode), opsi tugas pasca-screenshot yang beragam dan sangat membantu, alat anotasi yang lumayan lengkap, metode unggah yang juga beragam, dan lain sebagainya.

Aplikasi screenshot laptop ShareX dapat digunakan di Windows 7, 8.1, dan 10. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, kamu bisa langsung mengunduh ShareX di sini.

5. Snagit

Snagit

Snagit adalah aplikasi screenshot berbayar yang lebih ditujukan bagi kalangan profesional. Beberapa fitur utama yang dimiliki oleh Snagit adalah template-template yang dapat digunakan untuk membuat dokumentasi visual, tutorial, dan materi pelatihan dari hasil screenshot, membuat video atau GIF dari hasil screenshot, dan tujuan berbagi yang mendukung baik korporasi.

Fitur-fitur Snagit lainnya termasuk jendela pratinjau yang menunjukkan gambar yang diperbesar dari area di mana kursor melayang, editing ukuran gambar, efek khusus, dll, toolbar cepat untuk mempercepat proses screenshot, tersedia berbagai macam bahasa, mendukung banyak metode screenshot, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Secara keseluruhan, Snagit menawarkan sejumlah fitur screenshot unggulan untuk hasil yang juga unggul. Snagit menawarkan percobaan gratis (versi penuh) selama 15 hari bagi mereka yang tertarik menggunakannya. Snagit tersedia untuk Windows dan Mac dan bisa kamu unduh di sini.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi screenshot laptop yang dapat diandalkan. Jika kamu pengguna rumahan, kamu bisa menggunakan versi yang gratis. Namun untuk tujuan yang lebih profesional, menggunakan versi berbayar bisa sangat membantu.

Carisinyal telah menulis berbagai artikel menaring mengenai screenshot, salah satunya adalah mengenai cara screenshot panjang di HP dan PC dengan mudah.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *