5 Cara Resign Tanpa Bayar Penalti di Indomaret

Posted on 74 views


Setiap karyawan yang masuk dalam sebuah perusahaan biasanya akan menekan kontrak kerja yang isinya juga mencangkup tentang ketentuan-ketentuan yang harus disepakati kedua belah pihak, baik pekerja maupun pemberi kerja. Kesalahan yang sering kali dilakukan pelamar kerja adalah menandatangani kontak tanpa membaca isi perjanjian dengan teliti.

Salah satu ketentuan yang juga terlampir dalam kontrak kerja adalah soal biaya penalti yang harus dibayarkan jika terjadi pelanggaran. Termasuk pekerja yang ingin resign sebelum tiba masa habis kerjanya. Apu pun alasan pekerja ingin resign biasanya penalti ini harus dibayarkan dan jumlahnya sesuai dengan ketentuan dari tempat kerja.

Sayangnya setelah beberapa bulan bekerja justru kita jadi tak betah bekerja karena tidak merasa nyaman dan cocok dengan pekerjaan yang diberikan. lalu timbulkan keinginan untuk resign dan mencari pekerjaan lain yang lebih sesuai. Tapi karena telah menandatangani kontrak kerja maka kita tidak bisa mengundurkan diri begitu saja kecuali bersedia membayar penalti. Nah, untuk kamu yang bekerja di indomaret, bagaimana cara resign tanpa bayar penalti di indomaret?

1. Bicarakan Baik-baik dengan Atasan

Pertama, cara resign tanpa bayar penalti di indomaret yang bisa kita lakukan adalah dengan berbicara baik-baik pada atasan. Memang dalam kontrak telah tertera bahwa karyawan yang mengundurkan diri harus membayar denda. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba membicarakan lagi pada atasan. Mana tahu ada jalan keluar yang baik dari atasan tanpa harus membayar pinalti.

2. Buat Masalah di Tempat Kerja

Meski ini bukanlah pilihan yang benar untuk cara resign tanpa bayar penalti di indomaret, tapi mungkin kamu harus mencoba jika memang kamu sudah gerah bekerja atau ada hal mendadak yang membuat kamu harus segera berhenti bekerja.

Kamu bisa melakukan banyak kesalahan di tempat kerja sehingga pekerjaan kamu terlihat tidak becus dan pada akhirnya atasanlah yang memberhentikan kamu bekerja. Bisa juga dengan membuat banyak masalah hingga membuat atasan juga gerah dengan ulahmu. Meski cara ini tidak menjamin, tapi sepertinya bisa kamu coba.

3. Nekad Resign dan Kabur

Mengajukan surat pengunduran diri sesuai prosedur tidak bisa membebaskan kamu dari denda karena telah melanggar kontrak. Karena itu cara resign tanpa bayar penalti di indomaret yang bisa kamu lakukan adalah segera berhenti bekerja dan kabur.

Ini juga bukan cara resign tanpa bayar penalti di indomaret yang benar, tapi bisa jadi pilihan terakhir jika kamu ngebet ingin segera resign. Namun kamu kalau kamu mau nekad kamu juga harus siap dengan risiko yang mungkin akan kamu hadapi ke depannya.

Mungkin banyak para pekerja yang berhasil dengan cara ini, namun kita tidak tahu apakah keberuntungan juga berpihak pada kita jika memilih berhenti dengan cara yang terbilang ekstrem ini. Jadi, kalau kamu berani kabur juga harus berani menghadapi konsekuensinya nanti ya.

4. Berkaca dari Pengalaman Orang Lain

Cara resign tanpa bayar penalti di indomaret juga bisa kamu dapatkan jika rajin bertanya pada orang lain yang pernah melakukannya. Rajin-rajinlah bertanya dan dapatkan informasi tentang bagaimana cara resign tanpa bayar penalti di indomaret. Berbekal pengalaman orang lain mungkin kamu bisa menemukan jalan keluar untuk mengatasi permasalahanmu.

5. Minta Bantuan Orang Dalam

Opsi lain sebagai cara resign tanpa bayar penalti di indomaret adalah dengan meminta bantuan orang dalam yang mungkin saja kebetulan kamu kenal. Akan lebih bagus lagi jika orang tersebut memiliki posisi yang cukup tinggi di dalam perusahaan.

Tentunya ini cara yang juga tidak mudah dan bisa menjamin kamu terbebas dari pinalti karena belum tentu kita kenal dengan orang dalam, bukan? Dan juga kalau tidak begitu dekat dengan orang dalam belum tentu pula beliau mau membantu kita.

Itulah 5 cara resign tanpa bayar penalti di indomaret yang mungkin bisa membantu permasalahan kamu. Dan untuk ke depannya sebaiknya cari tahu dulu lebih banyak tentang pekerjaan yang ingin dilamar agar tidak terjadi hal ini kedua kalinya. Jika kamu bisa bertahan tetap bekerja hingga masa kerja habis tentu jauh lebih baik dari pada kabur.

Simak juga berbagai artikel lainnya terkait dunia kerja seperti alasan resign yang baik saat wawancara kerja, contoh lingkungan kerja yang tidak kondusif, alasan pindah kerja yang paling tepat untuk diajukan, berbagai keuntungan bekerja di perusahaan yang baru berdiri, cara menghadapi atasan yang tidak adil dan membuat kita jadi tidak betah bekerja, penyebab motivasi kerja menurun dan berbagai kerugian bekerja di perusahaan kecil.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *