5+ Contoh Teks Diskusi Berbagai Topik + Strukturnya [SINGKAT]

5+ Contoh Teks Diskusi Berbagai Topik + Strukturnya [SINGKAT]

Posted on 79 views


Dalam bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan teks diskusi adalah teks yang isinya mengenai dua pendapat yang berbeda tentang sesuatu hal atau permasalahan yang menjadi polemik di tengah masyarakat.

Sebagaimana teks eksplanasi, teks persuasif, atau teks lainnya, teks diskusi juga memiliki karakteristik kebahasaan tersendiri antara lain digunakannya konjungsi pertentangan seperti sedangkan, tetapi, tidak … tetapi, bukan … melainkan; digunakannya kohesi gramatikal dan leksikal, diawali dengan kalimat tanya; serta menggunakan modalitas. Biasanya, teks diskusi banyak ditemui di surat kabar dan lain-lain.

Contoh Teks Diskusi dan Strukturnya

Berikut disajikan secara singkat beberapa contoh teks diskusi bertemakan sampah, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan internet.

1. Contoh Teks Diskusi tentang Sampah

Contoh Teks Diskusi tentang Sampah

IsuAdanya impor sampah plastik menambah beban permasalahan sampah plastik di Indonesia yang sudah memasuki status darurat sampah plastik. Di satu sisi sampah plastik jelas merusak lingkungan karena tidak dapat diurai secara alami. Tetapi di sisi lain, sampah plastik memberikan keuntungan bagi mereka yang hidupnya bergantung dari sampah plastik. Apakah impor sampah plastik ini akan terus berlangsung?
Argumen Mendukung (Pro)Mereka yang sepakat impor sampah plastik tetap dipertahankan berpendapat bahwa sampah plastik memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi masyarakat seperti dijual ke pabrik sebagai bahan bakar ataupun sebagai bahan membuat biji plastik. Untuk itu, selama masih ada masyarakat yang bersedia menampung, memilah, serta memanfaatkan sampah plastik untuk memberikan dampak ekonomis, maka hal itu mengapa.
Argumen Menolak (Kontra)Sedangkan mereka yang tidak sepakat diteruskannya impor sampah plastik berpendapat bahwa sampah plastik sangat sulit diurai secara alamiah dan karenanya sangat merusak lingkungan. Selain itu, partikel mikroplastik yang terbuang bersamaan dengan limbah pabrik merupakan transporter bagi limbah beracun dan zat berbahaya lainnya.

2. Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan

Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan

IsuBeberapa waktu yang lalu, wacana sekolah lima hari masing-masing selama 8 jam sempat menyeruak ke publik. Munculnya wacana ini dilatarbelakangi oleh semakin hilangnya karakter bangsa pada diri anak didik yang dibuktikan dengan berbagai kasus yang timbul di dunia pendidikan, seperti tawuran atau seorang siswa yang menghajar gurunya hingga meninggal dunia dan lain-lain. Tentunya semua pihak sepakat bahwa pendidikan karakter itu penting. Namun, sekolah 8 jam demi penguatan pendidikan karakter dinilai sangat berlebihan. Bagaimana sebaiknya?
Argumen Mendukung (Pro)Bagi mereka yang sepakat dengan wacana ini berpendapat hal tersebut baik bagi anak agar anak tidak keluyuran tidak jelas setelah pulang sekolah. Alasan berikutnya adalah melatih sosialisasi anak dengan teman-teman yang semakin tergerus akibat lebih fokus pada gawai yang dimiliki. Selain itu, orang tua juga dapat mengalihkan anggaran yang dikeluarkan untuk biaya kursus atau les di luar sekolah ke hal-hal lain yang lebih penting.
Argumen Menolak (Kontra)Sedangkan mereka yang tidak sepakat dengan wacana ini berpendapat bahwa waktu yang dimiliki anak tidak melulu untuk sekolah melainkan juga untuk bermain atau melakukan kegiatan lain yang dapat menggali potensi dan bakat yang dimiliki sang anak. Bagi mereka, kualitas belajar lebih penting dibandingkan dengan lamanya waktu belajar. Mereka juga berpendapat bahwa penguatan pendidikan karakter lebih efektif dilakukan oleh keluarga sebagai salah satu lembaga sosial sekaligus pendidikan yang pertama bagi anak.

3. Contoh Teks Diskusi tentang Kesehatan

Teks Diskusi tentang Kesehatan

IsuSiapa yang tidak suka kopi? Minuman yang satu ini kini tengah menjadi tren di kalangan kaum milenial. Meskipun beberapa pendapat menyatakan minum kopi secara rutin dapat memicu kanker, namun tidak sedikit juga pendapat yang menyatakan sebaliknya. Tentunya kedua pendapat ini tidak berdiri sendiri melainkan didukung oleh hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli. Benarkah mengkonsumsi kopi dapat memicu kanker?
Argumen Mendukung (Pro)Bagi yang sepakat bahwa minum kopi secara rutin dapat memicu kanker berpendapat bahwa dalam kopi terdapat bahan kimia yang disebut dengan acrylamide. Menurut hasil penelitian, mengkonsumsi acrylamide dalam jumlah besar dapat memicu kanker.
Argumen Menolak (Kontra)Di sisi lain, kopi justru memberikan dampak positif bagi kesehatan. Mereka yang berpendapat mengkonsumsi kopi memberikan dampak positif bagi kesehatan beralasan bahwa kopi mengandung zat yang bersifat anti-peradangan. Zat ini ditengarai dapat menurunkan resiko kematian prematur. Beberapa hasil bahkan studi menunjukkan bahwa meminum kopi tiga hingga empat cangkir sehari dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker kulit, prostat, uterus, dan hati.

4. Contoh Teks Diskusi tentang Lingkungan

Teks Diskusi tentang Lingkungan

IsuIndonesia merupakan negara dengan prouksi sampah plastik terbesar kedua di dunia. Bahkan per tahunnya, jumlah sampah plastik yang dihasilkan mencapai 7,2 juta ton. Besarnya jumlah sampah plastik yang dihasilkan terbukti sangat mencemari lingkungan karena sampah plastik tidak dapat diurai secara alamiah. Untuk mengurangi jumlah penggunaan plastik dan demi menjaga lingkungan, pemerintah berencana mengenakan cukai pada plastik. Tepatkah rencana kebijakan tersebut?
Argumen Mendukung (Pro)Sebagian masyarakat menyatakan setuju pemberlakukan cukai plastik mengingat dampak negatif yang ditimbulkan sampah plastik bagi pengguna maupun lingkungan yang sangat besar. Meskipun begitu, rencana kebijakan pengenaan cukai plastik harus diikuti pula dengan kebijakan lain misalnya seperti membayar plastik yang digunakan di ritel-ritel, menyosialisasikan kepada konsumen agar mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya.
Argumen Menolak (Kontra)Rencana pengenaan cukai plastik ini mendapat tentangan dari berbagai pihak. Selain dipandang tidak cukup efektif untuk mengatasi masalah sampah plastik. Mereka berpendapat bahwa cara yang paling efektif untuk mengurangi jumlah sampah plastik adalah dengan cara memperbaiki serta mendukung sistem pengelolaan dan pengolahan sampah dibandingkan mengenakan cukai pada plastik. Ketidaksepakatan terhadap rencana pengenaan cukai plastik juga disuarakan kalangan industri atau pelaku usaha. Bagi kalangan industri rencana kebijakan ini ditengarai dapat mematikan industri plastik yang selama ini telah berjalan. Alasan lainnya adalah adanya nilai ekonomis yang dimiliki sampah plastik. Selama ini, sampah plastik menjadi sumber ekonomi bagi sebagian masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang bersedia memilah, menampung serta mengolah sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti dijual ke pabrik untuk dijadikan bahan bakar atau didaur ulang menjadi produk-produk baru yang bernilai tinggi.

5. Contoh Teks Duskusi tentang Internet

Contoh Teks Duskusi tentang Internet

IsuBeberapa waktu yang lalu, pemblokiran internet diberlakukan di Papua akibat kerusuhan yang terjadi di beberapa wilayah. Diberitakan oleh berbagai media, kerusuhan yang terjadi di Papua dipicu oleh viralnya berita bohong atau informasi hoax melalui aplikasi pesan instan atau aplikasi chatting. Akibatnya, pemerintah memutuskan untuk memblokir internet guna mencegah tersebarnya berita bohong yang berpotensi memprovokasi masyarakat. Apakah keputusan pemblokiran internet untuk mencegah tersebarnya berita bohong yang dapat memprovokasi masyarakat ini sudah tepat?
Argumen Mendukung (Pro)Sebagian berpendapat bahwa hal ini perlu dilakukan guna menutup keran informasi yang tidak benar agar tidak tersebar luas ke tengah masyarakat. Dengan demikian, potensi meluasnya kerusuhan di tanah Papua dapat diminimalisir.
Argumen Menolak (Kontra)Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang keberatan dengan kebijakan ini mengingat mereka juga membutuhkan internet untuk belajar atau bekerja serta memperoleh informasi yang benar dan utuh dari pemerintah. Pemblokiran internet juga dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang selama ini ingin memisahkan diri dari Indonesia dengan memberikan informasi yang tidak benar sebagai upaya mendapatkan simpati dari dunia internasional.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai beberapa contoh teks diskusi beserta strukturnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *